Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Tips Lulus IELTS Pasca ADS

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com – Salah satu persyaratan setelah tahap berkas beasiswa ADS (Australian Development Scholarship) adalah mengikuti test IELTS (International English Language Testing System). Test IELTS jadi satu tahapan yang menentukan sebelum kamu diwawancara oleh penyelenggara ADS. Beasiswa ADS ini sudah puluhan tahun diadakan oleh pemerintah Australia, dan membuka peluang kamu yang ingin studi di luar negeri. Agar sukses tes IELTS, berikut kami sajikan tips mengikuti IELTS bagian listening, reading, dan writing dari Taufiq Effendi, seorang tunanetra penerima beasiswa ADS tahun 2013. Dijamin tips berikut langsung dari pengalaman beliau yang sudah terbukti manjur.


 


Tes IELTS pada umumnya digunakan bagi kamu yang hendak studi di Inggris atau Negara-negara persemakmuran. Biaya tes IELTS relative mahal yaitu 150 USD. Jadi alangkah baiknya jika kamu tahu kiat-kiat sukses tes IELTS, dan mengurangi risiko gagal IELTS. Tesnya sendiri terdiri dari empat bagian, yaitu Listening (mendengarkan), Reading (membaca), Writing (menulis), dan Speaking (berbicara). Untuk bagian Writing dan Speaking, akan dilanjut pada artikel selanjutnya.


 


IELTS Bagian Listening




1. Kerjakan soal sesuai instruksi. Selalu membaca instruksi setiap bagian dengan seksama dan hati-hati. misalnya, diminta mengisi dengan tiga kata, berarti harus dengan tiga kata.


 


2. Instruksi terkadang berfungsi sebagai “clu”. Instruksi dapat membantu konsentrasi. Jika yang diminta tiga kata, berarti kita akan pasang perhatian untuk focus kepada kata kunci yang terdiri dari tiga kata. Jika dalam listening, kata-kata yang diminta biasanya memang sama persis dengan yang akan kita dengar.


 


3. Ingat, ejaan harus benar. Jika kira-kira harus ada tanda apostrophe (‘) yang harus ditulis. Berarti ini juga menguji sebagian pemahaman kita tentang grammar. Jika yang diminta mengisi dengan nomor/angka, berarti harus dengan nomor/angka. Dan kita bisa fokus mendengarkan angka-angka.


 


IELTS Bagian Reading


 


Pada pengerjaan bagian reading, kiat yang dapat diterapkan standar  seperti mengerjakan TOEFL. Kamu perlu memiliki kemampuan membaca skimming karena waktu yang diberikan sangat terbatas. Bacalah dulu pertanyaan baru kemudian membaca teks. Setiap menemukan jawaban ketika sedang membaca teks, langsung diisi.


 


Semoga tips sukses mengikuti tes IELTS bagian Listening dan Reading di atas dapat membantu kamu, khususnya yang sedang mengikuti tahapan seleksi ADS. Bagi yang belum apply beasiswa, semoga dapat makin termotivasi berburu beasiswa. Ingat, tes IELTS ini jadi prasyarat kamu mendapatkan beasiswa ADS, sekaligus menjadi parameter pribadi apakah kamu dapat mengikuti kuliah di Ausi yang total menggunakan bahasa Inggris.(DPM)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *