Beri dukungan untuk karya-karya yang telah diterbitkan di event menulis "Imaginasikan Merdekamu!". Tulis saran dan kritikmu sebagai bentuk apresiasi untuk penulis di kolom komentar
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Mengatur Kulkas Tetap Rapih dan Bersih

Terakhir diperbaharui 9 tahun oleh Redaksi

Jakarta, Kartunet.com – Lemari pendingin atau kulkas merupakan benda elektronik rumah yang menjadi andalan Kita. Semua bahan makanan akan tetap awet dan segar jika Kita menyimpannya dalam kulkas.


Masalah datang biasanya saat Kita malas mengatur isi kulkas sehingga banyak produk yang memenuhi kulkas dan terkesan penuh dan tak rapi. Belum lagi aroma yang tak sedap kerap muncul karena bakteri tertentu timbul dari jenis produk makanan yang disimpan terlalu lama. Bukannya awet justru menimbulkan penyakit bagi anggota keluarga.


Kami berikan panduan singkat dan praktis mengatur isi kulkas agar tetap rapih, harum dan teratur. Simak yuk cara merawat kulkas berikut.


Mencari sesuatu yang terhalang makanan atau produk lain didalam kulkas tentu saja menyulitkan. Belum lagi dilema kelupaan produk makanan yang sudah dibeli tapi karena terhalang produk lain didalam kulkas membuat Anda lupa telah membelinya dan sekarang sudah kadaluarsa. Langkah merapihkan isi kulkas yang perlu dicatat adalah:


1. Produk bumbu masak biasanya sangat mudah berantakan. Biasakan untuk menyimpannya dalam wadah plastik kecil yang sudah diberi label nama sehingga Anda tak kesulitan mencarinya saat sedang ingin dipakai. Susun rapih dalam kulkas di rak yang mudah terlihat.


2. Buat keseragaman produk sesuai jenisnya. Membiasakan untuk menaruh produk makanan dalam satu lokasi penyimpanan sesuai jenisnya tentu akan sangat membantu Anda ketika ingin mencarinya. Misalkan produk minuman dipisah dengan makanan kaleng yang akan membuat isi kulkas tetap rapih dan terkoordinir.

Baca juga:  Kapan Harus Membuangnya?

3. Pisahkan buah dan sayuran. Biasakan untuk memisahkan buah dan sayuran dalam laci kulkas yang berbeda agar tak saling terkontaminasi satu sama lain. Pilih juga jenis sayuran siap olah yang harus disimpan dalam kulkas karena tidak semua jenis sayuran baik disimpan dalam suhu kulkas. Bukannya segar justru membusuk dan menimbulkan bau yang tak sedap.


4. Siapkan wadah plastik yang tertutup rapat untuk menyimpan makanan yang tak habis. Plastik bertutup akan membuat makanan selalu segar dan tidak menimbulkan aroma yang tak sedap didalam kulkas.


5. Bersihkan isi kulkas seminggu sekali. Banyak orang yang menganggap bahwa membersihkan kulkas hanya perlu dilakukan sebulan sekali saja. Padahal dengan merawat kulkas seminggu sekali akan membuat anda waspada akan kondisi kebersihan serta keharuman kulkas. Cara ini juga membantu Anda mengatur isi kulkas agar tetap rapi karena biasanya Kita cenderung malas membersihkan isi kulkas jika sudah banyak barang yang menumpuk tak teratur disana.


6. Cek secara berkala tanggal kadaluarsa produk makanan. Biasakan melihat tanggal kadaluarsa setiap produk makanan dalam kemasannya. Menyimpan makanan yang tak segar hanya menimbulkan penyakit serta hanya membuat isi kulkas tampak penuh dan berantakan.


7. Hindari menyimpan makanan yang berbau menusuk didalam kulkas. Biasakan untuk menaruhnya dalam wadah tertutup sebelum dimasukan kedalam kulkas agar tidak menimbulkan bau tak sedap. Jika bau tak harum dan menyengat mulai tercium, segera bersihkan isi kulkas. Keluarkan isinya dan periksa apa penyebab munculnya bau tersebut. Siapkan larutan air dan baking soda dalam wadah kecil lalu taruh sebentar dalam kulkas untuk menyerap bau pada kulkas.


Sekarang kulkas Anda sudah rapih. Harum dan teratur. Biasakan menjaga pola kebersihan ini untuk menjaga kesehatan jangka panjang Anda dan keluarga. (Hendro)

Baca juga:  Trik Mudah Merawat Peralatan Elektronik

 


Editor: Putri Istiqomah Priyatna

Beri Pendapatmu di Sini
Kartunet.com adalah media warga, seluruh konten berupa tulisan, foto, audio, atau video yang diterbitkan melalui situs ini menjadi tanggung jawab penuh dari kontributor.

Ingin juga tulisanmu diterbitkan di Kartunet? Siapkan karyamu dan klik di Kirim Karya