Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Memaksimalkan Fungsi Y-Browser Pada Ponsel Berbasis Symbian

Makassar, Kartunet.com – Kebanyakan para pengguna ponsel symbian rata-rata telah memiliki aplikasi Y-browser pada handphone mereka. Sebelum kita masuk lebih jauh, pertama-tama yang kita harus ketahui adalah Y-browser itu sendiri.

 

Y-Browser adalah aplikasi explorer atau biasa juga disebut file manager yang dibuat khusus untuk running pada OS symbian. Pada ponsel symbian sebenarnya telah terdapat aplikasi file manager, namun jika pengguna ponsel menginginkan fungsi tambahan, maka mereka bisa meng-install aplikasi file manager serupa. Ada banyak aplikasi file manager, namun rata-rata aplikasi tersebut berbayar alias tidak gratis, lain dengan Y-Browser yang freeware atau gratis.

 

Terdapat beberapa plug-ins yang terintegrasi dengan Y-browser, diantaranya adalah BT OBEX, MAIL FOLDERS, TEXT VIEWER, dan PkZip.

 

Berikut Penjelasan dari beberapa Plug-ins di atas.

 

–         BT Obex.

 

Plug-ins ini berfungsi untuk mengirim beberapa file meelalui Bluetooth yang terlindungi oleh symbian semisal original ringtone handphone (*mid), file installer symbian (*sis & *sisx), dan file installer java (*jar). Jika ingin mengirim file yang telah saya sebutkan di atas via Bluetooth melalui file manager bawaan ponsel, maka akan terdapat pesan yang berbunyi file dilindungi dan akhirnya kita tak dapat mengirim file tersebut via Bluetooth.

 

Jika terdapat Y-browser dalam ponsel kita, maka hal tersebut dapat lebih mudah. Caranya adalah sebagai berikut. Buka Y-browser, kemudian pilih file yang akan dikirim, tekan tombol options, lalu masuk ke file, dan pilih send. Dalam menu send terdapat dua opsi, yaitu send UI dan BT OBEX. Langkah terakhir adalah pilih BT OBEX dan lanjutkan dengan cara mengirim file via Bluetooth seperti biasa.

 

–         Mail Folders.

 

Plug-ins ini berfungsi sebagai inbox kedua dalam ponsel kita, inbox ini hanya menampung file-file yang diterima melalui Bluetooth. Salah satu kegunaannya adalah jika kita menerima file installer program melalui Bluetooth dan kita ingin menyimpan file installer tersebut ke dalam memory card, maka kita harus menggunakan Y-browser. Caranya adalah sebagai berikut. Buka Y-browser, kemudian pilih Mail Folders, pilih file yang sudah diterima via Bluetooth, tekan options, pilih copy, dan tentukan tempat penyimpanannya.

 

–         PkZip

 

Sesuai dengan namanya, plug-ins yang satu ini berfungsi untuk mengekstrak dan membuat file yang berekstensi *Zip. Untuk meng-add file dalam file *zip caranya adalah sebagai berikut. Buka Y-browser, kemudian masuk ke drive E:, tekan options, pilih file, kemudian new file, setelah itu akan muncul =/zip tekan select, masukkan nama file tanpa menghapus .zip yang sudah ada, tentukan file yang ingin di add ke dalam file zip, tekan options, lalu pilih add to selection, jika tak ada file yang ingin ditambahkan, tekan options dan pilih done. Setelah langkah-langkah di atas dijalankan, maka y-browser akan memproses file yang di tambahkan tadi menjadi file zip, silahkan menunggu sampai proses tersebut selesai, biasanya tidak terlalu lama tergantung dari ukuran file yang di ditambahkan tadi.

 

Untuk mengekstrak file zip caranya adalah sebagai berikut. Buka Y-browser, temukan file yang akan diekstrak dan open, tekan options, pilih extract, tentukan lokasi penyimpanan hasil extract, dan ok, akan muncul pertanyaan extract all jika file zip berisi lebih dari satu file, tekan saja yes, file akan diproses, dan selesai.

 

Y-Browser juga masih keunggulan yang tak dimiliiki file manager bawaan ponsel, yaitu hidden/unhidden file atau folder dan membuat folder atau file menjadi read-only (hanya dapat dibaca).

 

Caranya adalah sebagai berikut:

–         Buka Y-browser.

–         Tentukan file atau folder yang akan di hidden.

–         Tekan options, pilih file, dan pilih atribut.

–         Dalam menu atribut, ubah hidden = no menjadi hidden = yes, dengan cara menekan tombol select.

–         Tekan save atau ok.

–         Selesai, folder atau file telah berhasil di hidden.

 

Folder atau file yang di hidden tadi akan tetap muncul dalam tampilan y-browser, tapi tidak akan muncul dalam file manager bawaan ponsel, contoh jika menyembunyikan satu folder berisi file mp3, maka file mp3 tersebut tidak akan terbaca oleh pemutar musik bawaan ponsel.

 

Jika ingin untuk tidak memunculkan folder atau file yang di hidden tadi dalam tampilan y-browser, ikuti langkah-langkah di bawah ini :

–         Buka y-browser.

–         Buka salah satu drive yang ada, semisal E:.

–         Tekan options, pilih Settings, dan pilih General.

–         Dalam menu general, ubah pengaturan Show all Files menjadi no dengan cara menekan tombol select.

–         Tekan save atau ok.

–         Selesai.

 

Berdasarkan kelebihan-kelebihan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Y-browser memang harus dibenamkan dalam ponsel berbasis symbian, satu aplikasi dengan berbagai manfaat dan tentunya gratis.

 

Untuk mendownload langsung dari website pembuatnya, silahkan kunjungi : http://www.drjukka.com (Firman)

Editor: Putri Priyatna

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga
Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *