Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Disabilitas Ikut Rayakan Hakteknas

Jakarta, Kartunet.com – Komunitas pemuda disabilitas di bawah nama Kartunet Community mengikuti Talkshow yang bertajuk “Membedah Konten Internet dan Media Masyarakat” dalam rangkaian acara peringatan Hakteknas ke-16 (12-08). Tahun ini merupakan pertama kalinya Kartunet hadir dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

 Acara talkshow yang diadakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi ini dilaksanakan di Ruang Seminar lantai 2, Gedung Graha Widya Bakti Puspiptek Serpong,. Selama berlangsungnya acara Talkshow, Kartunet mendapat berbagai tanggapan positif, baik dari pihak penyelenggara maupun dari para pembicara.

Presiden Kartunet Community, Dimas Muharam, menjadi salah satu dari lima pembicara dalam Talkshow tersebut. Secara umum, perbincangan dalam Talkshow tersebut berkaitan dengan bagaimana social media memberi dampak pada kehidupan manusia. Dalam pemaparannya, Dimas berusaha memberikan wawasan baru kepada khalayak bahwa ada kelompok di masyarakat dunia ini yang paling diuntungkan dengan kemajuan teknologi, mereka adalah para penyandang disabilitas, khususnya tunanetra. sebab dengan kemajuan teknologi, mereka dapat berjuang mencapai kesetaraan dalam masyarakat, serta dapat mulai mengatasi hal-hal  yang sebelumnya menjadi hambatan penyandang disabilitas untuk berkontribusi dalam masyarakat.

Selanjutnya, Dimas juga memperkenalkan Kartunet Community dan website www.kartunet.com beserta kegiatan-kegiatannya, serta bagaimana fungsi kartunet.com sebagai media online sosialisasi isu-isu disabilitas di masyarakat. Melalui situs kartunet.com, twitter, danf facebook, kartunet berusaha memberikan pemahaman baru tentang konsep disabilitas kepada masyarakat, bahwa disabilitas itu adalah bagian dari keberagaman masyarakat, bukan keanehan atau ketidakmampuan.

Akhirnya, Kartunet mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Riset dan Teknologi, selaku penyelenggara acara, serta pihak-pihak lain yang telah membantu dan memfasilitasi Kartunet sehingga dapat turut berpartisipasi dalam acara ini. (AP)

Mengenal Andira Pramatyasari

Alumni S1 Ilmu Hukum Universitas Indonesia, staf pengurus Kartunet Community

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.