Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Kiat Mudah Dan Sukses Berbisnis

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com – Simak panduan berwirausaha berikut ini. Hanya dengan modal kecil, Anda tetap bisa meraup untung yang tak terbatas. Kenali pula ciri-ciri pengusaha sukses di artikel ini.


 


Di jaman serba cepat seperti sekarang ini tampaknya kebutuhan hidup kian tinggi. Belum lagi pergeseran nilai ekonomi dunia yang membuat banyak perusahaan terpaksa merasionalisasikan kembali kondisi seperti mengurangi jumlah sumber daya manusia guna menekan biaya produksi seminimal mungkin. Impian untuk memiliki sebuah usaha dengan modal kecil adalah keinginan banyak orang yang tidak ingin terbelenggu dengan jam kerja formal dan tuntutan target setiap perusahaan kepada para karyawannya. Jika Anda memiliki keterbatasan dana untuk memulai sebuah usaha, artikel ini akan memandu Anda memahami arti wirausaha guna mencapai hasil yang Anda inginkan.


 


Makin maraknya jumlah pengangguran di tanah air, geliat keinginan untuk menciptakan sebuah usaha sendiri kian tinggi. Tidak seperti fenomena yang terjadi di tahun 90an dimana banyak lulusan sarjana berlomba untuk memasuki dunia kerja di perusahaan perusahaan sebagai bagian dari hasrat eksistensi. Namun, pergeseran berbagai nilai yang terjadi membuat kaum muda mulai tergerak untuk berbisnis mulai dari usaha rumahan, usaha kecil menengah hingga usaha yang cukup meraup keuntungan besar dengan modal kecil. Fenomena ini mulai tampak pada sekitar tahun 1997, ketika krisis ekonomi melanda Indonesia.


 


Alasan Memilih Jalur Wirausaha


 


Bukan hal yang memalukan lagi ketika kita memutuskan untuk berhenti bekerja dan keluar dari perusahaan guna memulai hidup baru serta tanggung jawab baru sebagai calon pengusaha. Lihag beberapa alasan mengapa kita berwirausaha berikut.


 


1. Kemerdekaan dalam hal waktu kerja dimana kita bertindak sebagai pimpinan perusahaan sekaligus karyawan. Hal ini justru berdampak positif karena kerja keras kita adalah penentu keberhasilan sebuah usaha sehingga menimbulkan beban tanggung jawab di pundak kita selaku pelaku bisnis.


 


2. Tidak seimbangnya antara jumlah lapangan pekerjaan dan calon karyawan membuat bisnis usaha mandiri ini semakin banyak peminatnya. Justru ini membawa angin segar pada perekonomian negara dimana kita bisa membuka sebuah lapangan pekerjaan baru bagi puluhan bahkan ratusan orang.


 


3. Tidak adanya target keuntungan membuat setiap pengusaha berhak menentukan margin keuntungannya masing-masing. Contohnya semangkuk bakso dapat kita jual dengan harga 10 ribu per porsi, meskipun biasanya harga semangkuk bakso hanya berkisar sekitar 5 ribu rupiah saja.


 


4. Fleksibelnya jenis usaha tergantung dari permintaan pasar dimana kita bisa fokus kepada lebih dari satu jenis usaha saja tergantung dari seberapa besar demand pasar terhadap suatu barang atau jasa.


 


5. Faktor keturunan biasanya hanya dialami oleh para calon pengusaha yang memang memiliki latar belakang pengusaha, artinya seseorang dapat terjun menjadi seorang wirausahawan karena harus meneruskan usaha keluarga.


 


Ciri-Ciri Pengusaha


 


Menurut seorang multi milyuner dunia, Donald Trumph, tidak ada satupun manusia di dunia ini terlahir sebagai seorang pengusaha. Yang membuat seseorang menjadi pengusaha handal adalah faktor internal atau kemampuan untuk memotivasi diri sendiri. Gabungkan itu dengan sikap kerja keras, percaya diri serta kemampuan untuk membaca setiap peluang yang tengah diminta oleh pasar maka jadilah Anda seorang pelaku bisnis sejati. Sikap tahan mental juga amat dibutuhkan karena tidak ada yang bisa menjamin sebuah usaha akan sukses atau justru merugi. Latihlah kemampuan tersebut dengan memulai sebuah usaha kecil yang memang sesuai minat, kemampuan serta besar modal yang Anda miliki.


 


Tips Langgeng Berbisnis Dengan Modal Kecil


 


Banyak para wirausahawan yang terpaksa gulung tikar karena usaha yang digelutinya merugi atau bangkrut karena tidak memperhitungkan hal berikut. Mulailah berbisnis dengan apa yang Anda minati sehingga sedikit banyak Anda tahu seluk beluk usaha terssebut. Jika ragu, carilah mitra bisnis yang sudah lama menekuni suatu bidang usaha sehingga resiko merugi pun dapat ditekan. Terakhir, segera berhenti jika usaha Anda tampak statis tanpa adanya keuntungan yang signifikan dan cobalah segera ganti usaha baru yang tentunya lebih menjanjikan. Untuk itulah peranan evaluasi sangat diperlukan secara berkala, minimal sebulan sekali melihat kondisi usaha yang sedang digeluti agar Anda tahu apa yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan demi kemajuan usaha Anda.


 


Langkah Mudah Berbisnis


 


Apa sajakah yang Anda butuhkan untuk memulai sebuah usaha ?


 


1. Mulai tentukan jenis usaha yang ingin Anda tekuni. Buka mata dan lihat kebutuhan apa yang tengah diminati oleh pasar. Usaha yang berawal dari sebuah hobi tampaknya bisa juga Anda lakukan. Perbanyak informasi dari koran, majalah, internet atau media lainnya agar Anda bisa mengikuti tren perkembangan jaman.


 


 


2. Siapkan modal dana yang Anda miliki. Jangan memaksakan diri. Mulai saja dari usaha bermodal kecil. Usahakan jangan sampai berhutang untuk menutup biaya produksi. Anda bisa mencari mitra kerja yang sejalan untuk menambah modal usaha.


 


3. Mulailah bergerak dan mencari kebutuhan yang diperlukan seperti utilitas, sumber daya manusia, materi promosi, biaya produksi, simulasi keuntungan serta distribusi barang atau jasa usaha Anda.


 


4. Manfaatkan jejaring sosial, kolega, teman dan peranan media sosial guna menginformasikan usaha Anda tersebut. Bangun sebuah kepercayaan orang lain agar usaha Anda tetap diminati. Servis dan pelayanan yang baik adalah kunci utama setiap usaha.


 


5. Lakukan evaluasi secara berkala untuk melihat sejauh mana usaha Anda berjalan. Fokus terhadap setiap keluhan pelanggan dan cari solusi untuk mengatasinya.


 


Tak mudah memang memulai sebuah usaha, tapi jika kita memulainya hari ini dengan sebuah usaha kecil, bukan tidak mungkin Anda justru dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang. Selamat berbisnis! Hendro


 


Kirimkan info atau pertanyaan Anda seputar dunia keuangan dan bisnis ke email [email protected]

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *