Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

YEP Camp akan Melatih 20 Pemuda Ecopreneur Baru

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta – Isu lingkungan menjadi salah satu perhatian dunia saat ini. Berbagai aspek perlu mempertimbangkan kelestarian alam, tak terkecuali di sektor bisnis. Untuk melahirkan para wirausahawan muda berwawasan lingkungan, hadir program bertajuk Youth Ecopreneur Camp yang hendak melatih 20 pemuda di Jawa Barat untuk menjadi Ecopreneur.

Apa itu YEPCamp?

Youth EcoPreneurship Camp(YEPCamp) merupakan sebuah kamp pelatihan dan pengembangan kewirausahaan yang berlangsung intensif selama 2 hari dengan mengusung konsep ecopreneurship. Program ini ditujukan bagi anak-anak muda Indonesia dengan potensi kewirausahaan tinggi yang terkendala oleh keterbatasan ekonomi. Dengan mengikuti program ini, anak-anak muda Indonesia yang terpilih menjadi peserta program diharapkan dapat menambah wawasan serta keterampilan yang mereka perlukan untuk membantu mereka merealisasikan ide-ide bisnis cerdas ramah lingkungan yang mereka miliki.

Berbeda dengan program pelatihan kewirausahaan pada umumnya yang hanya bertujuan memunculkan calon wiraswasta potensial guna menciptakan lapangan kerja baru, YEPCamp hadir dengan membawa serta misi meningkatkan kesadaran lingkungan hidup bagi anak muda Indonesia. Melalui program ini, para peserta ditantang untuk memanfaatkan peluang penyelamatan dan pemeliharaan lingkungan dalam rencana bisnis mereka, selain menyertakan nilai-nilai lokal yang mereka jumpai di daerah asal mereka.

Di program perdana ini, YEPCamp memfokuskan penjaringan 20 calon peserta dari daerah-daerah prasejahtera di kawasan Jawa Barat dengan latar belakang fakta bahwa Jawa Barat merupakan provinsi terpadat di Indonesia dengan angka pengangguran tertinggi. Di masa mendatang, YEPCamp berencana untuk memperluas cakupan wilayah asal peserta dengan menargetkan daerah-daerah “potensial” lainnya di Indonesia.

Merasa tertantang? Penuhi persyaratan berikut, , dan segera daftarkan dirimu menjadi salah satu peserta YEPCamp 2014!

SYARAT PESERTA

  1. Warga Negara Indonesia, berusia 15-25 tahun pada saat program berlangsung (3-4 Mei 2014)
  2. Berdomisili di Provinsi Jawa Barat
  3. Peserta memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari latar belakang ekonomi yang kurang memadai
  4. Memiliki kemampuan Bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang baik
  5. Inovatif, kreatif, dan berkomitmen tinggi
  6. Berjiwa wirausaha serta beraspirasi melakukan aksi positif bagi lingkungan maupun komunitas di sekitarnya
  7. Jika sudah memiliki pengalaman berbisnis/berwirausaha, lama pengalaman tersebut adalah selama 1 tahun atau kurang
  8. Bersedia dibina dan melakukan konsultasi secara intensif oleh tim YEPCamp selama proses implementasi bisnis bersama dengan pihak organisasi/lembaga masyarakat yang relevan (jika ada)
  9. Peserta bersifat individual dan bukan kelompok
  10. Peserta dapat mengajukan diri sendiri atau direkomendasikan oleh organisasi/lembaga masyarakat yang relevan di mana peserta merupakan salah satu anggotanya (ketentuan mendetail dapat dibaca pada bagian selanjutnya)
  11. Wajib menyediakan 2 referensi (mis. ketua RT/RW/guru/rekan kerja/dan lain-lain) yang dapat dihubungi dan tidak diperbolehkan memiliki hubungan darah
  12. Bersedia secara jasmani dan rohani mengikuti acara YEPCamp pada tanggal 3-4 Mei 2014

 

SYARAT ORGANISASI/LEMBAGA MASYARAKAT YANG RELEVAN

  1. Bergerak di bidang pemberdayaan pemuda Indonesia dan dianjurkan (namun tidak wajib) berfokus pada pemuda Indonesia yang memiliki keterbatasan finansial (mis. yayasan yatim piatu, yayasan anak jalanan)
  2. Bersedia dihubungi dan diwawancarai terkait profil organisasi maupun peserta yang direkomendasikan
  3. Bersedia dan berkomitmen mendampingi dan membantu para peserta yang direkomendasikan dalam menjalankan usahanya, baik secara teknis (pelaksanaan) maupun nonteknis (pembinaan dan konsultasi)

KETENTUAN PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN

Semua kolom WAJIB diisi, kecuali pada bagian formulir yang meminta untuk menyertakan data organisasi / komunitas / lembaga swadaya masyarakat yang relevan. Jika tidak terafiliasi / tergabung dengan organisasi / komunitas / lembaga swadaya masyarakat, tidak harus diisi

 

Setelah formulir pendaftaran telah selesai diisi, peserta WAJIB menuliskan nama kota, tanggal pengisian, serta nama jelas di bagian bawah formulir pada ruang yang telah disediakan.

MEKANISME PENYERAHAN FORMULIR

  1. Setelah formulir pendaftaran YEPCamp telah diisi lengkap, silakan kirimkan formulir tersebut secara elektronik selambat-lambatnya hari Sabtu, tanggal 26 April 2014, pukul 23.59 WIB ke alamat surel berikut: [email protected]
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *