MENGATASI KETERBATASAN TANPA BATAS
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Kuliah Sambil Kerja, Kenapa Enggak ?

Nilai tinggi bukan jaminan untuk cepat mendapatkan pekerjaan.

Kerja dan bisnis saat kuliah. cara pintar mencuri start sebelum menghadapi dunia bisnis dan dunia kerja yang sebenarnya.

Gengsi kuliah sambil kerja? wah, sudah bukan zamannya lagi, tuh! Saat ini, kuliah sambil bekerja atau membuka usaha sudah menjadi tren gaya hidup mahasiswa. Bahkan, sebagian mahasiswa yang kerjanya cuman kuliah, berarti dia kurang gaul alias kuper (kurang pergaulan).

Asal tau saja, kuliah sambil kerja bukan semata karena kebutuhan ekonomi. Namun, masih banyak hal bermanfaat lain yang bisa diperoleh dari kegiatan ini. Memang, manfaat yang paling jelas terlihat adalah adanya penghasilan. Sementara manfaat lainnya antara lain lebih siap mental untuk memasuki dunia kerja, meningkatnya kepercayaan diri, dan adanya kepuasan batin karena mampu memenuhi sebagian atau seluruh kebutuhan secara mandiri.

Kuliah aja nggak cukup

Banyak mahasiswa yang punya pikiran kalau kuliah sambil kerja atau bisnis nggak mungkin dilakukan. Jadwal kuliah dan praktikum yang padat, ditambah tugas-tugas kuliah yang seabreg, serta persiapan ujian yang bikin pusing menyebabkan mahasiswa berpikir seribu kali untuk melakukannya. Yang mereka pikirkan bahwa kegiatan di luar kampus hanya akan membuat kuliahnya terganggu.

Memang, lulus tepat waktu dengan nilai bagus jadi tujuan hamper semua mahasiswa. Namun, nilai tinggi bukan jaminan untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Nggak percaya?

Bekerja, Perlu Pengalaman

Mengapa seorang pekerja harus beradaptasi di lingkungan kerja? Dalam lingkunga kerja, seorang pekerja sudah pasti akan menemui aturan dan kebijakan perusahaan yang terkadang tidak sesuai dengan keinginannya. Oleh sebab itu, pengalaman kerja dan bisnis bisa memberikan gambaran situasi yang akan terjadi saat kita memasuki “dunia nyata” dalam kerja dan bisnis.

Baca:  KAKANKEMENAG: KITA TIDAK MAU PENDIDIKAN NASIONAL TERTINGGAL

Sekedar Mengasah Jiwa Bisnis

Selain kesiapan untuk memasuki dunia kerja yang telah tersedia, mahasiswa yang mempunyai bakat dan keberanian dalam usaha perlu mengasahnya sejak kuliah. Dengan begitu, dunia usaha yang akan dimasukinya setelah menyelesaikan kuliah tidak dimulai dari nol besar. Dengan berwirausaha sejak awal, mahasiswa akan tertempa menjadi pekerja keras yang berpengalaman dan memiliki kedewasaan dalam bersikap. Apa pun usaha yang dilakukan akan membawa nilai guna untuk kemajuan diri.

Menyiapkan Bekal Masa Depan

Masa depan kita tergantung pada apa yang kita lakukan saat ini. Saat memutuskan untuk kuliah sambil bekerja maka segeralah wujudkan keputusan itu. Mengapa? karena keputusan itu akan sangat berpengaruh bagi masa depan. Apalagi saat ini kita telah memasuki era globalisasi, yaitu era ketika peluang untuk bekerja tidak lagi dibatasi negara dan ras, melainkan factor kemampuan individu. Jika tidak siap, tidak mustahil kesempatan kerja dan wirausaha di negeri ini akan diambil oleh orang lain.

Sekarang, lihat kemampuan diri kita sendiri, di atas atau di bawah rata-rata teman kita. Setelah itu, bayangkan bagaimana kemampuan kita dibandingkan dengan calon pekerja lain di muka bumi ini.

Kesimpulannya, sudah siapkah kita menjadi bagian dari globalisasi saat lulus nanti? Apakah kita sudah memenuhi kualitas yang dibutuhkan? Apakah pendidikan yang telah kita peroleh saat ini mampu memenuhi kebutuhan tersebut?

Jika belum, maka sudah waktunya kita mulai mengambil langkah-langkah untuk bersiap-siap. Jangan lagi sekedar mengandalkan bangku kuliah untuk mempersiapkan masa depan. Kita harus berusaha lebih dari itu. Kuliah sambil kerja atau bisnis merupakan salah satu terobosan untuk “mencuri start”, mengambil langkah untuk mendahului para pesaing di dunia kerja dan dunia usaha.

Baca:  Dasar Hukum Transportasi Udara untuk Disabilitas

Penulis : ( Nurul Atika dan Mhd.Subhan S.Pd, M.Ed)

Kartunet.com adalah media warga, seluruh konten berupa tulisan, foto, audio, atau video yang diterbikan melalui situs ini menjadi tanggung jawab penuh dari kontributor.

Ingin juga tulisanmu diterbitkan di Kartunet? Siapkan karyamu dan klik di Kirim Karya
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *