Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

HUT RI ke-69 #AKSES KEMERDEKAAN

Para tunanetra bermain blind race menggunakan laptopHut RI ke-69 yang jatuh pada hari Minggu kemaren turut pula diramaikan oleh komunitas penyandang disable netra yang bergerak di ranah online. Banyak perlombaan yang biasa diselenggarakan untuk memeriakan hut RI pada tiap tahunya seperti: balap karung, panjat pinang, tarik tambang, makan kerupuk, dan beberapa perlombaan unik lainya. Pada hut RI kemaren kartunet sebagai komunitas penyandang disabel yang melakukan gerakan sosial untuk menkampanyekan tentang disabilitas kepada masyarakat lewat persepsi dari penyandang disabelitas sendiri sejak tahun 2011, kartunet turut memeriakan hut RI yang ke-69 kemaren. Bukan perlombaan umum yang diselenggarakan oleh komunitas berbasis teknologi tersebut, melainkan tetap memanfaatkan ranah online/media internet untuk meramaikan hut RI tersebut. Adapun perlombaan atau permainan yang diadakan oleh komunitas kartunet yaitu bermain game online dengan audio game online. Lalu apakah dan bagaimana audio game online itu?

Audio game merupakan game yang hanya menggunakan audio sama sekali tak menggunakan tampilan visual pada game tersebut. Audio game memanfaatkan suara/audio untuk menunjukan aktifitas atau gerakan-gerakan yang biasa terlihat pada sebuah game. Misalnya saja game audio ‘sonic match.’ Audio game tersebut seluruhnya menggunakan media suara untuk dapat dimainkan oleh pemain tunanetra. terdapat 4 jenis tipe suara yang ada dalam game sonic match tersebut. Masing-masing dari suara berbeda-beda, sehingga tunanetra bisa memasangkan suara yang didengar dengan gerakan kursor atau panah pada papan ketik komputer. Selain dengan suara, ciri lain dari game audio yakni dengan keyboard tanpa mouse atau stick. Seperti contoh game audio diatas, para pemain hanya dituntut tepat dalam mencocokan suara yang didengar dengan menggerakan kursor pada keyboard. Suara-suara yang akan keluar dari game sonic match adalah suara pendek yang dapat dicocokan oleh 4 panah pada keyboard,dengan bunyi berbeda atas, bawah, kanan dan kiri. Untuk dapat memenangkan game audio tersebut pemain harus mencocokan bunyi-bunyi dengan panah pada keyboard dengan tepat menggunakan kursor panah. Ada banyak game auido yang sudah banyak dimainkan oleh tunanetra mulai dari game audio perang, petualangan, balapan, atraksi pesawat tempur, dan yang baru dipertandingkan oleh komunitas kartunet pada hut RI kemaren yaitu game online uno.

Game online uno sendiri merupakan bagian dari game online RS games yang bisa didownload dari situsnya rsgames.org dan dapat dijalankan diberbagai macam operating system komputer (OS), windows, linux, juga mac. Terdapat banyak game online didalamnya seperti: zhombie dies, farkol, battleshift, black jack, monopoli, 1000miles, dan game uno yang paling banyak dimainkan. Gamers yang sudah menginstal RS game pada komputernya, harus membuat user dan password setelah masuk pada rs game. Menariknya dalam rs game juga tersebia medai chatting yang memfasilitasi para user untuk mengobrol selama bermain game baik dengan teks dan suara.

Terselenggaranya kegiatan meramaikan hut RI ke-69 oleh komunitas kartunet tentunya tak lepas dari dukungan operator telekomunikasi pt. Indosat TBK yang memberikan sponsor untuk hadiah berupa pulsa untuk masing-masing pemenang. Semoga dengan diadakanya kegiatan kompetisi oleh kartunet kemaren, menjadi langkah positif untuk mengkampanyekan bahwa penyandang disabelitas juga mempunyai hak yang sama untuk ikut memeriahkan kemerdekaan negaranya.

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *