Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Makhluk-Makhluk LegendarisDalam Lord of the Rings

Siapa yang tidak kenal Lord of the Rings? Novel trilogi karya J. R. R. Tolkien ini sudah sangat populer, bahkan sudah dibuat film pada tahun 2001 hingga 2003 oleh sutradara Peter Jackson. Film ini pun masuk dalam jajaran box office di dunia internasional. Novelnya pun sudah diterjemahkan ke dalam 38 bahasa. Kondisi ini tidaklah mengherankan, karena novel yang berbentuk trilogi ini memang punya banyak sekali kelebihan, baik dari gaya penceritaan, bahasa, hingga isi ceritanya. Namun, dalam tulisan ini saya hanya ingin mengulas sedikit mengenai salah satu hal yang menurut saya sangat menarik, yaitu makhluk-makhluk yang menjadi tokoh penggerak alur cerita.

Kisah Lord of the Rings yang menyajikan imajinasi luar biasa dari sang penulis ini melibatkan berbagai ras yang menghuni Dunia Tengah, dunia yang menjadi setting kisah ini. Siapa saja mereka? Mari kita kupas satu persatu.

1. Hobbit
Makhluk pertama yang sekaligus juga bertindak sebagai pembuka cerita adalah kaum hobbit. Salah satu hobit yang berperan dalam cerita ini bernama Frodo yang menerima cincin dari Bilbo Baggins yang tidak lain adalah pamannya. Selain Frodo dan Bilbo, ada beberapa nama hobbit lain yang juga disebutkan, yaitu Sam Gamgie sang asisten Frodo, Meryadock dan Peregrin yang merupakan sepupu Frodo, dan Lobelia.
Para hobbit rata-rata bertubuh pendek, hanya setengah dari tinggi manusia biasa , yaitu sekitar 60 sampai 120 cm, rata-rata 100 cm. Mereka memiliki telinga berujung runcing, seperti elf.
Kaki mereka yang besar berbulu tipis seperti kelinci dan kuat, sehingga mereka tidak pernah menggunakan alas kaki.
Hobbit memiliki perut yang cenderung buncit serta tidak berjanggut seperti halnya kurcaci. Mereka makan tujuh kali dalam sehari, belum termasuk ngemil, selama mereka mempunyai makanan. Makanan favorit mereka adalah jamur, roti, daging, kentang, keju, bir dan ale.
Hobbit bisa hidup sampai 130 tahun, walaupun tingkat harapan hidup mereka hanya 100 tahun. Hobbit memasuki masa remaja di usia 33 tahun. Makhluk yang menyukai
pakaian berwarna terang ini digambarkan sebagai mahluk yang berbudaya, sopan, dan terpelajar. Mereka ahli dalam hal tanaman dan bunga, dan bangsa hobbit
digambarkan memiliki kebun atau taman-taman yang indah. Di dalam kisah ini, mereka tinggal di negeri Shire.

2. Kurcaci
Kurcaci adalah makhluk kerdil menyerupai manusia yang berasal dari mitologi Nordik. Mereka adalah ras yang tinggal di gua-gua atau di bawah tanah, dan mahir membuat benda-benda dari besi dan logam lainnya. Kurcaci atau dwarf dikenal sebagai ahli dalam bidang kerajinan dan memiliki kekuatan fisik yang hebat. Mereka digambarkan sebagai ras pekerja keras, sangat terampil dalam mengolah mineral mineral yang ada di dalam bumi,Dalam novel pertama dari trilogi Lord of the Rings disebutkan adanya sembilan pembawa cincin yang akan membawa cincin kegelapan ke Mordor untuk dimusnahkan.
Salah satunya adalah seorang kurcaci yang bernama Gimly. Kurcaci yang satu ini adalah putra dari Gloin. Salah satu hal yang menarik dari tokoh ini adalah persahabatannya dengan Legolas sang pangeran elf.
Menurut kisah-kisah mitologi, kurcaci dan elf adalah dua makhluk yang saling bersaing. J. R. R. Tolkien berhasil meramu persaingan abadi ini dalam kemasan yang unik, yaitu dengan tokoh Legolas dan Gimly, dua sahabat yang selalu bersaing. Salah satu contohnya adalah dalam pertempuran mereka selalu membandingkan jumlah musuh yang berhasil mereka bunuh, sebuah lelucon gelap yang mau tidak mau membuat saya tertawa juga.

3. Manusia
Dalam kelompok sembilan pembawa cincin yang disebutkan dalam The Fellowship of the Ring, terdapat tiga orang manusia. Mereka adalah Strider atau Aragorn, putra Arathorn dan pewaris tahta Gondor. Kedua adalah Borromir, putra Denethor dari Gondor. Dan yang ketiga adalah Gandalf, seorang penyihir kelabu yang ditunjuk untuk memimpin kelompok sembilan pembawa cincin dalam misi mereka pergi ke Mordor untuk memusnahkan cincin kegelapan .
Selain ketiga tokoh di atas, banyak pula tokoh-tokoh lainnya yang termasuk dalam ras manusia. Misalnya adalah Eomer dan Eowin, dua kakak beradik yang merupakan keponakan Raja Theoden dari Rohan. Di kemudian hari, Eowin berhasil membunuh Nazgul dan akhirnya menjadi permaisuri Farramir, adik Borromir. Sedangkan Eomer kemudian menjadi raja di Rohan. Tokoh manusia lainnya adalah Denethor, raja Gondor dan ayah dari Borromir serta Farramir. Sedangkan dari golongan penyihir selain Gandalf, ada pula Saruman sang penyihir putih, penghuni menara Orthanc di Isengard.

4. Elf
Dalam kisah Lord of the Rings elf digambarkan memiliki sosok seperti manusia yang langsing dengan telinga runcing. Penggambaran ini sedikit berbeda dengan gambaran elf pada umumnya, yaitu sebagai makhluk gaib berukuran kecil. Bahkan ada elf yang membantu manusia, dan dalam beberapa dongeng lain diceritakan membantu Santa Claus. Elf dalam Lord of the Rings juga disebut Eldar atau anak-anak bintang. Mereka adalah Immortal yang berarti abadi. Kendati demikian, bukan berarti mereka tidak bisa mati. Tubuh mereka masih bisa hancur karena penyakit, perang, atau sebab-sebab lainnya. Mereka juga mengalami penuaan, namun sangat lambat, setara dengan ribuan tahun usia manusia. Dalam sembilan pembawa cincin, ras elf diwakili oleh Legolas yang merupakan seorang pangeran elf dari Mirkwood. Ayahnya adalah Thranduil, raja Mirkwood. Selain Legolas, ada pula tokoh lainnya yang termasuk ras elf, yaitu Elrond sang penguasa Rivendell, Arwen, Lady Galadriel dari Loth Lorien dan Goldberry, istri Tom Bombadil.
Pada legendarium J. R. R. Tolkien, Elf diceritakan sebagai ras yang lebih dahulu ada daripada manusia dan lebih unggul dibanding dengan manusia. Elf, bersama-sama dengan manusia dan kurcaci , merupakan penghuni dunia fiksi bernama Dunia Tengah.

5. Nazgul
Nazgul adalah manusia yang dulunya memakai cincin-cincin buatan Sauron. Hidup mereka diperpanjang sampai mereka tak kuat lagi dan akhirnya menghilang ke
alam maya dimana kekuatan Sauron selalu menguasai mereka. Yang paling jahat dan kuat di antara mereka disebut “The Witch-king of Angmar”, Raja penyihir
dari Angmar. Ribuan tahun yang lalu raja ini datang dari Mordor dan mengambil daerah yang bernama Angmar untuk dikuasainya. Dengan sihir dan pasukan yang tak ada habisnya ia menghancurkan kerajaan Arnor di utara. Tapi kekuasaannya singkat. Pasukan dari Gondor dan Elrondd mengepung dan mengalahkannya.

6. Orc
Inilah makhluk jahat yang sering muncul dalam kisah Lord of the Rings. Makhluk ini berasal dari berbagai kepercayaan kuno di Inggris dan Saxony.
Orks muncul dalam “The Hobit” (1937) meskipun kebanyakan makhluk-makhluk tersebut disebut Goblin. Orks mempunyai peranan besar dalam “Legendarium”. Hampir semua perbuatan jahat dan menghancurkan didalamnya dilakukan oleh Orks. Dalam salah satu bagian kisah Lord of the Rings diceritakan bahwa Mery dan Pippin diculik oleh kawanan orc. Borromir juga tewas terbunuh oleh kawanan orc. Makhluk yang senang tinggal di tempat-tempat gelap ini merupakan musuh semua makhluk lain.

7. Ent
Makhluk ini berbentuk seperti pohon raksasa. Irama kehidupan mereka sangat lambat, namun mereka sangat kuat. Mereka pulalah yang menghancurkan Isengard untuk membalas dendam pada Saruman. Namun, bukan berarti mereka suka bertindak kasar. Ent adalah makhluk baik hati yang cinta alam, seperti dalam Lord of the Rings dimana seorang ent bernama Treebeard memperlakukan Mery dan Pippin dengan ramah. Mereka juga suka mengenang masa lalu, seperti digambarkan dalam salah satu bagian kisah Lord of the Rings dimana Treebeard mengenang para ent wanita yang disebut entwives, yang sudah tidak pernah dijumpai lagi.

8. Shelob
Shelob adalah seekor laba-laba raksasa yang bersarang di Cirith Ungol. Ketika Sam dan Frodo melewati daerah itu untuk menuju ke Mordor mereka bertemu dengan Shelob yang sempat melukai Frodo. Sam yang mengira Frodo sudah mati kemudian bertekad melanjutkan perjalanan ke Mordor untuk memusnahkan cincin seorang diri.

Itulah beberapa makhluk yang terdapat dalam kisah Lord of the Rings, sebuah kisah yang mencerminkan kekayaan imajinasi dan juga sangat inspiratif, khususnya bagi saya yang menggemari kisah-kisah fantasi. Dengan membaca Lord of the Rings, pikiran pembaca diajak untuk melanglang buana menjelajahi Dunia Tengah dan menikmati keindahan alamnya, kendati tidak dengan mata. Melalui imajinasi seorang tunanetra seperti saya pun bisa menghibur diri, menikmati gambaran-gambaran yang disampaikan dalam buku ini.

Saya masih ingat dengan jelas, ketika itu orang tua sayalah yang membelikan ketiga buku trilogi Lord of the Rings. Kemudian orang tua serta sepupu-sepupu saya bergantian membacakan kisah yang panjang ini. Tidak sampai ke situ saja. Dalam waktu-waktu luang kami juga kerap mendiskusikan isi buku ini. Lebih tepatnya sepupu saya yang telah menonton filmnya memberikan gambaran dalam film Lord of the Rings kepada saya. Sungguh kenangan indah yang tidak terlupakan.

Sayang sekali ketika itu saya tidak merekam momen-momen itu, sehingga saya belum bisa mengulang mendengar kisah ini lagi kendati pun ingin. Meski demikian, saya merasa cukup puas karena di internet tersedia banyak sekali sinopsis dari kisah ini, sehingga saya tidak kesulitan lagi untuk memperbarui memori saya.

Sekian dulu ulasan singkat mengenai makhluk-makhluk legendaris dalam Lord of the Rings. Buku yang ditulis pada tahun 1937 ini memang tidak ada habis-habisnya untuk dibicarakan, dikaji, dan dinikmati hingga kapan pun.

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *