Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Membuka Peluang bagi Penyandang Disabilitas dengan ICT

Memanfaatkan TIK untuk penyandang disabilitasJakarta – Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) yang pesat ternyata tidak hanya memberi dampak positif bagi masyarakat pada umumnya. Kemajuan ini juga membuka peluang-peluang baru bagi kelompok termarginalkan seperti penyandang disabilitas untuk dapat berkarya dan mandiri. Berbagai keterbatasan fisik yang selama ini jadi penghalang, lambat laun dapat diatasi dengan bantuan ICT. Fakta-fakta tersebut yang ingin disampaikan ke masyarakat dalam talkshow bertajuk “The ICT Opportunity for Persons with Disabilities” pada Sabtu, 22 Februari mendatang.

IDKITA Kompasiana bekerjasama dengan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dan menggandeng pula Kartunet Community dan Indonesia Disable Care Community (IDCC) berinisiatif mengadakan kegiatan ini untuk mengusahakan akses seluas-luasnya para penyandang disabilitas pada teknologi. Diharapkan dengan akses pada ICT, membuka peluang penyandang disabilitas pada lapangan kerja dan kesempatan berkarya yang lebih layak. Hal ini kemudian akan berdampak pada peningkatan kemandirian dan menghindari masalah kemiskinan.

Pada acara yang akan dihadiri oleh para pemangku kepentingan (stake holders) dari kalangan pemerintah, pengusaha, organisasi penyandang disabilitas, dan masyarakat umum, ditujukan agar terjadi dialog interaktif dan pembuatan komitmen publik untuk mendukung keterbukaan akses bagi penyandang disabilitas. Akan hadir sebagai pembicara dalam talkshow ini Habibie Afsyah (Tunadaksa pegiat internet marketing), Christie Damayanti (Stroke & cancer surviver, arsitek serta penulis), Ikhwan Tariqo dan Dimas Muharam (tunanetra cofounder Kartunet Community). Mereka akan berbagi mengenai apa saja yang dapat dilakukan oleh penyandang disabilitas dengan ICT, dan mengutarakan harapan atas komitmen publik yang dapat diberikan bagi kemajuan penyandang disabilitas.

Acara yang terbuka untuk umum dan gratis ini akan diadakan pada:

hari/tanggal       : Sabtu, 22 Februari 2014
waktu                   : 09.00 WIB – selesai
tempat : Gedung Indosat, jalan Merdeka Barat No.21, Jakarta

Kartunet Community, sebagai perwakilan dari komunitas muda penyandang disabilitas berharap setelah acara ini ada komitmen dari pihak pemerintah dan pengusaha untuk aksi nyata pemberdayaan penyandang disabilitas dengan sarana ICT. Kami ingin mereka sadar bahwa penyandang disabilitas juga memiliki potensi yang setara dengan orang pada umumnya, dan dengan bantuan ICT, kami juga dapat produktif secara optimal.

Kami mengajak Kartuneters semua agar hadir dalam acara ini. Ikut dukung upaya kami agar kesempatan bagi penyandang disabilitas semakin terbuka. Di akhir acara, Kartuneters dapat meet and greet dengan pengurus Kartunet Community untuk saling mengenal. Info lebih lanjut dan konfirmasi kehadiran silakan menghubungi pak Valen di 081212974432. Kami tunggu pada hari sabtu, 22 Februari jam 9 pagi di Gedung Indosat.(DPM)

Kabar gembira! Jalannya acara pada dapat diikuti secara langsug oleh teman-teman yang berada di luar Jakarta atau tak dapat hadir ke lokasi acara melalui TV streaming. Silakan mengunjungi www.kartunet.com pada sabtu, 22 Februari 2014 pukul 09:00 WIB – selesai. Kamu dapat menikmati siaran online streaming ini dari browser di PC/laptop atau smartphone berbasis Android, BlackBerry, atau iOs.

Mengenal Dimas Prasetyo Muharam

Pemimpin redaksi Kartunet.com. Pria kelahiran Jakarta 29 tahun yang lalu ini hobi menulis dan betah berlama-lama di depan komputer. Lulus dari jurusan Sastra Inggris Universitas Indonesia 2012, dan pernah merasakan kuliah singkat 3 bulan di Flinders University, Australia pada musim semi 2013. Mengalami disabilitas penglihatan sejak usia 12 tahun, tapi tak merasa jadi tunanetra selama masih ada free wifi dan promo ojek online. Kunjungi blog pribadinya di www.dimasmuharam.info.

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.
12 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *