Terima kasih dukungannya selama ini hingga Kartunet mencapai usia yang ke-11 19 Januari 2017
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

SPECTA DAY 2015: Kegiatan untuk Memperingati Hari Disabilitas Internasional di Universitas Negeri Jakarta

Dalam rangka memperingati HDI (Hari Disabilitas Internasional),  Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa (PLB) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan menyelenggarakan kegiatan Special Education Celebrate This Awareness (SPECTA) Day 2015 yang ditujukan kepada Civitas Academica UNJ, Individu Berkebutuhan Khusus, Sekolah Luar Biasa (SLB) se- JABODETABEK dan masyarakat umum.

Kegiatan yang mengusung tema Celebratory Hallway Of Our Special Education (CHOOSE) yang akan diadakan dari tanggal 1 Desember 2015 dengan kegiatan Seminar Mengenal Disabilitas (SEMEDI) yang bertajuk “Advokasi untuk Disabilitas dan Aksesibilitas” sebagai pembuka kegiatan SPECTA DAY 2015, 3 Desember 2015  kegiatan puncak SPECTA DAY 2015 yang terdiri atas Pawai ABK berkeliling Kampus A UNJ, Perlombaan untuk ABK, Pentas Seni, serta Bazaar a la SPECTA DAY 2015, dan 5 Desember merupakan penutup rangkaian kegiatan SPECTA DAY 2015 yang dikemas dalam bentuk bakti sosial yang bertajuk “SWISE” (Sharing With Special Education).  SPECTA DAY 2015 adalah salah satu program kerja dari Badan Pengurus Harian Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta yang bertujuan mengemas sebuah acara bagi individu berkebutuhan khusus dengan berbagai jenis kekhususan, baik itu gangguan penglihatan, pendengaran, intelektual, juga autism, sehingga kami memberikan sarana untuk menampilkan kehebatan mereka pada bidang lain.   Dalam acara ini, kami mencoba menampilkan kelebihan individu berkebutuhan khusus dalam aspek motorik dan kognitif dengan kemampuan masing-masing kekhususan. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab sosial dan penyadaran bagi mahasiswa PLB UNJ dengan dunia pendidikan khusus dan juga sebagai bentuk praktek nyata dari teori yang telah didapatkan dalam rangkaian mata kuliah Jurusan  PLB, UNJ.

Seminar Mengenal Disabilitas (SEMEDI) merupakan kegiatan pembuka SPECTA DAY 2015 yang akan diselenggarakan tanggal 1 Desember 2015 di Gedung Sertifikasi Guru Lt. 9 Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Tahun ini kami mengusung tema “Advokasi untuk Disabilitas dan Aksesibilitas” dan mengundang Bapak Fikri Thalib, S.H selaku Ketua Umum Komite Advokasi Penyandang Cacat Indonesia (KAPCI).

Tanggal 3 Desember 2015, merupakan puncak kegiatan SPECTA DAY 2015. Kegiatan ini dikemas dengan berbagai bentuk, mulai dari Pawai keliling Kampus A Universitas Negeri Jakarta yang akan diikuti oleh seluruh peserta lomba dan civitas academica Jurusan Pendidikan Luar Biasa sekaligus pembukaan dengan menerbangkan 100 balon,  Perlombaan yang ditujukan untuk siswa/i maupun individu berkebutuhan khusus diantaranya lomba menari dan estafet bendera untuk individu dengan hambatan intelektual tingkat SD, lomba mewarnai untuk individu dengan autisme tingkat SD, lomba fashion show untuk individu dengan gangguan pendengaran tingkat SMP, lomba menyanyi untuk individu dengan gangguan penglihatan tingkat SMP, dan cerpen, fotografi serta video dengan tema “Warna-warni ABK” untuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Pentas Seni merupakan puncak kegiatan dan juga sebagai bentuk apresiasi yang tinggi bagi individu berkebutuhan khusus yang mana tahun ini mengusung tema “Hitam Putih Dunia Disabilitas”. Bazaar akan diadakan sejak awal pembukaan hingga akhir acara puncak SPECTA DAY 2015 ini. Bazaar a la SPECTA DAY 2015 ini diisi oleh para sponsorship dan Sekolah Luar Biasa yang produktif dalam karya hasta cipta anak-anak disabilitas yang kemudian di perjual-belikan di bazaar, hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa walaupun adanya keterbatasan tapi mereka tetap mampu berkarya.

Sharing With Special Education (SWISE) merupakan kegiatan Bakti Sosial yang menjadi penutup dari rangkaian kegiatan SPECTA DAY 2015 yang akan dilaksanakan pada 5 Desember 2015. Tujuan kegiatan ini dalam rangkaian SPECTA DAY 2015 adalah untuk meningkatkan kepekaan sosial terhadap dunia disabilitas. Bukan hanya euphoria yang kami kedepankan dalam kegiatan SPECTA DAY 2015 ini namun juga menyeimbangkannya dengan kegiatan sosial. Kegiatan ini akan berlangsung dan ditujukan kepada SLB di Jakarta. Kegiatan SWISE akan berupa penyerahan barang-barang yang dibutuhkan oleh SLB Mini Bakti, Rawamangun.

Menurut kami, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Jakarta sangat positif, apalagi kami mengetahui semua bentuk kegiatan SPECTA DAY 2015 dan harapan kami, melalui kegiatan ini image dan citra  individu berkebutuhan khusus serta Pendidikan Luar Biasa Univeritas Negeri Jakarta di mata warga kampus Universitas Negeri Jakarta maupun khalayak umum menjadi lebih baik dan positif.

“Kami dari Jurusan Pendidikan Luar Biasa UNJ,  menyambut baik dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Kegiatan seperti ini mendorong mahasiswa untuk mengimplementasikan teori-teori yang dipelajari di kelas secara real dan relevan di kehidupan nyata bermasyarakat Kami berharap kegiatan seperti ini dapat dijadikan contoh positif dan secara berkesinambungan terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang,” ungkap Wuryani, selaku ketua Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari segenap civitas academica Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, dan juga dari berbagai media partner (Info Event, IsiGood.com, KabarKampus.com, Kabar PLB, Kartunet.com, MadingKampus.com, SeputarEvent.com, SIGMATV UNJ, UPT HUMAS UNJ).

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *