Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Peran TIK dalam Dunia Kerja

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, K-Career-Derasnya dan semakin pesatnya kemajuan teknologi di era globalisasi dewasa ini tampaknya kian dirasakan manfaatnya bagi semua orang di segala aspek kehidupan. Salah satunya adalah kian bertumbuhnya peranan teknologi informasi dan komunikasi yang tentu saja membawa angin segar bagi perkembangan setiap lini aspek kehidupan manusia baik di bidang perekonomian, sosial serta aspek lainnya. Tak terkecuali dampak positif bagi perkembangan dunia kerja di tanah air dan brlahan dunia lainnya. Kami menelusuri seluk beluk manfaat teknologi informasi dan komunikasi bagi pertumbuhan perkembangan dunia kerja di era globalisasi sekarang ini dalam artikel menarik berikut. Simak juga panduan praktis dari para ahli career coach bagi para pekerja yang ingin mencari pekerjaan impian melalui sarana teknologi informasi dan komunikasi yang tengah naik pamor, serta cara bertahan di belantara dunia kerja dengan ulasan ini.


 


Tak dipungkiri lagi bahwa peranan teknologi informasi dan komunikasi mempunyai andil besar terhadap kemajuan peradaban manusia. Ya, Kita tengah membicarakan geliat peranan internet dan media bagi pertumbuhan dunia kerja dewasa ini. Sebuah penelitian studi di Boston University menyimpulkan bahwa akibat naiknya pergerakan kesadaran umat manusia yang kian besar dalam memanfaatkan kekuatan teknologi informasi dan komunikasi dalam memperoleh pekerjaan yang lebih baik dikatakan bahwa prosentasenya merangkak naik hingga mencapai angka 80 persen. Tentu saja ini sangat baik dalam memberikan kontribusi positif bagi perekonomian dunia. Kehebatan internet, media massa baik online, broadcast maupun media konvensial seperti media cetak layaknya koran, tabloid, buletin dan majalah kini sudah berperan aktif dalam membantu para pekerja mencari pekerjaan yang tepat guna meningkatkan taraf hidup Mereka. Dampak positif ini juga berpengaruh bagi para perusahaan yang gencar mencari kandidat pekerja yang mumpuni lewat jasa teknologi informasi dan komunikasi dengan alasan lebih efisien, efektif dan tepat guna.


 


 


Kita tentu masih ingat di awal tahun 1990 dimana kesadaran manusia dalam memanfaatkan peranan teknologi dan komunikasi masih sangat kurang sehingga masih banyak para pekerja yang mencari pekerjaan dengan cara yang konvensional. Bukan hanya para pekerja saja, sebagian besar perusahaan juga masih melakukan cara yang sama dengan media iklan baris di surat kabar guna menemukan kandidat pekerja yang kompeten. Dirasakan kurang efektifnya cara tersebut sehingga tampak mempersempit ruang lingkup yang seharusnya lebij dinamis. Pada pertengahan tahun 2001 kesadaran manusia atau human awareness semakin meningkat akan penggunaan media komunikasi yang lebih canggih membuat keadaan menjadi lebih baik secara drastis. Apalagi mulai lahirnya kebudayaan media sosial yang efektif dalam kegiatan manusia sehari-hari baik di dunia profesionalitas seperti kegiatan promosi, marketing activation serta kampanye komersial lainnya dirasakan sangat besar manfaatnya untuk mencapai sebuah target. Di dunia kerja pun juga mengaplikasikan cara serupa dimana banyaknya situs pencari kerja yang hilir mudik di media maya guna mencapai suatu tujuan yaitu win win solution yang tentunya membawa dampak positif bagi semua pihak baik para pencari kerja, perusahaan maupun situs pencari kerja tersebut sebagai media perantara yang efektif,


 


Simak fakta menarik berikut yamg menjelaskan paparan alasan mengapa era pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi semakin digandrungi dalam mencari pekerjaan serta dampak positif yang diberikan bagi dunia kerja melalui survei kecil Kami berikut ini.


 


1. Efektif. Peluang lapangan pekerjaan yang semakin luas ditandai dengan demand atau permintaan akan calon pekerja yang kompeten dari para perusahaan. Dengan jasa peran komunikasi yang lebih luas tentu hasilmya lebih efektif serta tepat guna menjangkau para kandidat baru sehingga para penyedia lapangan pekerjaan lebih mudah menyeleksi yang terbaik untuk diangkat sebagai karyawan. Para pencari kerja juga semakim mudah dalam menentukan jenjang karir karena terbukanya lapangan pekerjaan yang lebih luas akan semakim efektif bagi kedua belah pihak.


 


2. Efisien. Konteks efisien disini bisa diartikan dengan hematnya waktu yang digunakan bagi para perusahaan dalam mencari pekerja baru yang sesuai spefikasi standar perusahaan serta deadline atau temggat waktu yang telah ditentukan sehingga demand atau permintaan akan sumber daya manusia dari beberapa divisi setiap perusahaan dapat terpenuhi sesuai target waktu yang ditentukan. Dari segi biaya tentu saja lebih hemat karena hanya dengan mengeluarkan sedikit biaya produksi promosi baik melalui media situs pencari kerja maupun media komunikasi berbasis cetak dan broadcast tentu akan jauh lebih terjangkau bila tanpa menggunakan jasa media yang memiliki tingkat exposure yang optimal. Bagi para pencari lapangan pekerjaan tentu juga dirasa lebih efisien karena dapat mengirimkan puluhan surat lamaran pekerjaan dalam sehari hanya dengan kehebatan surat elektronik atau email bila dibandingkan dengan mengirimnya lewat cara lama dan konvensional. Hanya dengan sentuhan jari, para pekerja memiliki kesempatan lebih besar untuk meningkatkan jenjang karir serta perekonomian Mereka dengan memanfaatkan kehebatan teknologi informasi dan media komunikasi.


 


3. Eco Friendly. Maksudnya disini adalah dampak positif dengan adanya peran aktif media komunikasi dalam dunia kerja membuat sumber daya alam pun ikut kena efek baiknya. Mungkin Anda bertanya apa kaitan antara media komunikasi yang gencar dengan sumber daya alam. Analoginya seorang pekerja yang tengah mencari pekerjaan baru tak perlu repot mencetak atau menduplikat berkas lamaran dalam bentuk print out hard copy serta menghabiskan berpuluh bahkan ratusan kertas untuk dikirim kepada alamat tujuan sebuah perusahaan yang tengah membuka lowongan pekerjaan baru. Bayangkan berapa banyak kertas yang terbuang jika dalam seminggu seseorang mengirimkan surat lamaran pekerjaan sebanyak 10 buah amplop berisi berisi berkas file dan berapa banyak pohon yang harus dikorbankan untuk cara konvensional tersebut. Hanya dengan mengunggah beberapa file dalam lampiran email Anda telah menyelamatkan bumi dari kepunahan.


 


4. Jaringan yang lebih luas menjangkau sasaran semakin membuat para praktisi di dunia kerja dapat lebih mudah mencapai tujuannya. Exposure yang maksimal tentu dapat di raih lewat peranan teknologi informasi dan media komunikasi.


 


Anda pasti salah satu dari sekian banyak jutaan jiwa yang telah merasakan manfaat besar era media komunikasi tersebut dalam aspek profesionalitas Anda. Beberapa ahli career coach akan berbagi sedikit rahasia kecil berikut ini untuk para pekerja yang ingin memperoleh jenjang karir yang lebih baik lewat pemanfaatan media digital dan era komunikasi. Simak panduan praktisnya di bawah ini.


 


1. Temukan sebuah wadah komunikasi media yang tepat untuk menemukan pekerjaan impian Anda. Sebuah media yang terpercaya tentu memiliki sebuah kredibilitas yang maksimal dalam menyebarkan informasi tentang dunia kerja yang sangat akurat.


 


2. Siapkan amunisi Anda. Amunisi disini adalah berkas riwayat pekerjaan Anda yang dibuat dengan sangat rapi, praktis serta menampilkan daftar prestasi kerja Anda yang outstanding agar para perusahaan pencari calon karyawan baru akan terkesan dengan berkas yang Anda kirimkan. Ingatlah bahwa daftar riwayat pekerjaan sedikit banyak akan menggambarkan tentang siapa diri Anda serta kinerja kerja yang Anda miliki. Selalu update riwayat pekerjaan Anda dan buatlah dalam format powerpoint presentasi berisi prestasi kerja Anda yang mumpuni.


 


3. Tingkatkan selalu keahlian baru Anda. Tak perlu ragu mengikuti sebuah seminar, pelatihan ketrampilan atau workshop baru yang akan menambah wawasan baru serta meningkatkan keahlian Anda yang tentu saja bermanfaat bagi karir Anda. Masukan segera ke dalam curriculum vitae Anda setelah selesai mengikuti sebuah kelas pelatihan baru yang memberi kontribusi positif bagi jenjang karir Anda. Sebuah keahlian baru adalah sebuah investasi yang tak ternilai harganya.


 


4. Kirimkan surat lamaran kerja Anda beserta lampiran berkas yang diperlukan ke sebuah alamat perusahaan yang tengah mencari kandidat calon karyawan baru. Gunakan kata yang persuasif, tegas dan sopan serta singkat dalam surat lamaran kerja Anda. Hindari penulisan kata yang terlalu panjang dan bertele-tele dalam body email. Cukup tulis maksud dan tujuan Anda serta selipkan satu kalimat yang menjual diri Anda serta keahlian Anda dalam body email agar pihak perusahaan tertarik untuk mengubungi Anda.


 


5. Tak ada salahnya jika Anda memperlajari sekilas tentang perusahaan yang tengah Anda jajaki. Setidaknya Anda telah memiliki bahan ketika sewaktu salah satu perusahaan tersebut tertarik kepada profil Anda. Tak kenal maka tak sayang, mungkin hal tersebut ada benarnya sebelum sesi wawancara kerja dimulai dan Anda akan tampak percaya diri karena sudah mampu menguasai keadaan dengan wawasan yang baik.


 


Rasanya tak berlebihan jika Kita mengucapkan terima kasih kepada era teknologi informasi dan media komunikasi yang bertumbuh cepat membawa dampak positif bagi kehidupan umat manusia. Selamat datang di satu sisi globalisasi dunia dan semoga Anda termasuk dari jutaan jiwa yang telah merasakan dampak positif media komunikasi sebagai suatu budaya baru yang optimal. Hendro


 


Kirimkan info atau pertanyaan Anda seputar karir dan dunia kerja ke email : [email protected]

Kata Kunci:

Tags:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *