Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Trik Jitu Untuk Si Fresh Graduate

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com – Bersaing dengan para pekerja yang memiliki segudang pengalaman di dunia kerja, bagi si pemula atau fresh graduate mungkin adalah sebuah dilema besar. Jangan pernah takut karena menjadi seorang pekerja handal bisa dimulai dari sekarang. Berikut saran profesional bagi para fresh graduate yang ingin eksis dan bertahan di dunia kerja.


 


Bangganya kala Kita baru saja lulus dan menjadi seorang sarjana serta melepas semua predikat status mahasiswa untuk selamanya. Masalah datang ketika dihadapkan pada suatu keadaan dimana Kita harus mencari sebuah pekerjaan serta bersaing dengan para pekerja yang memiliki banyak pengalaman di dunia kerja. Yuk simak langkah praktis dari Kami untuk tetap bertahan hidup di belantara profesionalitas.


 


1. Negosiasi gaji perlu Anda pikirkan. Tetapkan sebuah angka yang masuk akal untuk standar gaji yang sesuai untuk Anda. Berpikir rasional karena tidak mungkin bersaing dengan standar ukuran gaji yang diperoleh para pekerja yang berpengalaman serta mempunyai jam terbang yang sudah tinggi. Ada baiknya sebelum bernegosiasi lakukan sebuah komparasi atau perbandingan melalui rekan seusia Anda yang telah lebih dahulu berkecimpung di dunia kerja. Ingatlah bahwa suatu waktu penghasilan Anda pasti akan meningkat seiring pengalaman yang bertambah di dunia kerja. Jadi awali dengan standar gaji yang masuk akal dan tingkatkan prestasi Anda agar nilai gaji kian meningkat.


 


2. Ikuti beberapa pelatihan singkat, seminar atau pelatihan ketrampilan karena sebuah sertifikat dapat menjadi senjata Anda untuk maju serta mengganti beberapa pengalaman kerja yang belum Anda miliki. Pihak personalia tentu akan lebih memilih calon pekerja yang mau terus belajar dan meningkatkan keahliannya yang tentunya bermanfaat bagi perusahaan Mereka.


 


3. Siapkan berkas resume yang sangat brilian untuk memperkenalkan diri dan keahlian yang Anda miliki kepada pihak pewawancara. Jangan sungkan untuk menjual diri Anda semaksimal mungkin karena setiap perusahaan tentu senang jika mempunyai karyawan yang penuh dengan rasa percaya diri tinggi.


 


 4. Gunakan bahasa tubuh yang baik saat diundang wawancara oleh sebuah perusahaan yang akan merekrut Anda. Sikap yang antusias, berani bersikap tapi tetap sopan dengan menjaga tata bahasa serta intonasi suara merupakan amunisi tepat agar bisa segera bergabung menjadi seorang karyawan.


 


5. Selalu tingkatkan wawasan dan keahlian Anda ketika sudah memasuki sebuah lingkungan kerja. Aktif dan selalu disiplin bisa menjadi poin tambahan bagi perusahaan untuk menaikan posisi dan gaji Anda.


 


Tak sulit bersaing dengan para pendahulu Anda jika memang tahu trik yang tepat untuk bertahan di dunia karir. Selamat bekerja dan cintailah pekerjaan Anda selalu. Hendro


 


Kirimkan pertanyaan atau info seputar karir ke email: [email protected]

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *