Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

5 cm, Bangun Indonesia dengan Cita

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com – Tanggal cantik 12-12-2012 menjadi hari yang cantik juga bagi produser Sunil Soraya dan sutradara Rizal Mantovani yang release film terbarunya 5Cm (12-12). Film yang diangkat dari novel best seller dengan judul yang sama karya  Donny dhirgantoro ini, dibintangi oleh Herjunot Ali, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Igor Saykoji, Denny Sumargo, dan Raline Shah.


 


“Biarkan keyakinan kamu 5cm menggantung, mengambang di depan kening kamu.”


 


Persahabatan 5 anak muda selama belasan tahun, Genta, Arial, Zafran, Riani dan Ian yang saking dekatnya, gak ada satu weekend pun yang gak mereka lewati bersama. Suatu hari, mereka merasa jenuh dengan persahabatan tersebut. Ian (Igor Saykoji) dan Zafran (Herjunot Ali) mengaku tidak punya teman lain selain mereka berlima. Genta (Fedi Nuril) mencetuskan ide agar mereka tidak bertemu dan tidak berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan. Ide tersebut disambut baik oleh Ian (Denny Sumargo) dan lainnya, walau awalnya Riani (Raline Shah) tidak setuju. Genta berjanji akan mengirim sms tempat pertemuan mereka nanti dan pertemuan itu akan menjadi sesuatu yang tidak bisa dilupakan sampai kapanpun.


 


Tiga bulan penuh kerinduan pun berlalu. Banyak perubahan dan kejadian dalam kehidupan mereka masing-masing, terutama Ian yang belum menyandang gelar sarjana diantara mereka berlima. Seperti yang Genta janjikan, pertemuan mereka adalah sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan yang tidak akan pernah bisa dilupakan. Sebuah perjalanan menaklukkan puncak tertinggi Jawa untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada 17 Agustus. Pendakian tersebut membuktikan bahwa keinginan/cita-cita bukan barang gratis, tapi penuh tantangan dan butuh perjuangan. Walau selalu ada akhir indah yang menunggu. Pemandangan yang disajikan Mahameru adalah bukti indah akhir sebuah perjuangan.


 


Film 5 cm diadaptasi dari novel best seller dengan judul sama buah karya Donny Dhirgantoro. Film ber-genre drama ini  merupakan produksi Ram Soraya dengan sutradara yang sudah tidak asing di dunia perfilman, Rizal Mantovani. Film ini digarap dengan tujuan mengajak masyarakat untuk kembali mencintai Negeri Indonesia di tengah permasalahan-permasalahannya.


 


Salah satu kelebihan film ini adalah para aktor dan kru yang melakukan syuting dengan mendaki Mahameru secara langsung. Sehingga menciptakan sebuah pemandangan nyata keindahan Mahameru. Film ini mengemas apik cinta  yang terbangun antara Genta dan Riani dengan twist yang tidak terduga. Kelebihan lain film ini adalah kalimat-kalimat pembangun dan penggugah yang menggetarkan hati penonton. “mimpi-mimpi, cita-cita, keyakinan dan apapun yang kamu mau, kejar..taruh di sini (5cm di depan kening). Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu dan kamu bawa mimpi  dan keyakinan kamu itu tiap hari, kamu lihat tiap hari dan percaya bahwa kamu bisa. Dan…sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa”


 


Film 5cm berhasil membungkus persahabatan, cinta, dan tekad menjadi sebuah segitiga sempurna. 5cm mengajarkan makna sesungguhnya mencintai Negeri Indonesia dengan segala keindahan di dalamnya. 5cm menyentil masyarakat untuk turut serta menjaga Bumi Indonesia yang telah memberi sumber dayanya dengan gratis. Di tengah permasalahan-permasalahan pelik negeri ini, 5cm hadir untuk membangun optimistis masyarakat membangun Indonesia lebih baik. “Tuhan, negeri ini sangat indah. Bantu kami menjaganya. (Zafran)”. Risma

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *