Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Asean Blogger dan Kartunet Peringati Hari Disabilitas Internasional 2012

ASEAN Blogger Community chapter Indonesia dalam usianya satu tahun mulai belajar untuk bisa senantiasa memberikan informasi dan pembelajaran yang bisa memberikan manfaat pada masyarakat. Pada akhir tahun ini tepatnya Sabtu tanggal 1 Desember 2012 ASEAN Blogger Community mengajak Blogger yang ada kawasan Jabodetabek dan sekitarnya untuk sharing dan diskusi tentang HIV/AIDS dan Disabilitas Day dengan mengambil tajuk ASEAN Blogger Community Peduli. Kegiatan ini dalam rangka Hari ADIS sedunia yang jatuh paa tanggal 1 Desember serta Hari Disabilitas sedunia yang jatuh pada tanggal 3 Desember dengan sponsor utama XL Axiata dan didukung oleh Kementrian Luar Negeri RI, Kementrian Komunikasi dan Informatika Ri, Komisi Penanggulangan AIDS, AIDS Watch Indonesia, Kartunet (Karya Tuna Netra), Taman Impian Jaya Ancol dan Blog Detik.

Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Tema peringatan HAS tahun ini adalah “Lindungi Perempuan dan Anak Dari HIV dan AIDS”. Puncak acara peringatan HAS Tahun 2012 di Indonesia akan diselenggarakan pada tanggal 11 Desember 2012. Diharapkan masyarakat dan terutama Blogger sebagai citizen jurnalism untuk berperan aktif menyebarkan kepedulian dalam meningkatkan perlindungan bagi perempuan, perempuan rentan terinfeksi HIV dan hal ini berdampak terhadap anak. Melalui tema ini diharapkan dapat menghapus stigma dan diskriminasi serta meningkatkan partisipasi laki-laki/suami dalam pemenuhan hak reproduksi perempuan sangatlah penting. Lakilaki/suami mempunyai peran yang penting ikut menjaga kesehatan reproduksi dirinya dan pasangannya.

Jumlah kumulatif kasus AIDS yang dilaporkan di Indonesia meningkat tajam dari 7.195 di tahun 2006 menjadi 76.879 di tahun 2011 (Kemkes, Laporan Situasi HIV dan AIDS di Indonesia, tahun 2006 dan 2011). Menurut estimasi nasional infeksi HIV tahun 2009, diperkirakan terdapat 186.257 orang terinfeksi HIV dan 6,4 juta orang berisiko tinggi terinfeksi HIV di Indonesia (Kemkes, Estimasi Penduduk Dewasa yang Berisiko Terinfeksi HIV, 2009). Dalam dua tahun terakhir, Pemerintah Indonesia makin berkomitmen melakukan upaya penanggulangan epidemi secara efektif untuk mencapai target, baik nasional maupun regional dan internasional.

Pertemuan KTT ASEAN ke-19 di bulan November 2011 dimanfaatkan untuk memobilisasi para Kepala Negara/Pemerintahan negara-negara ASEAN untuk menyatakan komitmennya terhadap tujuan ”an ASEAN with Zero new HIV Infection, Zero Discrimination and Zero HIV Related Deaths” yang diterjemaahkan menjadi “Tidak ada infeksi baru, tidak ada diskriminasi, tidak ada kematian akibat AIDS”pada tahun 2015.

Kegiatan penanggulangan HIV/AIDS tidak dapat dipisahkan dengan alat-alat pencegah masuknya virus HIV ke dalam tubuh. Seperti kondom dan jarum suntik steril, namun yang lebih penting lagi adalah hindari pasangan yang tidak sah dan pola hidup sex yang sehat. Kampanye anti AIDS harus selalu kita dengungkan untuk dapat mewujudkan eliminasi penyakit HIV/AIDS. Blogger siap menjadi DUTA AIDS dan ASEAN Blogger Community menjadi pilar terdepan dalam kepedulian terhadap AIDS sekaligus membantu pemerintah dalam pemberantasan AIDS.

Kuatnya stigma negatif dan tersisihnya penyandang disabilitas dari interaksi sosial membuat aspirasi mereka tak terdengar. Akibatnya, ada jarak yang menyebabkan masyarakat kurang memahami cara mendukung kebutuhan penyandang disabilitas, termasuk aksesibilitas ruang publik. Padahal aksesibilitas di berbagai bidang amat penting untuk melibatkan mereka dalam interaksi di masyarakat.

Perkembangan dunia internet, terutama blog, adalah peluang baik sebagai media promosi konsep-konsep disabilitas ke tengah masyarakat. Para blogger dapat menuangkan pemikiran dan melatih empati terhadap mereka melalui tulisan dalam blog. Selain itu, dapat terjadi diskusi antara penulis blog dengan pembaca blog mengenai tulisan yang dibuat. Dengan demikian, informasi mengenai isu-isu disabilitas akan tersebar, dan mendorong tumbuhnya pemahaman dan empati masyarakat terhadap penyandang disabilitas.

ASEAN Blogger Community chapter Indonesia menggandeng Kartunet Community (Kartunet.com) berinisiatif untuk menyambut hari penyandang disabilitas Internasional 3 Desember 2012 dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat pada isu disabilitas melalui media blog Hal tersebut sejalan dengan tema UN International Day for Person with Disability 2012 yaitu “Removing barriers to create an inclusive and accessible society for all

Akhir kata kepada semua pihak yang sudah membantu terselenggaranya acara ini ASEAN Blogger Community mengucapkan banyak terima kasih.

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *