Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Ini Tahapan Mengikuti Formasi Khusus Disabilitas CPNS 2014

Jakarta, Kartunet – Lowongan formasi khusus disabilitas di CPNS 2014 akan segera dibuka. Sistem yang digunakan secara nasional adalah online yang dikelola oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) serta dikoordinasi secara khusus oleh Kementrian Sosial. Untuk Anda yang berminat, ini langkah-langkah mengajukan lamaran via online.

Pertama, lihat dulu informasi lowongan apa saja yang sedang dibuka, dimana lokasi penempatannya, dan alokasi jumlah formasinya. Jangan lupa, sesuaikan dengan latar belakang pendidikan dan juga jenis disabilitas Anda. Apabila Anda berminat pada satu lowongan dan memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai tapi bukan penyandang jenis disabilitas yang disyaratkan, lupakan minat Anda tersebut dan cari lowongan lain. Atau sebaliknya, jika Anda jenis disabilitas tertentu dan minat pada satu lowongan tapi tidak memiliki kualifikasi pendidikan yang diminta, carilah alternatif posisi lainnya. Untuk jenis disabilitas tunadaksa dan tunarungu, mendapat jauh lebih banyak pilihan dibanding yang tunanetra. Untuk informasi lengkap formasi disabilitas, dapat kunjungi situs Panselnas, atau klik di sini.

Selanjutnya, Anda harus mendaftar pada situs Panselnas untuk memperoleh user account yang nantinya akan digunakan untuk login dan submit lamaran di situs Kementrian Sosial. Silakan masuk ke https://regpanselnas.menpan.go.id/ kemudian isi formulir yang tersedia. Jangan lupa pada kolom institusi, pilih “Formasi untuk Disabilitas”. Masukkan NIK atau Nomor KTP Anda, password, tanggal lahir, dan seterusnya. Nantinya NIK atau nomor KTP Anda akan menjadi user account pada tahap selanjutnya. Setelah submit dan berhasil, maka akan ada pesan notifikasi ke email Anda, dan tunggu minimal 1X24 jam hingga account Anda diaktifkan.

Sebagai catatan, NIK atau nomor KTP hanya dapat digunakan sekali dalam proses pendaftaran CPNS 2014. Apabila Anda sudah sebelumnya, dalam periode CPNS 2014 ini, mendaftar menggunakan NIK Anda pada formasi khusus di salah satu institusi, maka Anda tak dapat menggunakannya kembali, yang berarti pula pupus kesempatan Anda untuk ikut formasi khusus disabilitas CPNS 2014.

Setelah account Anda aktif, silakan coba login ke alamat https://cpns.kemsos.go.id/disabilitas/index.php/home. Silakan klik “login”, lalu masukkan user dengan NIK atau Nomor KTP Anda, dan password sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan saat registrasi di situs Panselnas.

Lalu setelah berhasil login, akan tersedia menu-menu untuk Anda mengisi form registrasi dan proses selanjutnya yang ada di bagian pengumuman. Cermati langkah demi langkahnya, hingga tahap pengiriman berkas-berkas via pos. Semoga sukses.(DPM)

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *