Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Tips Aman Transaksi E-Commerce

Internet Marketing adalah proses marketing (penjualan dan pembelian) melalui internet yang juga dikenal dengan istilah e-commerce (iiih komersil ehehe).

Disini, saya akan membahas untuk mengenal dan menjadi cermat dalam membeli.

Pembeli memang di efektifkan dalam segi hal kemudahan, koneksi (akses), waktu, tenaga dan biaya (bisa gratisan malahan). Enak kan?

Kemudahan ini pernah dialami oleh saudara Phitra Kurniawan yang merupakan pria lulusan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus, loh ini kan tempat kuliahnya mbak Ekka). Ia pernah bertransaksi di www.tokobagus.com dengan diawali dengan menemukan barang yang dicari pada waktu itu yakni sebuah unit telepon selular yang kemudian di lanjutkan dengan penyeleksian atas barang yang muncul, lalu ketemuan deh bersama penjualnya.

Pembeli kudu hati-hati sama yang namanya iklan. Perhatikan secara seksama produk yang di jual secara detail, lakukanlah uji coba, amati secara perlahan-lahan (dilarang terburu-buru), minta jaminan akan kondisi barang (jadi apabila barang rusak dalam waktu dekat bisa meminta ganti rugi), hubungi penjual, lihat respon penjual (bila cuek, mencari-cari alasan atau hanya memikirkan keuntungan untuk dirinya sendiri dan memilih untuk membiarkan pembeli menjadi korban, maka ia bukanlah pihak yang bertanggung jawab).

Berikut ada tips aman untuk menjadi pembelanja dalam internet marketing yang diambil dari www.pcmag.com dan www.staysmartonline.gov.au yang disertai dengan penambahan dari referensi nomor dua:
– Gunakan website yang sudah terkenal dan terpercaya
– hati-hati bila website terlihat mencurigakan atau kurang profesional
-periksa keamanan yang digunakan, apakah situs menggunakan secure sockets layer (SSL)?
-amankan komputer, gunakan antivirus
-gunakan pasword yang kuat
-dilarang untuk menggunakan komputer umum atau warung internet (warnet) demi kemanan data
-kunci wifi anda jika belanja online menggunakan laptop
-beralihlah ke mobile, installah situs online yang sudah tersedia
-carilah informasi detail mengenail barang yang akan dibeli (ukuran, warna, harga, dan kemanan produk).
– bacalah semua tata cara belanja online (aturan) termasuk cara pembayaran dan pengembalian barang jika ada keluhan
-lihat harga dan hitung ongkos kirim, perhatikan juga apakah ada biaya tambahan apakah yang harus dibayarkan saat membeli suatu produk
– bayarlah dengan metode yang aman seperti PayPal, Bpay, atau kartu kredit
-dapat juga dilakukan pembayaran melalui metode Cash on Delivery (COD) dimana barang datang barulah dibayarkan, Bank Payments (bisa dilakukan dengan e-banking atau mobile banking atau istilahnya adalah Innovations affecting consumers), Innovations enabling online commerce (seperti e-cash, e-checks, smart card dan kartu kredit yang terenkripsi dan tiadalah populer atau dikenal terutama di negara-negara berkembang), Innovations affecting companies (transfer antar Bank).
-jika beli dengan kartu kredit, dilarang untuk memberikan nomor kartu kredit melalui email
-cek pernyataan tagihan anda
-selalu cetak dan simpanlah bukti transaksi

Referensi :
Halaman 12 Money savvy, Suplemen Republika, Selasa, 25 Maret 2014.
Ebook Modul-05-ecommerce.www.internetsehat.org

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *