Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Mari Mengenal Komunikasi

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Siapa sih yang tidak kenal komunikasi? Setiap saat kita selalu berkomunikasi, baik dengan diri sendiri, dengan orang lain, dalam kelompok, organisasi, atau kepada khalayak luas. Akan tetapi tidak semua orang memahami apa sebenarnya komunikasi itu dan apa saja yang diperlukan untuk menjalin sebuah komunikasi. Untuk lebih memahami tentang komunikasi, mari kita simak uraian berikut ini.

Komunikasi berasal dari bahasa latin komunis yang berarti membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Istilah ini juga berasal dari akar kata communico yang artinya membagi (Cherry dalam Stuart, 1983). Menurut Everett M.Rogers “komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu penerima atau lebih dengan maksud mengubah perilaku mereka”. Definisi ini kemudian dikembangkan bersama Lawrence Kincaid, yaitu “komunikasi adalah proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi yang pada gilirannya akan tiba pada pengertian yang mendalam”.
Menurut Onong Uchjana Effendy komunikasi adalah proses penyampaian
pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)
Pengertian komunikasi Dan 5 (Lima) Unsur Komunikasi Menurut Harold Lasswell adalah sebagai berikut, yaitu :
Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (who? says what? in which channel? to whom? with what effect?). (Lasswell 1960).
Analisis 5 unsur menurut Lasswell (1960):
1. Who? (siapa/sumber). Sumber/komunikator adalah pelaku utama/pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai suatu komunikasi,bisa seorang individu,kelompok,kelompok,maupun suatu negara sebagai komunikator.
2. Says What? (pesan). Apa yang akan disampaikan/dikomunikasikan kepada penerima(komunikan),dari sumber(komunikator)atau isi informasi.Merupakan seperangkat symbol verbal/non verbal yang mewakili perasaan,nilai,gagasan/maksud sumber tadi. Ada 3 komponen pesan yaitu makna,symbol untuk menyampaikan makna,dan bentuk/kelompok pesan.
3. In Which Channel? (saluran/media). Wahana/alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator(sumber) kepada komunikan(penerima) baik secara langsung(tatap muka),maupun tidak langsung(melalui media cetak/elektronik dll).
4. To Whom? (untuk siapa/penerima). Orang/kelompok/kelompok/suatu negara yang menerima pesan dari sumber. Disebut tujuan(destination)/ pendengar(listener)/ khalayak(audience)/ komunikan/ penafsir/ penyandi balik(decoder).
5. With What Effect? (dampak/efek). Dampak/efek yang terjadi pada komunikan(penerima) setelah menerima pesan dari sumber,seperti perubahan sikap,bertambahnya pengetahuan, dll.

Contoh: Komunikasi antara guru dengan muridnya. Guru sebagai komunikator harus memiliki pesan yang jelas yang akan disampaikan kepada murid atau komunikan. Setelah itu guru juga harus menentukan saluran untuk berkomunikasi baik secara langsung(tatap muka) atau tidak langsung(media).Setelah itu guru harus menyesuaikan topic/diri/tema yang sesuai dengan umur si komunikan,juga harus menentukan tujuan komunikasi/maksud dari pesan agar terjadi dampak/effect pada diri komunikan sesuai dengan yang diinginkan.
Berdasarkan definisi komunikasi menurut Laswell di atas, maka komunikasi adalah pesan yang disampaikan kepada komunikan(penerima) dari komunikator(sumber) melalui saluran-saluran tertentu baik secara langsung atau tidak langsung dengan maksud memberikan dampak/effect kepada komunikan sesuai dengan yang diinginkan komunikator.
Pawito dan C Sardjono (1994 : 12) mencoba mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses dengan mana suatu pesan dipindahkan atau dioperkan (lewat suatu saluran) dari suatu sumber kepada penerima dengan maksud mengubah perilaku, perubahan dalam pengetahuan, sikap dan atau perilaku overt lainnya. Sekurang-kurangnya didapati empat unsur utama dalam model komunikasi yaitu sumber (the source), pesan (the message), saluran (the channel) dan penerima (the receiver). Wilbur Schramm menyatakan komunikasi sebagai suatu proses berbagi (sharing process). Schramm menguraikannya sebagai berikut :
“Komunikasi berasal dari kata-kata (bahasa) Latin communis yang berarti umum (common) atau bersama. Apabila kita berkomunikasi, sebenarnya kita sedang berusaha menumbuhkan suatu kebersamaan (commonnes) dengan seseorang. Yaitu kita berusaha berbagi informasi, ide atau sikap. Seperti dalam uraian ini, misalnya saya sedang berusaha berkomunikasi dengan para pembaca untuk menyampaikan ide bahwa hakikat sebuah komunikasi sebenarnya adalah usaha membuat penerima atau pemberi komunikasi memiliki pengertian (pemahaman) yang sama terhadap pesan tertentu” (Suprapto, 2006 : 2-3).
Demikianlah pengenalan singkat mengenai ilmu komunikasi, semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. Sekian dulu tulisan saya kali ini. Sampai jumpa di kesempatan lain.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *