Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Kaya Raya Dengan Usaha Kecil Menengah

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com – Pola pikir yang mau keluar dari rutinitas kerja serta zona nyaman untuk berdikari dengan membuka sebuah usaha adalah salah satu kelebihan yang dimiliki para pengusaha. Jangan takut untuk merugi di awal, mungkin adalah prinsip wirausaha yang harus diterapkan bagi Anda yang mau memulai suatu bisnis sendiri. Pasalnya, keuntungan yang diraih pasti akan lebih banyak dengan menjadi wirausahawan ketimbang menerima gaji pokok setiap bulannya.


 


Salah satu jenis usaha yang bisa Anda lirik adalah usaha kecil menengah atau UKM. Usaha kecil mandiri ini merupakan salah satu jenis lini bisnis rumahan dimana sangat tepat diterapkan bagi anggota masyarakat kecil dengan modal usaha yang terbatas. Namun biasanya bisnis UKM ini bisa sangat maju dan mampu menopang perekonomian keluarga. Bukan tidak mungkin menjadi sumber lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitarnya.


 


Menurut Undang-undang No.20 tahun 2008 bahwa usaha kecil menengah atau usaha mikro ini memang banyak manfaatnya dan sekaligus dianjurkan oleh pemerintah agar masyarakat mampu mandiri serta membantu pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan dengan semakin banyaknya jumlah lapangan kerja baru. Beberapa jenis usaha kecil menengah yang biasa ditemukan meliputi beberapa klasifikasi berikut ini.


 


1. Produk olahan makanan sangat tepat dijadikan sebagai pilihan ukm karena biasanya banyak peminatnya dan demand permintaan pasar juga relatif stabil. Contohnya seorang pengusaha peternakan ikan lele melihat peluang usaha dengan membuat olahan kerupuk dari tulang ikan lele. Selain rasanya yang nikmat, juga bergizi serta sangat laku di pasaran.


 


2. Produk pakaian menempati jenis ukm di posisi kedua. Dibandingkan produk olahan makanan, produk pakaian memang tetap stabil tapi sedikit perlu usaha keras untuk memasarkannya. Contohnya dengan membuka sebuah usaha konveksi baju seragam sekolah yang biasanya laku keras saat musim tahun ajaran baru dimana semua siswa membutuhkan seragam baru. Anda pun bisa bekerja sama dengan pihak sekolah, lembaga atau sebuah yayasan yang rutin membuat seragam pada konveksi yang Anda tekuni. Memasarkannya kepada para pedagang grosir pun bisa ditempuh.


 


3. Jasa atau produk yang membantu orang dalam bentuk jasa juga bisa dicoba. Justru usaha bidang jasa ini mungkin masih banyak yang belum meliriknya dan masih memiliki pangsa pasar. Salah satunya adalah usaha jasa pengiriman barang atau paket dan biasa dikenal dengan usaha bidang logistik. Anda harus memiliki ide baru serta pandai melihat peluang bisnis dan tentunya apa yang sedang diminati oleh pasar jika ingin bertahan di usaha jasa tersebut.


 


Tips Memulai Sebuah UKM:


 


1. Tentukan jenis usaha yang akan Anda pilih. Teliti dengan baik apa yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang.


 


2. Mulailah perhitungkan semua modal usaha. Mulai dari modal kecil dahulu agar resiko merugi tidak terlalu besar.


 


3. Mulai dengan melengkapi kebutuhan penunjang usaha Anda. Inti dari sebuah wirausaha adalah keuletan. Anda akan mendapat hasil maksimal jika berusaha optimal.


 


Sekarang saatnya Anda menjadi seorang pengusaha. Selamat berwirausaha. Hendro


 


Kirimkan info atau pertanyaan Anda seputar dunia keuangan dan bisnis ke email: [email protected]

Kata Kunci:

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *