Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Kirim SMS Gratis di iPhone dengan iMessage

Jakarta – iPhone memang menawarkan banyak keunggulan eksklusif bagi pengguna setianya. Tapi apakah sudah tahu bahwa Anda dapat kirim SMS gratis di iPhone ke seluruh dunia?

Fitur ini bernama iMessage yang memungkinkan Anda kirim SMS gratis di iPhone ke pengguna iPhone lainnya dengan sambungan internet. Tak hanya sesama iPhone, iMessage ini juga dapat kirim pesan gratis ke pengguna iPad dan Mac. Sederhananya, iMessage ini adalah fitur chatting sesama Fanboy alias pengguna produk-produk Apple di seluruh dunia.

Prinsip kerja dari iMessage adalah dengan mengirimkan SMS menggunakan internet ke sesama Apple ID. Bagi para pengguna produk-produk Apple seperti iPhone, diharuskan memiliki Apple ID sebagai identifikasi perangkat agar selalu mendapatkan update service dari Apple. Untuk membuat Apple ID, kita diminta untuk menggunakan alamat email sebagai ID. Selain itu, nomor selular yang sedang digunakan pada iPhone juga akan otomatis terdaftar dalam Apple Id Anda. Maka, ketika Anda menulis pesan ke alamat email atau nomor selular yang terdaftar dalam Apple Id, pesan tersebut akan berubah otomatis dari text message alias SMS berbayar ke iMessage yang gratis.

iMessage tak perlu aplikasikhusus. Anda cukup gunakan fitur Messages atau pesan yang biasa digunakan untuk menulis SMS. Saat Anda memasukkan nomor atau ambil dari daftar kontak, maka iPhone akan mendeteksi apakah nomor tersebut terdaftar di Apple Id. Apabila memang merupakan Apple Id, maka layar akan berubah dan menampilkan kotak dialog iMessage. Selanjutnya, Anda bebas berkirim pesan tanpa takut terpotong pulsa, bahkan untuk SMS keluar negri pun tak masalah.

Untuk mengaktifkan iMessage, pertama Anda sudah harus terhubung dengan sambungan internet. Lalu masuk ke Setting >> Messages. Tap iMessage hingga menjadi on. Pada opsi “Send REad REceipts”, tap jadi on jika Anda ingin penerima pesan Anda tahu apakah pesan yang mereka kirim sudah dibaca atau belum. Sedangkan pada opsi “Send as SMS”, apabila dibuat jadi on, maka saat sambungan internet putus, pesan Anda akan menjadi SMS berbayar kembali. Saya menyarankan untuk tetap membiarkannya off, sehingga tak khawatir dipotong pulsa, apalagi saat SMS keluar negri. Namun agar tak kecolongan, Anda dapat mengirim SMS bukan ke nomor selular, tapi ke email yang sudah terdaftar di Apple Id. Ketika alamt pengiriman pesan adalah email, maka pesan tak akan berubah tiba-tiba menjadi text message berbayar.

Dari segi aksesibilitas bagi tunanetra pengguna fitur VoiceOver, iMessage ini sangat aksesibel. Anda akan diberitahu ketika penerima SMS sedangmengetikkan pesan. Selain itu, ada pula keterangan Delivered apabila pesan Anda sudah diterima tapi belum dibaca, dan Read jika sudah dibaca beserta kapan waktunya. Kelebihan tersebut dapat menyaingi BBM di BlackBerry yang memungkinkan Anda tahu apakah pesan sudah sampai atau dibaca oleh penerima pesan.

Nah, apakah Anda mau coba kirim SMS gratis di iPhone ini? iMessage sangat layak dicoba para pengguna iPhone sebagai saingan BBM. Jika ada pertanyaan atau pengalaman menggunakan iMessage, silakan berbagi di kolom komentar ya.(DPM)

Dimas Prasetyo Muharam

Mengenal Dimas Prasetyo Muharam

Pemimpin redaksi Kartunet.com. Pria kelahiran Jakarta 29 tahun yang lalu ini hobi menulis dan betah berlama-lama di depan komputer. Lulus dari jurusan Sastra Inggris Universitas Indonesia 2012, dan pernah merasakan kuliah singkat 3 bulan di Flinders University, Australia pada musim semi 2013. Mengalami disabilitas penglihatan sejak usia 12 tahun, tapi tak merasa jadi tunanetra selama masih ada free wifi dan promo ojek online. Kunjungi blog pribadinya di www.dimasmuharam.info.

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.
5 Comments
  1. Muhammad Firman

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *