Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Twitmongger, Twitter Client Khusus Screen Reader

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com – Situs micro blogging, atau Twitter,  adalah salah satu jejaring sosial yang paling populer saat ini, diminati oleh semua kalangan, baik selebritas, entrepreneur, politisi, mahasiswa/pelajar, bahkan ibu rumah tangga. Hal ini dikarenakan Twitter memiliki fitur yang mumpuni, penggunaan yang simpel, server yang enteng, dan tak terkecuali pengguna yang melimpah. Mengiringi sukses tersebut, kini banyak bermunculan aplikasi-aplikasi Twitter client yang men-support berbagai perangkat baik PC maupun mobile, seperti: Ubersocial for (blackBerry, Android, iPhone), TweetDeck, Seesmic, dan lain sebagainya, yang makin mempermudah tweeps (sebutan para pengguna Twitter) dalam berinteraksi, dan tentu saja lebih powerful. Sayangnya, beberapa aplikasi Twitter client yang telah ada saat ini tidak mendukung untuk perangkat screen reader, sehingga para disabilitas netra hanya bisa meng-akses Twitter standar (web/mobile).


 


Namun kini terobosan baru muncul seiring dengan pesatnya pertumbuhan pengguna Twitter dengan disabilitas netra di dunia, adalah situs http://twitmonger.shaned.net yang membuat project aplikasi Twitter client khusus untuk pengguna screen reader. Uniknya, aplikasi ini hanya berbasis audio saja, tanpa visual, sehingga aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh pengguna screen reader.


 


Walau Twitmonger kini masih dalam versi alpha, dan merupakan project lanjutan dari project Quitter yang discontinue, tapi Twitmonger merupakan aplikasi Twitter client yang powerful, sangat ringan dan free, karena Twitmonger hanya fokus ke-Twitter saja, tidak seperti project Quitter sebelumnya, yang meng-cover beberapa program sekaligus. Sayangnya, aplikasi ini baru men-support pada operating system berbasis windows, sehingga belum tersedia pada perangkat mobile, Mac, Linux dan lain-lain.


 


Berikut beberapa fitur Twitmonger:


–         Multy login, sehingga memungkinkan pengguna meng-akses beberapa user dalam satu kesempatan


–         Lengkap dengan fitur standard Twitter, seperti: New Tweet, Reply, Retweet, Follow/unfollow, search, trending topic, dan lain sebagainya.


–         Fasilitas Google Translate, yang memungkinkan pengguna untuk bertukar/mengakses tweet dari seluruh dunia.


–         Messege schedule, memungkinkan bagi pengguna untuk menentukan schedule tweet.


–         Dioperasikan dengan menggunakan shortcut khusus, sehingga pengguna bisa ber-Twitter ria tampa berpindah saat meng-akses aplikasi lain.


–         Dan masih banyak lagi.


 


Bagi anda yang ingin mencoba aplikasi Twitter client Twitmonger ini, bisa langsung mengunjungi situs http://twitmonger.shaned.net, dan pelajari selengkapnya dengan membaca Twitmongers readme.(Riqo) file.


Editor: Isti

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *