Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Makanan Antimual Di Pagi Hari

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com – Rasa mual yang terjadi pada sebagian orang di pagi hari umumnya biasanya dialami oleh para wanita yang sedang hamil dengan masa kandungan berjalan 3 bulan dimana perubahan hormon terjadi di kala periode tersebut. Tidak hanya dengan wanita hamil, dilema rasa mual di pagi hari biasanya juga dialami oleh banyak orang yang menderita tekanan darah rendah serta gangguan pencernaan atau maag. Kami berikan panduan praktis langsung dari para ahli medis trik sehat dan jitu pengusir rasa mual ketika bangun tidur di pagi hari. Yang Anda butuhkan adalah beberapa jenis makanan berikut ini.


 


1. Biskuit


 


Mengonsumsi makanan kering sebelum Anda beranjak dari tempat tidur sangat disarankan. Makanan kering dan berkarbohidrat merupakan pertolongan pertama untuk mengusir mual. Anda juga bisa memilih kerupuk, sereal dan roti panggang sebagai variasinya.


 


2. Jahe


 


Jahe sudah sekian lama dimanfaatkan sebagai obat penenang perut dan pengusir mual. Anda bisa meminum jahe hangat yang kini bisa ditemukan pada kemasan bubuk atau sachet. Jahe juga bisa ditemukan pada kudapan permen yang bisa Anda kunyah dengan praktis di pagi hari.


 


3. Lemon


 


Buah jeruk atau lemon mengandung rasa masam yang efektif untuk mengalihkan rasa mual di pagi hari. Anda bisa meminum jus lemon segar di pagi hari. Namun, perlu diingat untuk penderita maag sebaiknya kurangi porsinya atau masukan irisan lemon atau jeruk ke dalam teh hangat karena dengan mencium aroma lemon yang segar suda ampuh mengusir perasaan mual. Sebaiknya konsumsi biskuit atau roti sebelum mengonsumsi sesuatu yang bercita rasa asam agar lambung tidak kaget.


 


4. Makanan dingin


 


Menyantap sesuatu yang bersuhu dingin juga efektif melawan rasa mual di pagi hari. Mencium aroma makanan yang tajam pada saat dimasak juga salah satu pemicu timbulnya rasa mual. Konsumsi saja yoghurt atau puding dingin sebelum mulai sarapan.


 


5. Makanan ringan


 


Menyantap sesuatu yang pedas tentu saja memicu rasa mual di pagi hari. Siapkan saja sekotak makanan ringan seperti cracker yang terbuat dari gandum untuk mengawali rutinitas sarapan. Gandum yang mengandung karbohidrat bisa mengenyangkan perut Anda. Lima buah cracker sama dengan satu lembar roti tawar. Hindari terlalu banyak mengonsumsi air putih karena rasa mual juga bisa di picu dari perut yang penuh dan kembung.


 


Mudah bukan trik agar terhindar dari rasa mual di pagi hari. Saran terbaik segera kunjungi Dokter jika rasa mual masih terus berlanjut agar ahli medis mengetahui penyebab gangguan pada pencernaan Anda. Hendro


 


Kirimkan info atau pertanyaan Anda seputar kesehatan ke email: [email protected]

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *