Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Jetpack, Plugin All In untuk Blogmu

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Siapa tak kenal WordPress atau WP? Para blogger yang sudah malang melintang di dunia maya tentu kenal CMS ini. Selain memberikan fasilitas blog gratis di wordpress.com, WP juga menyediakan free engine yang dapat di-install pada hosting pribadi. Mungkin itu yang membuat WP menjadi blog engine nomor wahid di atas Blogspot atau multiply yang sudah almarhum saat ini.

Antara wordpress.com gratis dengan WP dengan hosting pribadi yang kemudian disebut WP self-host, ada beberapa kelebihan dan kekurangan. Pada wordpress.com, Anda dapat menggunakannya cuma-cuma. Tak perlu membangun apapun, cukup sign up, maka sudah siap blog untuk diisi dengan konten. Meski mudah, WordPress.com membatasi Anda untuk berbuat “semaunya” pada blog seperti memasang iklan, menambah plugin, mengedit themes, dll. Sedangkan pada WordPress self-host, kebebasan ada di tangan. Meski memerlukan skill khusus untuk set up hosting, upload file engine WP, dan konfigurasi plugin dan themes, tipe kedua ini memberi izin para user untuk memasang iklan hingga menambahkan plugin serta themes tanpa batas.

Namun kini Anda dapat membawa kemudahan-kemudahan yang ada di WordPress.com ke dalam fleksibilitas wordpress self-host dengan satu plugin sakti. PluginJetpack akan menerbangkan blog Anda dalam satu paket lengkap yang dimiliki oleh WordPress.com. Dengan plugin ini, banyak fitur yang sebelumnya hanya ada di WordPress.com, kini dapat digunakan di blog self-host. Kelebihan dari menggunakan Jetpack yaitu mampu menghemat resources hosting karena hanya perlu install satu plugin untuk banyak fitur. Adapun beberapa gitur yang menjadi favorit saya sebagai berikut.

  • Publicize
    Fitur ini memungkinkan untuk menghubungkan blog dengan beberapa situsjejaring sosial populer seperti Twitter, Facebook, Linkedin, dan Tumbler. Tiap ada update post baru, maka otomatis tautan ke post tersebut akan dikirim ke empat jejaring sosial tersebut. Hal ini sangat membantu untuk mengajak sebanyak mungkin followers dan teman di jejaring sosial agar membaca blog post terbaru.
  • Notification
    Fiturini akan menjagamu selalu update dengan aktivitas di dalam blog. Setiap ada post baru atau komentar, akan dikirim email yang memberitahunya.
  • WordPress.com Stats
    Memberi statistik ringkas mengenai angka kunjungan pada situs. Tidak menambah loading blog karena meminjam server dari wordpress.com
  • Jetpack Comments
    Ini fitur yang membuat berkomentar di blog post kamu jadi menyenangkan. Alih-alih meminta visitor yang ingin berkomentar untuk memasukkan alamat email dan web, Jetpack Comments mengizinkan untuk menggunakan akun-akun jejaring sosial seperti Twitter atau Facebook sebagai profile komentator. Jadi komentator merasa lebih terjamin privacy-nya sekaligus dapat promosi akun Twitter atau Facebook miliknya. Namun perlu dicatat, bagi yang memiliki server tak terlalu bagus loadingnya, fitur ini dapat menyebabkan loading lebih lama.
  • Subscriptions
    Membuat visitor blog kamu lebih mudah untuk mengikuti post terbaru dari blog. Akan dibuat widget sederhana untuk visitor memasukkan alamat email mereka, dan tiap ada post baru maka akan dikirim pemberitahuannya ke email mereka.
  • Post by Email
    Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat post baru via email. Akan diberikan alamat email unik yang jika dikirim email ke alamat tersebut, maka akan membuat post baru pada kategori default. Format pembuatan postnya yaitu judul post akan diambil dari subjek email, dan isi blog dari body mail. Adanya fitur ini juga menjadi solusi pada tidak berfungsinya fasilitas post by email yang dapat ditemui pada setting >> writing.
  • Sharing
    fitur ini membuat Anda tidak perlu lagi install plugin untuk facebook share, retwit, google plus, dan widget untuk share ke social media populerlainnya. Dengan sjatu fitur ini, sudah dapat dipilih untuk menampilkan widget yang diinginkan pada tiap post.
  • Mobile Themes
    Fitur ini menjadi langkah instant untuk membuat blog lebih mudah diakses via mobile. Ketika ada yang mengakses via mobile atau smart phone, maka themes blog akan otomatis berubah ke tampilan mobile yang lebih simple. Jadi blog anda tidak akan terasa berat loading bagi user mobile.

Di atas adalah beberapa fitur yang kerap saya pakai. Masih banyak fitur-fitur lain seperti correct spell and grammar, likes, photo gallary, dll yang tak kalah menariknya. Singkat kata, plugin ini memberi banyak sekali kemudahan wordpress.com denganhanya satu plugin. Akan banyak plugin-plugin yang berdisi sendiri tak diperlukan lagi setelah adanya satu plugin lengkap ini. Jangan sampai tidak mencoba plugin ini dengan mengunduhnya di sini.

Oia, ketika sudah install plugin ini, Anda akan diminta terlebih dahulu untuk menghubungkan blog dengan account wordpress.com. Silakan buat free account di WordPress.com. Dapat memilih “create user only”, karena Anda tak memerlukan fasilitas free blog di wordpress.com.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *