Hindari Kehilangan File-File Penting dengan DropBox

Hindari Kehilangan File-File Penting dengan DropBox (logo DropBox)

Jakarta – Saat ini sudah lumrah orang punya lebih dari satu perangkat komputer. Misal di rumah ada PC, lalu untuk bekerja atau ke kampus/sekolah bawa laptop, dan ditambah lagi smartphone yang jumlahnya dapat lebih dari satu. Tentu akan repot sekali ketika sedang mengerjakan sesuatu, lalu file kita simpan di flashdisk untuk melanjutkannya di perangkat lain. Namun saat ini kita dapat menitipkan file-file kita di atas awan dengan bantuan DropBox.

Apa sih DropBox itu? Istilahnya teknologi ini dinamakan Cloud Storage atau penyimpanan awan. Disebut seperti itu karena file-file yang kita titipkan di DropBox bukan disimpan dalam hardisk PC/laptop atau memori SmartPhone kita, melainkan di sebuah server penyimpanan yang entah dimana yang terhubung oleh perangkat kita melalui jaringan internet. Hal ini memungkinkan kita dapat mengakses file-file kita dengan berbagai perangkat asal ada sambungan internet.

Ketika kamu sudah memiliki akun DropBox, kamu akan memiliki ruang penyimpanan sekitar 2Gb. Kapasitas tersebut dapat kamu isi dengan berbagai jenis file dari mulai dokumen, musik, program, dll. Namun jangan khawatir ruang sebesar itu masih dapat ditambah lagi secara gratis dengan mengajak teman-teman lain untuk menggunakan DropBox.

Kamu dapat mengakses file-file tersebut dari web browser atau dengan install aplikasi DropBox di PC/laptop atau SmartPhone. Apabila kamu pasang aplikasi DropBox di PC/Laptop, maka tiap file yang disimpan di folder DropBox dalam hardisk, akan tersinkronisasi otomatis dengan ruang penyimpanan kita di akun DropBox. Jadi kamu tak perlu khawatir kehilangan file-file penting seperti draft skripsi atau pekerjaan ketika lokasi penyimpanannya adalah di folder DropBox. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada komputer kamu, seperti kerusakan hardisk atau hilang, maka kamu dapat mengunduh kembali file tersebut dari DropBox.

Lebih keren lagi, jika kamu install aplikas DropBox di Smartphone Android atau iOs, maka kamu dapat dengan mudah memindahkan file dari HP ke PC/Laptop tanpa harus pakai kabel-kabel atau BlueTooth. Ketika kamu dapat kiriman file via Whatsapp misalnya, lalu kamu ingin menyimpan dan membacanya di komputer, kamu cukup share dan save to DropBox file tersebut. Maka secara otomatis file akan tersimpan pada folder DropBox di PC/Laptop. Selain itu juga, kamu pun dapat akses file-file yang tersimpan dimanapun dengan Smartphone sehingga pekerjaan kamu dapat dilakukan secara mobile.

Sudah tak perlu tunggu lagi, segera install aplikasi ini dengan registrasi dulu sebelumnya di sini. Tak akan ada lagi pusing tujuh keliling karena file penting hilang atau kesulitan untuk melanjutkan pekerjaan ketika sedang berada di luar rumah. (DPM)

Last Updated on 5 tahun by Dimas Prasetyo Muharam

Oleh Dimas Prasetyo Muharam

Pemimpin redaksi Kartunet.com. Pria kelahiran Jakarta 30 tahun yang lalu ini hobi menulis dan betah berlama-lama di depan komputer. Lulus dari jurusan Sastra Inggris Universitas Indonesia 2012, dan pernah merasakan kuliah singkat 3 bulan di Flinders University, Australia pada musim semi 2013. Mengalami disabilitas penglihatan sejak usia 12 tahun, tapi tak merasa jadi tunanetra selama masih ada free wifi dan promo ojek online. Saat ini juga berstatus PNS Peneliti di Puspendik Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kunjungi blog pribadinya di www.dimasmuharam.com.

3 komentar

  1. Klo saya g punya data yg penting” bngt gan.
    Yg palung penting ijap sah, klo g punya itu bisa di grebeg satpol pp di hotel…….hhhhh.
    Just kidding

  2. Saya bisa membantu anda menambah space dropbox seperti mengundang teman dengan cepat, hanya dengan biaya Rp. 200.000,- saja. Dan itu untuk permanent, tidak akan hilang. Dengan kata lain saya bisa menambahkan dengan melakukan invitations itu dengan cepat, sehingga cepat mendapat maksimum 16GB. Jadi nanti total space anda akan menjadi 18GB.
    Silahkan wa atau hub 082114235388 atau 081905527331 (khusus telp). 🙂

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *