Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Bermain orgen di komputer

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Bermain musik untuk musisi, bermain komputer atau urusan ngotak ngatik PC dan laptop jelas urusan orang yang hobi komputer. Kenyataannya tidak demikian, orang yang hobi musik tetap bisa menikmati musik melalui komputer PC atau laptop. Lalu apakah orang yang hobi dengan komputer bisa juga bermain musik dengan komputer yang menjadi kesukaannya? Tentu saja semua bisa dilakukan bersamaan sehingga yang hobi komputer bisa bermain musik dan musisi juga bisa bermain musik melalui komputer. Berikut ini adalah cara menyulap perangkat komputer PC atau laptop untuk bermain keyboard (orgen( biasa disebut kebanyakan orang.

Pertama kita tau dulu software yang berhubungan dangan musik dan juga berhubungan dengan komputer. Software-software yang populer pada saat ini yaitu: neuwindow, qubes dan sonar. Software-software diatas merupakan software untuk melakukan proses perekaman yang diakhiri pada mixing, yaitu memoles lagu atau musik menjadi lebih rapih. Dari ketiga software tersebut yang banyak digunakan oleh teman-teman tunanetra karna aksesibel yaitu software nomor tiga “sonar” dengan dilengkapi jaws script yang bisa membantu pembacaan software sonar tersebut. Namun yang ingin saya beri tahu bukan tentang software-software tersebut. Disini saya akan berbagi pengalaman saya dalam menyulap perangkat komputer saya menjadi sebuah keyboard/orgen yang bisa memainkan style seperti pada keyboard yamaha psr, rolan, KN atau beberapa keyboard jenis lainnya.
Nah, dalam menyulap komputer baik itu PC maupun laptop teman-teman, diperlukan sebuah software yang harus diinstal pada PC/laptopnya. Inilah yang saya katakan diatas bahwa musisi dan komputer lover bisa mendapatkan hobinya masing-masing dengan saling melengkapi. Yang ingin bermain musik kususnya orgen untuk yang hobi komputer, kini bisa memainkan orgen pada komputernya, demikian juga dengan musisi yang ingin lebih praktis ketika manggung cukup dengan bawa laptop maka mereka bisa bermain musik yang menjadi hobinya. Software tersebut adalah One man band. (OMB), setelah software-nya diinstall pada pc atau laptop kita, maka mulailah kita bermain orgen. Cara bermainnya cukup mudah tidak harus dengan bahasa pemograman yang jelimet. Tuts-tuts pada keyboard komputer atau laptop akan berubah menjadi nada-nada seperti pada orgen. Qwertyuiop, dan 235 dan seterusnya juga berubah menjadi nada. Sedangkan tombol f1, f2, f3, untuk memainkan style dengan nada mayor dan f5 untuk nada minornya hingga seterusnya. Jadi ketika kita tekan f1 pada tombol keyboard pc/laptop, musk mulai berjalan dengan iramanya karna yang dijalankan adalah style. untuk memainkan intro bisa ditekan huruf g/h fil in tombol spasi dan beberapa fungsi tombol keyboard lainnya yang bisa teman-teman explore, coba-coba nanti setelah meng-install OMB tersebut. Silahkan download softwarenya, dan pelajari panduannya tanya dengan mbah google. Mulailah bermain musik kesukaan kalian dan jadikan perangkat komputer kalian membuat otak lebih refresh karna sekarang bisa dibuat bermain musik.
Langsung tarik aja ni filenya: software orgen komputer

Kata Kunci:

6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *