Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Ini Lho Jajaran 5 Kampus Ramah Difabel Dunia! Yuk, Belajar Dari Sini

Foto bullying diambil dari edarticle.com

Merebaknya video bullying terhadap mahasiswa difabel yang terjadi pada salah satu universitas swasta di Jakarta beberapa waktu yang lalu cukup menyedot perhatian publik. Dari mulai Menteri Sosial, Akademisi hingga Psikolog pun turut angkat bicara.

Peristiwa bullying di kampus terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Minimnya pengetahuan dan kesadaran bagaimana berinteraksi dengan siswa difabel membuat orang-orang sekitar memandang sebelah mata kemampuan mereka. Bagaimana mengatasinya? Salah satunya dengan menciptakan kampus inklusif, kampus yang bisa diakses dan ramah terhadap peserta difabel.

Dirangkum dari collegechoice.net , ini dia 5 universitas terbaik dunia yang ramah kepada mahasiswa difabel. Apa saja?

1.University of Michigan

University of Michigan, dari collegechoice.net

Universitas ini memberikan akses kepada mahasiswa difabel hanya 5 bulan setelah Vocational Rehabilition Act tahun 1973. Universitas tersebut secara resmi mengakui Office of Disabled Student Services yang berganti nama menjadi Service for Students with Disabilities (SSD) di tahun 1989. Sejak saat itu SSD telah mendukung siswa difabel di tingkat nasional hingga internasional. SSD memberikan layanan gratis kepada siswa dengan bantuan teknologi Modern Language Aptitude Testing dan mengelola perpustakaan digital HathiTrust dengan sumber daya yang baik.

2.University of Southern California

University of Southern California atau yang dikenal dengan USC menawarkan layanan Disability Services and Programs (DSP) di Unit Kemahasiswaan. DSP menyediakan layanan serta dukungan yang diperlukan untuk mengembangkan potensi siswa difabel di tingkat akademis hingga pencapaian karir. Layanan gratis yang diberikan meliputi tutorial, note taking, akomodasi khusus saat ujian, teknologi bantu ketika di kelas yang disesuaikan dengan keadaan disabilitas siswa.

3.Northeastern University

Northeastern University, dari collegechoice.net

Northeastern’s Disability Resource Center (DRC) dibuka setiap hari kerja dan menawarkan serangkaian layanan kepada mahasiswa difabel secara gratis setelah pendaftaran. Sesi pelayanan organisasi ini meliputi pengenalan program, fasilitas kampus, peluang teknologi kampus hingga dukungan advokasi diri.

4.Xavier University

Xavier University menawarkan program gratis untuk mengakomodasi siswa difabel serta memfasilitasi pembelajaran dengan lebih baik. Disability Service (DS) bekerja sama dengan fakultas untuk memastikan penyediaan fasilitas yang layak bagi mereka. Layanan meliputi pendampingan ujian, penyediaan referensi dalam bentuk textbooks, akses dan bantuan note taking, tempat tinggal dan asisten hewan. ClockWork adalah layanan gratis lainnya yang disediakan untuk mengakses penjadwalan dan database DS dalam mengelola pelayanannya.

5.University of Texas

 

University of Texas, dari collegechoice.net

Di divisi Diversity and Community Engagement, University of Texas mengelola kantor layanan siswa difabel dengan nama Services for Students with Disabilities (SSD). Pelayanan kantor ini berupa program teks alternatif, ujian adaptif, bantuan teknologi informasi dan interpreter bahasa isyarat.

Nah, sudah tahu kan kampus mana saja yang patut dijadikan contoh untuk melayani mahasiswa difabel? Yuk, belajar dari mereka.

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *