Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Trik Menghadapi Type Rekan Kerja

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com – Sama seperti jejaring sosial, kehidupan di dunia kerja juga tak luput dari beragam type pekerja dengan watak yang berbeda. Simak yuk cara mengenali rekan sekerja serta trik menghadapinya.


Anda tentu saja kerap bekerjasama dalam sebuah tim kerja di kantor guna meraih target perusahaan yang sudah ditetapkan. Sama halnya dengan hidup bersosial, dunia kerja juga meliputi banyak karakter menarik yang harus diperhatikan agar suasana kerja nan kondusif kian tercipta. Mari teliti bersama sifat-sifat rekan kerja serta cara menghadapinya dengan bantuan para career coach berpengalaman berikut ini.


Si Pengalah


Rekan kerja jenis ini biasanya banyak ditemui di hampir semua instansi perusahaan. Sifat yang selalu menerima, kurangnya motivasi dan terkadang labil adalah beberapa karakter yang kerap ditemui dari si pengalah. Type ini biasanya membutuhkan bantuan rekan kerja yang juga bertindak sebagai mentor dan motivator agar jenis rekan kerja ini dapat maju bersama tim Anda.


Si Pencari Informasi


Type ini biasanya adalah jenis orang yang ekstrovet yang kerap ditemui di segala pertemuan kantor. Type penggembira ini selalu mencari tahu tentang semua hal yang bersifat apapun termasuk kehidupan pribadi para rekan kerja lain. Sebaiknya hindari percakapan yang bersifat pribadi ketika tengah bersama jenis rekan kerja ini. Saran terbaik tempatkan si pencari tahu ini sebagai tenaga relationship yang handal berkomunikasi dengan banyak orang.


Si Kompetitif


Jenis ini biasanya amat perfeksionis dan selalu memiliki standar tinggi dalam bekerja. Type ini memiliki kecenderungan untuk mengambil jalan belakang untuk meraih apa yang diinginkannya. Type pemimpin ini seharusnya berada dalam posisi level tertinggi dalam sebuah tim karena Ia mampu memimpin sebuah proyek dengan baik.


Si Ambisius


Berbeda dengan kompetitif, biasanya type ini bekerja hanya untuk mencapai target pribadi saja. Sifat egois tampak jelas terlihat dari si ambisius. Saran tepat adalah jadikan Ia sebagai seorang negotiator atau coordinator dalam sebuah tim karena Ia selalu tahu apa yang terbaik bagi timnya.


 


Trik Mudah Mengatas Rekan Kerja


Kini Anda sudah tahu beragam type pekerja dalam tim Anda. Ini panduan praktis menghadapinya.


 


1. Luangkan waktu bersama diluar jam kerja agar suasana pertemanan kian erat dan berkesempatan untuk saling mengenal karakter.


2. Gunakan cara persuasif untuk menegur type rekan kerja yang bermasalah. Jangan pernah menyerang tapi gunakan bahasa pengantar yang tepat dan bersahabat.


3. Cari tahu kelebihan Mereka dan berikan pujian untuk memenangkan hati Mereka.


4. Lakukan evaluasi di setiap akhir bulan agar semua tim tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing guna hasil lebih maksimal.


Cobalah praktekkan hal ini dalam lingkungan kerja Anda dan Anda pun tak mustahil dapat menjadi seorang manajer yang baik yang bukan saja mampu menangani sebuah proyek tapi juga merangkul semua tim kerja dengan maksimal. Hendro


 


Kirimkan info dan pertanyaan seputar karir dan dunia kerja ke email : [email protected]

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *