Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Tunanetra Khataman Al-Qur’an Braille Nasional

Jakarta, Kartunet.com – Dewan Pengurus Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan khatam Al-Qur’an Braile serentak di seluruh wilayah Indonesia dan sekaligus memecahkan rekor MURI bertepatan dengan HUT RI ke 66 (17/8).

 

Acara yang keseluruhan pesertanya merupakan tunanetra ini terselenggara berkat adanya kerjasama dengan beberapa DPD dan DPW ITMI yang berpusat di tiga propinsi yaitu DKI Jakarta dengan 300 peserta, Jawa Barat dengan 400 peserta, dan Yogyakarta dengan 350 peserta. Di Jakarta sendiri, tadarus ini dibuka pada waktu Zhuhur oleh K.H. Fahrul Rozi di Masjid Raya Al-Musyawarah Kelapa Gading. Dalam tadarus yang berlangsung selama tiga jam, 300 orang peserta masing-masing mendapatkan jatah membaca satu juz sehingga terselesaikan 30 Juz dalam kurun waktu tiga jam tersebut.

 

Artis Syaiful Jamil juga berkenan hadir dan memberikan sambutan sekaligus menyampaikan kegembiraannya dapat berpartisipasi dalam acara ini. “Janganlah menjadi buta di akhirat karena tidak pernah membaca Al-Quran selama hidup kita. Lebih baik kita buta di dunia, tetapi jangan sampai kita buta di akhirat” himbau Syaiful dalam sambutannya.

 

Menurut penjelasan Ajad Sudrajat selaku ketua umum ITMI DKI Jakarta sekaligus ketua panitia acara ini, tujuan diselenggarakannya khatam Al-Qur’an Braile ini antara lain untuk menyentuh hati umat islam yang menurut Ajad sudah banyak yang meninggalkan Al-Qur’an. Diharapkan dengan adanya acara ini, kecintaan mereka terhadap Al-Qur’an akan tumbuh kembali. “ Dalam rangka memperingati HUT RI, kita sama-sama berdoa dalam acara ini agar Negara kita aman dan dihindari dari musibah untuk kedepannya. Kita juga berdoa agak kelak Negara ini punya pemimpin yang jujur” Ajad menambahkan dalam wawancaranya.

 

Selain khatam Al-Qur’an Braile, acara ini juga dimeriahkan dengan pembagian hadiah kepada para pemenang yang telah mengikuti enam perlombaan bernuansa Islami yang sebelumnya diselenggarakan Sabtu lalu (13/8) oleh DPW ITMI DKI Jakarta di Yayasan Suprapto Suparno, Kampung Makasar, Jakarta Timur. Enam perlombaan yang diikuti oleh 100 orang peserta tunanetra itu adalah Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Hafizul Quran, Muratal, Pidato, Cerdas Cermat, dan Imla’. Dalam perlombaan tersebut, DPD ITMI Jakarta Timur keluar sebagai juara umum.(Laras)

Mengenal Rafik Akbar

Sekjen Yayasan Raudatul Matfufin

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *