Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

21, Keluarga Prematur yang Selalu Akur

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga
Malam indah di Pantai Jungwok
Malam indah di Pantai Jungwok
Hallo Kakak! Kami setia menunggu kedatanganmu bermain bersama!
Hallo Kakak! Kami setia menunggu kedatanganmu bermain bersama!

 

Saya memiliki beberapa cerita dan pengalaman menarik bersama sekumpulan manusia yang memang sudah ditakdirkan Tuhan untuk memberi pelajran penting pada saya.

Sekumpulan manusia ini terkumpul menjadi satu wadah bernama Keluarga Dewan Ambalan angkatan 21. Dewan Ambalan merupakan organisasi yang bergerak di bidang Kepramukaan. Di mana setiap angkatan merupakan satu keluarga. Namun, tidak hanya satu angkatan, tetapi semua angkatan merupakan keluarga. Keluarga yang sebenarnya terbentuk atas sebuah kesepakatan untuk berkembang bersama. Kami di sini berkumpul untuk saling berbagi, mengenal, belajar, hingga mencetak sejarah bersama dan menulis cerita pengalaman yang berguna.

Selama saya mengenal 52 orang dalam angkatan 21, saya telah banyak belajar. Bagaimana sifat kepribadian seseorang, sikap dalam kelompok, dan berteman dengan banyak individu dengan macam sifat pula. Saya pun dapat mengembangkan minat dan bakat, meningkatkan kemampuan public speaking, serta menambah wawasan bersama orang baru. Saya selalu terinspirasi oleh banyak hal, banyak pribadi, dan banyak cerita. Oleh karena itu terinspirasi tidak selalu kepada satu pribadi saja, terkadang hidup dalam sebuah lingkungan yang menantang juga menjadi sebuah inspirasi dan pengalaman.

Mereka mengajarkan saya banyak hal, seperti bertahan hidup dalam banyak cobaan, tertawa dalam setiap keadaan, dan berkembang seiring berjalannya waktu. Mereka memiliki berbagai pengalaman pribadi dan keunggulan tersendiri. Ada yang mahir berkomunikasi dalam bahasa asing, pandai menari, menulis, gemar menghitung, mendaki, berolahraga, dan sebagainya. Keahlian mereka inilah yang mereka tularkan menjadi sebuah manfaat bagi semua anggota. Yang saya kagumi adalah kebersamaan yang terjalin erat, saling mendukung, dan merasa senasib. Itulah yang membuat kita selama ini dapat terus bersama dan bersama.

Kami pun tidak menutup diri di lingkungan luar, kami justru lebih belajar di luar dan berdiskusi dalam forum kami sendiri. Saling percaya dan peduli menjadi kunci kami untuk memahami antar individu. Karena setiap individu memiliki perbedaan, maka perlu adanya kepedulian dan pengertian terhadap satu sama lain. Pun bagi yang lain, harus memiliki pengertian yang sama terhadap anggota lain.

Telah banyak cerita dari saya dan 21. Banyak sekali kegembiraan, kecemburuan, canda tawa, bahkan cobaan. Saya melewati semuanya dengan ikhlas bersama orang-orang yang telah menginspirasi saya. Inspirasi untuk bertahan, mencoba maju, dan terus berkembang di manapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun. Mereka juga mengajarkan untuk terus menjadi individu bermanfaat karena saya memiliki makrifat. Jangan sampai tali kekeluargaan hancur karena sedikit saja salah paham. Anggap semua teman adalah keluarga, anggap semua pembelajaran sebagai hal penting, dan anggap semua takdir Tuhan sebagai jalan terbaik. Berhenti mengeluh, mencoba berdiri di atas tanpa merendahkan yang masih di bawah, menjadi terdepan tanpa menjengkang yang di belakang. Tapi berdiri di atas untuk melihat dunia luas, mensyukuri ciptaan Tuhan, menjadi yang didepan untuk memimpin dan memandu teman yang baru, berbagi pengalaman dan cerita yang bermutu.

Cerita inilah yang benar-benar saya anggap sebagai pengalaman kehidupan yang menarik dan berguna. Suatu saat yang pasti saya akan menemukan lebih banyak orang yang akan lebih banyak menginspirasi saya. Namun, tetap 21 sebagai keluarga prematur pertama dan salah satu keluarga yang sangat saya cintai dan banggakan. Semoga yang sedikit ini bermanfaat, karena saya mencoba menyebarkan sedikit makrifat melalui kalimat.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *