Categories: RAGAM

Tunanetra Tak Lagi “Bete” dengan Game Online Ini

Ciputat – Siapa bilang seorang tunanetra tak dapat bermain game online seperti orang lain pada umumnya yang seru-seruan di PC atau laptop? Salah satu game online yang dapat dimainkan oleh tunanetra atau disabilita spenglihatan adalah RS Games, permainan berbasis audio yang buat tunanetra tak lagi bete di rumah saat butuh hiburan.

RS Games adalah platform audiogame online yang dapat dimainkan oleh tunanetra dari seluruh dunia. Mengapa hanya untuk tunanetra? Karena game ini berbasis audio, jadi seluruh instruksi yang dihasilkan oleh game ini hanya berupa suara. Tak ada tampilan visual yang memungkinkan dimainkan oleh orang awas atau sighted person. Tapi jika mereka ingin coba pun tak masalah. Harus siap-siap pasang telinga dan konsentrasi ya.

Karena sifatnya platform, di RS Games banyak jenis permainan yang dapat dipilih. Berbagai permainan kartu seperti Uno, Monopoli, Casino Online, Remi, Farcle, dll siap untuk dimainkan dengan robot atau online bersama user RS games lainnya. Serunya, RS Games juga memberikan fasilitas chat text dan voice conference. Sehingga selagi bermain, antar user dapat mengobrol via tulisan atau suara.

Kehadiran RS Games tentu mengembalikan kegembiraan seorang tunanetra yang dulu, mungkin tersisihkan ketika teman-teman lainnya sedang asyik bermain kartu. Meski permainan kartu pun dapat dimodifikasi menggunakan huruf braille, RS Games memberikan solusi yang jauh lebih praktis. BAhkan kita dapat berkenalan dengan teman-teman baru yang jauh di belahan bumi lain, karena pembuat platform game ini berasal dari Amerika.

Cara Memainkan RS Games

Untuk memulai sebuah permainan di RS Games cukup mudah. Pertama, download dan install software RS Games sesuai dengan operating system yang kamu gunakan. Untuk mendapatkannya, silakan unduh di sini.

Lalu, mulai proses install dan buat username kamu di RS GAmes. Username ini adalah nama unik kamu ketika sedang online di RS GAmes. Boleh nama asli atau lebih seru pakai username yang unik-unik ya.

Selanjutnya silakan pilih jenis permainan yang ingin kamu coba. Di sana kamu dapat buat permainan sendiri atau bergabung dengan permainan yang sudah dimulai oleh orang lain. Makin banyak yang gabung di permainan ang dibuat makin seru. Tapi jika kamu sedang tak ingin mengobrol atau menunggu orang lain bergabung, ada fasilitas untuk bermain dengan robot software RS GAmes. Tenang, robot-robot ini kadang cerdas kadang tidak kok, jadi kamu tetap punya kesempatan menang!

Jika masih ada yang bingung cara bermainnya, silakan baca game manual yang ada di situs www.rsgames.org. Kamu dapat coba jenis permainan kartu lain yang mungkin asing. Di antaranya ada yang benar-benar seru, mengasah otak, menyebalkan, atau membosankan sama sekali.

Oh ya, khusus buat permainan kartu Uno, di momen hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, Kartunet kembali mengadakan Lomba Game Online Uno Merdeka 2017. Ada banyak hadiah menarik untukmu. Silakan mendaftar hingga 16 Agustus 2017 ini. Info lengkapnya ada di account Facebook Kartunet ya.(DPM)

Dimas Prasetyo Muharam

Pemimpin redaksi Kartunet.com. Pria kelahiran Jakarta 30 tahun yang lalu ini hobi menulis dan betah berlama-lama di depan komputer. Lulus dari jurusan Sastra Inggris Universitas Indonesia 2012, dan pernah merasakan kuliah singkat 3 bulan di Flinders University, Australia pada musim semi 2013. Mengalami disabilitas penglihatan sejak usia 12 tahun, tapi tak merasa jadi tunanetra selama masih ada free wifi dan promo ojek online. Saat ini juga berstatus PNS Peneliti di Puspendik Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kunjungi blog pribadinya di www.dimasmuharam.com.

Share
Published by
Dimas Prasetyo Muharam

Recent Posts

KEMENANGAN

Kuterlahir di negri sang Garuda Sebagai putra Indonesia Ku disuguhi dengan segala Anugerah Anugerah dari…

4 bulan ago

Mudah Dipelajari! Kode Alternatif Dalam Membuat Konten

Kartuneters, pernah tidak, sih, mendengar kata Markdown? Pernah tidak, sih, Kartuneters, mencoba praktek menulis dengan…

4 bulan ago

siapa bilang? Tunanetra ngga bisa jadi YouTuber?

pernakah kalian menjumpai seorang disabilitas, terkhususnya tunanetra? Apa yang terlintas di dalam fikiran kalian tentang…

4 bulan ago

SISWA SLB DAN GURU PENYANDANG DISABILITAS PALING TERHAMBAT DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR

SLB adalah salah satu bidang pendidikan yang mendidik peserta didik namun fokus terhadap anak berkebutuhan…

4 bulan ago

AKU CINTA GURUKU

Puisi bentuk rasa cinta dan hormat murid pada gurunya. Baca Selengkapnya AKU CINTA GURUKU

4 bulan ago

Kembalinya Sang Istri

Suasana di daerah Kota Antapani Bandung pagi ini tampak lengang. Masyarakat di daerah itu masih…

4 bulan ago

This website uses cookies.