Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Meraih Untung Lewat Franchise

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com – Franchise atau bisnis waralaba sudah dikenal sejak dulu. Pilihan lain berwirausaha dengan cara yang lebih aman dan menguntungkan. Simak yuk seluk beluk, kelebihan usaha ini serta panduan memulai usaha franchise.


 Di jaman serba cepat seperti sekarang ini membuat kebutuhan hidup juga mengalami kenaikan yang signifikan. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan hingga biaya tak terduga lainnya membuat semua orang tampak melirik usaha sampingan yang menjanjikan. Dengan bisnis franchise ini Anda tak perlu bersusah payah mengolah bisnis atau justru berhenti dari pekerjaan utama, pasalnya, bisnis ini memberikan sebuah pengolahan manajemen yang rapi dan teratur dari pihak penawar franchise sehingga Anda hanya perlu mengawasi usaha tersebut tanpa repot mengatur segala operasional usaha. Bisnis franchise yang beredar kebanyakan adalah di sektor makanan atau produk cepat saji seperti ayam goreng, burger, donat maupun snack atau makanan ringan lainnya yang tentu saja memiliki pangsa pasar yang besar sehingga usaha waralaba ini kian digemari banyak kalangan pebisnis. Berikut alasan mengapa usaha franchise ini kian populer. Berikut kelebihannya.


1. Tak perlu repot mengatur atau mengolah operasional sendiri pasalnya pihak pewaralaba sudah mempunyai standar usaha sendiri serta siap menyuplai kebutuhan.


2. Modalnya cukup fleksibel sesuai dengan dana setiap orang. Usaha ini di Indonesia lebih terjangkau daripada bisnis franchise di luar negeri. Dengan modal hanya 10 juta hingga 400 juta Anda sudah dapat memulai usaha sendiri.


3. Pihak pewaralaba biasanya sudah menyiapkan semua utilitas berupa bahan produk yang akan dijual hingga mesin atau alat pendukung usaha bisnis yang Anda pilih.


4. Keuntungan yang menjanjikan dengan sistem yang jelas membuat banyak orang melirik usaha franchise ini.


5. Cepat dan majunya kondisi dewasa ini membuat banyak orang lebih memilih makanan cepat saji atau makanan ringan bungkusan daripada mengolahnya sendiri dengan alasan tak punya cukup banyak waktu.


Sebelum memulai usaha franchise, ada bebrapa hal yang perlu Anda ketahui agar tak merugi di tengah jalan. Berikut ciri-ciri waralaba yang baik.


1. Merek dagang atau nama yang populer biasanya membuat Anda lebih mudah menjual kepada konsumen sehingga Anda tak perlu repot memasarkannya dari nol seperti ketika membangun usaha sendiri tanpa nama. Pilih waralaba yang memang familiar di tengah masyarakat.


2. Sebaiknya pilih pewaralaba yang memiliki sistem kuat, modal besar dan laporan keuangan yang baik karena berhubungan dengan keuntungan yang akan Anda peroleh nantinya. Sebaiknya teliti lebih jauh tentang laporan keuangan pihak pewaralaba apakah sudah memiliki laporan pembukuan rapi yang dibuat oleh jasa akuntan publik yang terpercaya.


3. Pewaralaba yang baik biasanya memiliki sistem berupa standar yang efektif, fleksibel serta memberikan pelayanan jasa pelatihan usaha secara cuma-cuma kepada para pihak pembeli franchise sehingga Anda tentu dapat mahir ketika sudah terjun ke lapangan.


 4. Pilih pewa ralaba yang selalu memberikan pengawasan yang tepat guna agar mitra usaha Mereka dapat maju bersama dan meraih keuntungan yang optimal. Pihak pewaralaba yang berkualitas biasanya juga tak pelit untuk memberikan pengarahan kepada Anda.


5. Biasanya pewaralaba berstandar baik selalu melakukan evaluasi usaha di setiap akhir periode kerjasama untuk melihat sejauh mana bisnis itu berkembang baik atau malah justru merugi. Biasanya Mereka akan memberikan solusi tepat untuk membantu Anda menemukan jalan keluar agar bisnis tetap bertahan.


6. Pewaralaba yang sudah mumpuni biasanya menyediakan semua utilitas mulai dari alat berat sampai bahan produk agar kualitas kesegaran makanan yang dijual tetap terjaga. Modal yang Anda keluarkan seharusnya sudah termasuk ke dalam biaya operasional yang disebutkan tadi sehingga Anda tak perlu repot lagi menyediakannya sendiri.


Kini Anda sudah mendapat gambaran tenttang usaha franchise ini dan sekarang simak panduan sebelum memulai bisnis tersebut. Ingat, jangan terburu-buru untuk memulai. Beri waktu Anda untuk mencari beberapa pilihan franchise yang tepat agar tak merugi di masa depan.


 


1. Siapkan modal usaha. Temui pihak pewaralaba untuk mendiskusikan jumlah dana yang Anda miliki. Cari tahu sebanyak-banyaknya mengenai paket modal yang ditawarkan untuk menyesesuaikan dengan besar bujet usaha Anda.


 2. Siapkan dana cadangan minimal untuk 3 bulan ke depan agar usaha Anda tetap stabil dan aman. Semisal, modal franchise yang dibutuhkan sebesar 10 juta artinya Anda harus menyediakan dana cadangan setidaknya sebesar 30 juta untuk tetap berada pada posisi aman.


 3. Pikirkan keuntungan yang akan diraih. Jika setidaknya Anda meraih untung 10 persen saja dari modal di setiap bulannya, berarti Anda bisa melangkah maju ke thahap berikutnya. Sebaliknya, jika keuntungan tak terlihat di 6 bulan pertama mungkin Anda butuh evaluasi dengan pihak pewaralaba agar menemukan jalan keluar yang tepat. Perhatikan dengan seksama surat kerjasama di awal usaha untuk memperoleh keuntungan yang win win solution antara Anda dan pihak pewaralaba. Pilih juga para penyedia bisnis franchise yang mempunyai sistem perjanjian kerjasama yang fleksibel agar tidak memberatkan Anda di masa yang akan datang.


4. Inventori usaha ini semakin lengkap pasti butuh dana yang besar. Pilih jenis franchise dengan suplai alat operasional yang sederhana untuk awal usaha agar modalnya tidak terlalu besar. Jika Anda memperoleh untung yang maksimal barulah Anda dapat mengembangkan usaha dengan modal yang lebih besar.


5. Percaya diri dan kreatif dalam usaha ini tentu saja akan menghasilkan untung yang maksimal. Disiplin dan inovatif disini bukan berarti Anda dapat menjual produk hasil kreasi sendiri karena pihak pewaralaba biasanya sudah memiliki standar usaha sendiri yang harus dipatuhi. Ingat, Anda membawa sebuah nama franchise dalam genggaman usaha bisnis Anda.


Saatnya Anda mulai mencoba ide baru berbisnis franchise dengan panduan Kami diatas. Semoga Anda menemukan sebuah pilihan jenis usaha baru yang lebih menjanjikan di masa depan. Selamat berwirausaha. Hendro


 


Kirimkan info atau pertanyaan Anda seputar wirausaha ke email : [email protected]

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *