MENGATASI KETERBATASAN TANPA BATAS
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Hindari Kehilangan File-File Penting dengan DropBox

Jakarta – Saat ini sudah lumrah orang punya lebih dari satu perangkat komputer. Misal di rumah ada PC, lalu untuk bekerja atau ke kampus/sekolah bawa laptop, dan ditambah lagi smartphone yang jumlahnya dapat lebih dari satu. Tentu akan repot sekali ketika sedang mengerjakan sesuatu, lalu file kita simpan di flashdisk untuk melanjutkannya di perangkat lain. Namun saat ini kita dapat menitipkan file-file kita di atas awan dengan bantuan DropBox.

Apa sih DropBox itu? Istilahnya teknologi ini dinamakan Cloud Storage atau penyimpanan awan. Disebut seperti itu karena file-file yang kita titipkan di DropBox bukan disimpan dalam hardisk PC/laptop atau memori SmartPhone kita, melainkan di sebuah server penyimpanan yang entah dimana yang terhubung oleh perangkat kita melalui jaringan internet. Hal ini memungkinkan kita dapat mengakses file-file kita dengan berbagai perangkat asal ada sambungan internet.

Ketika kamu sudah memiliki akun DropBox, kamu akan memiliki ruang penyimpanan sekitar 2Gb. Kapasitas tersebut dapat kamu isi dengan berbagai jenis file dari mulai dokumen, musik, program, dll. Namun jangan khawatir ruang sebesar itu masih dapat ditambah lagi secara gratis dengan mengajak teman-teman lain untuk menggunakan DropBox.

Kamu dapat mengakses file-file tersebut dari web browser atau dengan install aplikasi DropBox di PC/laptop atau SmartPhone. Apabila kamu pasang aplikasi DropBox di PC/Laptop, maka tiap file yang disimpan di folder DropBox dalam hardisk, akan tersinkronisasi otomatis dengan ruang penyimpanan kita di akun DropBox. Jadi kamu tak perlu khawatir kehilangan file-file penting seperti draft skripsi atau pekerjaan ketika lokasi penyimpanannya adalah di folder DropBox. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada komputer kamu, seperti kerusakan hardisk atau hilang, maka kamu dapat mengunduh kembali file tersebut dari DropBox.

Baca:  Cara cepat Menghapus Spam di Komentar Wordpress

Lebih keren lagi, jika kamu install aplikas DropBox di Smartphone Android atau iOs, maka kamu dapat dengan mudah memindahkan file dari HP ke PC/Laptop tanpa harus pakai kabel-kabel atau BlueTooth. Ketika kamu dapat kiriman file via Whatsapp misalnya, lalu kamu ingin menyimpan dan membacanya di komputer, kamu cukup share dan save to DropBox file tersebut. Maka secara otomatis file akan tersimpan pada folder DropBox di PC/Laptop. Selain itu juga, kamu pun dapat akses file-file yang tersimpan dimanapun dengan Smartphone sehingga pekerjaan kamu dapat dilakukan secara mobile.

Sudah tak perlu tunggu lagi, segera install aplikasi ini dengan registrasi dulu sebelumnya di sini. Tak akan ada lagi pusing tujuh keliling karena file penting hilang atau kesulitan untuk melanjutkan pekerjaan ketika sedang berada di luar rumah. (DPM)

Kartunet.com adalah media warga, seluruh konten berupa tulisan, foto, audio, atau video yang diterbikan melalui situs ini menjadi tanggung jawab penuh dari kontributor.

3 Comments

Tuliskan komentar Anda di sini. Semakin banyak Anda berkomentar, maka jadi input buat kami