Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Pengalaman dan Mimpi

Kaget bercampur senang, pada saat saya menerima email dari kartunet untuk mengikuti lomba ini. Mau tahu apa isi emailnya? Nih kayak begini :
[email protected]
To Kartunet Karya Tunanetra
Feb 12 at 5:45 PM
Dear Kartuneters, Kami ingin memberitahumu tentang sebuah tulisan menarik di Kartunet.com. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan silakan langsung masuk ke sumber tulisan untuk membaca versi lengkapnya. Salam Akselerasi, Kartunet Karya Tunanetra
________________________________________
Lomba Menulis Kartunet Sewindu
Merayakan genap delapan tahun Kartunet.com berkarya di Indonesia, kami ingin mensyukuri hal tersebut bersama Kartuneters semua. Pada bulan Februari ini, kami mengadakan lomba menulis bertemakan “Pengalaman bersama Kartunet Sewindu dan Harapan-Harapan”. Kami ingin mengetahui secara langsung kisah-kisah inspiratif selama kamu mengenal Kartunet, dan harapan-harapan untuk Kartunet yang lebih baik di masa depan. Selain itu, ini juga sebagai masukkan bagi kami untuk tampilan dan sistem baru yang digunakan oleh Kartunet mulai tahun 2014.
Adapun ketentuan lomba Kartunet Sewindu ini sebagai berikut:
1. Peserta boleh siapa saja asal sudah memiliki account di Kartunet.com. Bagi yang belum punya, dapat registrasi di sini, atau apabila sudah pernah menjadi kontributor sebelumnya, dapat login dan klik “lost password” untuk reset password sesuai keinginan.
2. Tulisan bertema “Pengalaman bersama Kartunet Sewindu dan Harapan-Harapan” minimal dibuat sepanjang 300 kata.
3. Tulisan asli dibuat sendiri bukan plagiat atau copy paste dari sumber lain.
4. Tulisan kemudian diposting di situs Kartunet.com dalam kategori “Unek-Unek” dengan tag #Kartunet8th.
5. Ada nilai tambahan apabila kamu membuat minimal dua tulisan lain dengan tema bebas di kategori-kategori yang tersedia di Kartunet.com
6. Bagikan tulisanmu yang sudah diposting ke akun-akun social media seperti Facebook dan Twitter, dan ajak rekan untuk berkomentar di tulisanmu. Ada penilaian khusus bagi tulisan yang teramai dikunjungi.
7. Tulisan untuk lomba Kartunet Sewindu ini diterima panitia paling lambat tanggal 21 Maret 2014.
Adapun ketentuan hadiah sebagai berikut:
• Kartuneter terpilih akan mendapatkan hadiah satu unit HP touch screen dan pulsa elektrik Rp 150.000
• Pengumuman pemenang maksimum satu minggu setelah batas akhir penerimaan tulisan.
• Keputusan juri dan panitia tak dapat diganggu-gugat.
Catatan:
1. Saat ini Kartunet.com menggunakan sistem dan tampilan baru. User account yang pernah ada di Kartunet.com versi lama, kami pindahkan ke sistem baru. Akan tetapi password diubah oleh sistem. Meski begitu, kamu masih dapat login dengan alamat email sebagai user, kemudian klik “lost password” untuk set ulang password sesuai dengan keinginan.
2. Kartunet.com menggunakan konsep citizen media atau media warga. Kamu bebas membuat account di Kartunet.com dan posting tulisan atau karya secara bebas pula di kategori-kategori yang tersedia. Jadikan Kartunet.com sebagai platform blogging favoritmu, dan bebaslah berkreasi di Kartunet.com
3. Apabila menemui kesulitan dalam proses reset password atau ada pertanyaan lainnya, silakan hubungi kami via email [email protected] atau no kontak 085795259525.
• Link to the post: https://www.kartunet.com/lomba-menulis-kartunet-sewindu-3187
• Link to KARTUNET.COM: https://www.kartunet.com
Mengatasi Keterbatasan tanpa Batas bersama Kartunet.com.
Setelah menerima itu, saya mencoba untuk menulis ini. Saya akan berbagi pengalaman beserta harapan saat bergabung dengan komunitas ini. Saya akan memulai dengan pengalaman terlebih dahulu.
Awal saya mengenal kartunet itu, kalau ga salah, berawal dari adanya pengumuman lomba di twitter. Saya tertarik untuk mengikuti lomba itu. Akhirnya, saya membuat identitas (ID) di www.kartunet.com sebagai salah satu dari persyaratan lomba. Lomba awal yang diikuti bertema Laptop Acer Iconia dan fasilitas untuk disabilitas. Hasil karya saya dapat dilihat di http://tyaset4.blog.com/2013/03/laptop-acer-iconia-yang-seru/ dan http://tyaset4.blog.com/2013/03/fasilitas-untuk-diabilitas/.
Tidak lama setelah perlombaan tersebut, saya tertarik dengan ajakan yang masuk ke email untuk bergabung ke Facebook dengan alamat website https://www.facebook.com/groups/kartunetclub/ (yang kini, pada tanggal 26 Februari 2014 sudah ditiadakan).
Waktu itu, untuk masuk kesana, harus merupakan orang yang disabilitas dan memenuhi semua persyaratan tertentu. Syukurnya, saya diizinkan masuk oleh adminnya, yakni mas Dimas Prasetyo Muharram.
Lama waktu menjelang, dalam kurun waktu dekat dengan penulisan ini, saya tertarik dengan tulisannya mas Dimas yang berkomentar di grup Facebook dengan link https://www.facebook.com/groups/KartunetCom/ yang menuliskan mengenai sesuatu. Segitu saja pengalaman saya. Saya akan melanjutkan ke harapan.
Saya berharap, komunitas ini dapat menjadi media untuk orang-orang yang disabilitas secara fisik, maupun mental. Untuk diri sendiri, saya berharap bisa menjadi writerpreneur, mendapatkan dan menghasilkan sesuatu yang bisa membanggakan diri sendiri dan juga kedua orang tua saya.
Saya tidak terlalu mengandalkan hasil dari apa yang telah ditulis. Saya hanya mencoba. Terimakasih sudah membaca tulisan saya ini.

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga
11 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *