Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Trik Jitu Merawat Pakaian tetap Awet

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com – Mengenakan baju yang selalu tampak rapi dan bersih tentu menambah rasa percaya diri bagi si pemakainya. Jika tahan lama tentu saja bisa menghemat pengeluaran sehingga tak perlu menguras kantong lebih dalam untuk membeli pakaian baru. Kami mempunyai trik ampuh merawat pakaian agar awet dan tahan lama berikut ini.


1. Jangan terlalu sering mencuci pakaian karena jika terus dicuci tentu akan merusak serat kain dan melunturkan warnanya. Jika pakaian tak terlalu kotor lebih baik dijemur dibawah sinar matahari selama 3 jam, terutama untuk bahan yang tebal.


2. Pisahkan warna dan jenis bahan pakaian sebelum dicuci karena beda bahan dan warna tentu saja bisa membuat warna luntur atau serat kain pakaian yang lembut akan rusak saat terkena gesekan pakaian berbahan kasar.


3. Gunakan air dingin karena biasanya serat kain dan warna kain akan lebih menerima suhu dingin daripada suhu panas air karena bisa membuat pakaian lebih cepat rusak. Anda pun bisa menghemat energi.


4. Hindari terlalu sering merendam pakaian dalam pemutih karena bisa merusak kain dan warna. Ganti saja dengan larutan baking soda dan air hangat untuk pemutih pakaian alami.


5. Saat menggunakan mesin cuci sebaiknya perhatikan hal kecil seperti menutup resleting pakaian atau mengancingkan kait bra agar tidak merusak pakaian lain saat digiling.


6. Sebaiknya cuci dengan tangan semua pakaian berbahan lembut agar tidak rusak dengan mesin cuci. Pisahkan dan teliti sebelum memasukan pakaian ke dalam mesin cuci.


7. Biasakan mengeringkan pakaian dengan alami di bawah udara terbuka karena panas pada mesin cuci saat mengeringkan pakaian yang panas bisa merusak kain.


8. Gantung dan lipat pakaian sesuai bahannya. Untuk katun dan kaus tak perlu digantung cukup dilipat saja. Pakaian seperti kemeja dan blouse yang lembut bisa digantung karena menggantung semua pakaian hanya membuat lemari tampak berantakan dan penuh.


9. Pilah pakaian yang jarang dipakai dan masukan dalam dus kecil dengan tak lupa memberi pengharum pakaian atau kamper secukupnya ke dalam kardus tersebut. Simpan rapi dalam lemari dan keluarkan sebulan sekali untuk diangin-anginkan agar tak berbau


10. Sesuaikan jenis bahan dengan aktivitas agar pakaian yang lembut tak mudah rusak.


11. Perbaiki segera jika ada kerusakan kecil karena bisa menjadi rusak lebih besar jika tak di atasi segera. Kancing yang copot atau bagian ketiak yang robek misalnya.


12. Perhatikan lingkungan sekitar saat beraktivitas karena sudut meja yang tajam pun bisa membuat pakaian robek.


13. Perhatikan dengan seksama cara merawat pakaian yang biasanya terdapat pada label di bagian kerah tentang cara pencucian atau penyeterikaan yang tepat agar pakaian awet.


Saatnya Anda lebih peduli dengan pakaian yang Anda kenakan karena selain berhemat juga tampak rapi. (Hendro)


 


editor: Putri Istiqomah Priyatna

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *