Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Komunitas Disabilitas Ikuti Pesta Blogger On-Off

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Stand Kartunet Community di Pesta Blogger On-Off Desember 2011Jakarta – Komunitas anak muda disabilitas bernama Kartunet Community ambil bagian dalam acara rutin pesta blogger yang tahun ini menjadi On Off di efisentrum Rasuna Said, Sabtu 3 Desember 2011.

Acara on off ini merupakan acara pestanya para blogger se-Asia tenggara. Acara yang bertemakan Ideas Meet Opportunities ini, dimeriahkan oleh saykoji, Nikki & Sheila (Wannabe): Danger Ranger, serta penampilan musik anak, ada pula peluncuran buku berjudul Berkatngeblok| bekerjasama dengan nulisbuku.com.

Beberapa stand yang mengikuti acara ini di antaranya

  • Blog penulis @TheHermes yang bersedia membantu kartunet.com untuk menyediakan foluntir dalam pembuatan audio book khususnya buku-buku novel.
  • Stand voa yang membagikan tas suvenir kepada pengunjung. di stand ini, pengunjung boleh mencoba untuk bergaya ala penyiar.
  • Stan kedutaan amerika.
  • Stand tekhnik membatik.
  • Blogger benteng tanggerang (twitter @blogerbenteng).
  • Blogger imo.
  • Acer.
  • Stand internet sehat,

dan masih banyak stand lainnya yang tidak kalah menariknya di sekitar tempat acara.

Sponsor utama dari acara ini diantaranya: kedutaan amerika, voa dan acer. Beberapa media yg meliput diantaranya antv, metro tv, inilah.com. Sempat pula kartunet.com berkenalan dengan rekan dari fiva news.com.

Tidak mau kalah dengan yang lain, kartunet pun membuka stand pameran tekhnologi komputer bicara di acara tersebut. Adapun yang bertugas mengenalkan komputer bicara di stand kartunet.com adalah M. Ikhwan Toriqo (@riqo_zhi) dan Aris Yohanes (@Aris1985) yang masing-masing bertanggung jawab memperagakan satu komputer bicara. Ada pun yang didemonstrasikan adalah:

-bagaimana tunanetra dapat browsing di internet, buka twitter dan facebook,
– Bagaimana tunanetra dapat mengetik di microsoft office dan lainnya.

Di stand, Banyak pula pengunjung yang antusias kepada kartunet dari hanya sekedar melihat-lihat bahkan sampai mengotak-atik komputer bicara tersebut karena penasaran dengan cara kerjanya. Pengunjung yang datang di antaranya wartawan metro tv, anteve, beberapa peserta kontes semi SEO Kartunet.com serta pengunjung lainnya yang tidak kalah antusiasnya. Ada juga pengunjung dari inilah.com, fivanews.com dan lainnya. Kebanyakkan dari mereka ternyata masih tidak tahu, bahwa seorang tunanetra bisa mengoperasikan komputer seperti masyarakat umumnya.

Dalam sesi break out, kartunet.com yang diwakili oleh Dimas Prasetyo Muharam  (presiden derektur kartunet.com) ikut berdiskusi di forum IT bersama mas Candra, Ivan, dan Fitra dari forum freshyourmind (http://www.freshyourmind.com/ twitter @freshforum)  dengan topik “ getting opportunities from social media”. Pada kesempatan tersebut, Dimas menyampaikan bahwa Kartunet, sebagai aksi gerakan sosial yang menyuarakan isu-isu disabilitas, telah menggunakan media baru seperti website dan social network dalam upaya kampanyenya. Di forum tersebut, beliau juga menceritakan bahwa kartunet.com terus mempublikasikan artikel-artikel tentang dunia disabilitas serta melakukan kuliah tweet tentang persoalan disabilitas agar target utama kita, kaum muda, dapat diubah paradigmanya agar lebih positif memandang penyandang disabilitas.

Dari acara tersebut, Kartunet berharap masyarakat Indonesia dapat lebih ingklusif dalam menerima kaum disabilitas yang telah menjadi bagian warga negara Indonesia. Kami berterima kasih kepada penyelenggara acara On-Off 2011 yang telah mengundang Kartunet pada acara pesta Blogger yang bertepatan juga dengan hari internasional Penyandang Disabilitas. Keberadaan kami di sini dapat dikatakan pula dalam rangka memperingati hari internasional penyandang Disabilitas 3 Desember. Karena melalui internet, percepatan membangun masyarakat yang inklusif, yakni masyarakat tanpa deskriminasi, dapat terealisasi. Kartunet akan selalu berakselerasi untuk mewujudkan dunia yang ingklusif.

Terimakasih untuk mbak Dewi dari perwakilan panitia yang telah mengundang kartunet untuk ikut serta mengikuti acara on off ini.

Terimakasih pula untuk rekan-rekan penjaga stand kartunet.com yang ikut membantu mendokumentasikan serta menyebarkan brosur kartunet serta mengenalkan kartunet secara umum kepada pengunjung acara on off.

terimakasih juga untuk @TheHermes, yang sudah bersedia membantu kartunet.com dalam penyediaan buku bicara.

Terimakasih untuk freshyourmind yang sudah ikut diskusi bareng Kartunet pada breakout session. Tterimakasih juga untuk para pengunjung yang sudah mau mengisi formulir simpatisan kartunet dan membantu untuk menyebarkan isu disabilitas di masyarakat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *