Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Audisi Menulis “Meretas Batas Pendidikan” 1 – 14 April 2014

“Menulis adalah sarana untuk berbagi sekaligus aktualisasi diri”

Hai Kartuneters, salah satu pencapaian yang coba kita capai pada tahun ini adalah menerbitkan empat judul buku. Mari kita mulai cita-cita tersebut dengan mengadakan Audisi Menulis buku bertema pendidikan yang saat ini direncanakan judulnya adalah “Meretas Batas Pendidikan”.

Konsep kegiatan kali ini adalah audisi menulis, berbeda dengan lomba menulis. Pada audisi menulis, teman-teman diajak untuk mengirimkan tulisan ke Kartunet.com dengan tema dan aturan yang akan dijelaskan di bawah untuk kemudian sama-sama kita kembangkan dan pada akhirnya akan diseleksi serta diolah oleh tim editor yang akan menjadikannya sebuah buku. Dalam audisi menulis, tak ada sistem kompetisi yakni ada pemenang atau tidak. Di sini kita sama-sama menulis untuk merangkaikannya menjadi sebuah buku yang enak dibaca dan Insya Allah bermanfaat. Jadi apabila ada tulisan yang belum masuk pada audisi menulis kali ini bukan berarti tulisannya kurang bagus, bisa jadi karena belum ditemui benang merah dengan tulisan lainnya dan ada kemungkinan dapat terbit di edisi buku berikutnya.

Ketentuan Audisi Menulis Meretas Batas Pendidikan (MBP):

  1. Peserta dapat diikuti oleh siapa saja, baik penyandang disabilitas atau non-disabilitas, yang telah tergabung dalam membership di Kartunet.com
  2. Bagi yang belum terdaftar dalam membership, dapat melakukan registrasi online gratis dengan klik di sini.
  3. Bagi yang sudah pernah tulisannya terbit di website Kartunet.com, berarti Anda sudah punya user account dan hanya butuh login saja. Apabila lupa password, dapat reset password dengan masuk ke halaman login, lalu klik forget password.
  4. Tema tulisan adalah pengalaman selama sekolah/kuliah. Jadi bagi teman-teman disabilitas dapat menceritakan pengalaman sekolah di sekolah khusus atau inklusif atau kuliah yang paling berkesan. Dengan segala suka dan duka serta pengalaman yang dijalani untuk mengatasi segala keterbatasan tersebut. Diharapkan selain ada cerita yang menarik di dalamnya, ada pula unsur edukatif yang membuka pemahaman masyarakat bahwa penyandang disabilitas juga berhak menempuh pendidikan yang layak dan mampu berjuang dari berbagai keterbatasannya. Sedangkan bagi teman-teman non-disabilitas, dapat sharing mengenai pengalamannya sekolah/kuliah bersama siswa/mahasiswa disabilitas dan berinteraksi dengannya. Dapat pula berbagi pengalaman mengajar atau mendampingi belajar teman-teman disabilitas.
  5. Format tulisan berupa naratif atau bentuk cerita. Seperti cerpen atau cerita fiksi, tapi based on true story. Jadi diharapkan teman-teman dapat berbagi pengalamannya secara real, dengan media seluruh indera yang dimiliki. Ajak pembaca untuk merasakan apa yang kamu rasakan dan jalani pada saat itu dengan caramu.
  6. Panjang tulisan tidak dibatasi, tuangkan saja pengalamanmu sebebas-bebasnya.
  7. Tulisan yang sudah siap untuk dibahas bersama, dapat diposting di Kartunet.com dengan kategori “Audisi Menulis” dan tag “Meretas Batas Pendidikan”.
  8. Periode audisi menulis MBP yaitu dari 1 hingga 14 April 2014. Semakin kamu mengirim tulisanmu lebih awal, maka kesempatan untuk mendapatkan input pengembangan dari teman-teman komunitas lain makin besar. Jadi lebih baik pula peluang untuk tulisanmu dimasukkan dalam buku edisi kali ini.
  9. Tak ada juara atau pemenang pada audisi menulis ini. Tulisan-tulisan yang terpilih oleh editor akan dimasukkan dalam buku Meretas Batas Pendidikan yang Insya Allah diusahakan dapat terbit pada bulan Mei dimana ada Hari Pendidikan Nasional. Tiap penulis yang karyanya diterbitkan nantinya akan mendapat royalty yang sistemnya akan dibahas kemudian.

Kurang lebih itu aturan main untuk audisi menulis kali ini. Apabila ada pertanyaan atau masih bingung, jangan ragu tulis di kolom komentar ya. Prinsip dari audisi menulis ini bukan kompetisi, tapi belajar bareng-bareng. Nah, mohon bantu juga ya untuk share informasi ini ke teman-teman lain yang sekiranya potensial untuk ikut menulis. Salam akselerasi!

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.
32 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *