Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Penting, Menggunakan Fitur Share di Kartunet

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Pelatihan kelas social media di KartunetDi era socialmedia seperti saat ini, selain dapat menemukan sebuah artikel dari mesin pencari seperti Google, lzimnya tautan juga dibagikan melalui Twitter atau Facebook. Cukup dengan buat twit atau update status, paste tautan ke postingan, maka seluruh followers Twitter dan friends Facebook kamu akan tahu tulisan tersebut. Selain itu, ada satu fitur lagi yang sebetulnya cukup penting yaitu dengan Google+. Maka, diimbau kepada seluruh pembaca, agar membantu menyebarkan tulisan-tulisan yang ada di Kartunet.com melalui fitur share yang muncul di atas isi tulisan.

Agar proses sharing tidak rumit, ada baiknya kamu sudah login di Facebook, Twitter, serta Google+ sebelum masuk ke Kartunet.com. Jika perlu beri tanda check pada “remember me on this computer”, agar tidak perlu memasukkan user dan password berulang-ulang. Agak berbeda dengan Google+. Kamu cukup login ke email gmail kamu di browser yang sama. Saat ini, tiap pengguna email email sudah otomatis dibuatkan pula account Google+.

Mungkin tak ada kesulitan berarti bagi orang awas untuk berbagi tulisan via fitur sharing. Bagi pengguna screen reader, ada beberapa tips yang dapat diikuti.

  • Fitur untuk share letaknya persis di bawah judul tulisan, setelah iklan Google Adsense.
  • Secara urutan, ketikamenekan panah ke bawah, maka yang terbaca duluan adalah Google+, diikuti oleh facebook like button, lalu Twit share.
  • Untuk Google+, ketika screen reader mengatakan “+1 frame”, tekan enter pada “+1 button”. Lalu, update screen dengan tekan insert+escape, lalu tekan ctrl+end untuk navigasi ke bagian bawah layar. Tekan panah atas nanti akan ada “share button”. Tekan enter di sana, dan selesai memberikan +1.
  • Untuk Facebook like, tekan enter pada kata “like button” atau “button” saja yang ada di frame FB.
  • Sedangkan untuk Twit share, pada frame Twitter twit button, tekan enter pada link “twit”. Lalu browser akan membuka halaman baru, kemudian tekan enter pada “twit button”.

Alasan kami meminta bantuan Kartuneters semua untuk gunakan fitur sharing adalah agar semakin banyak orang yang membaca tulisan-tulisan informatif di Kartunet.com. Tiap kita tentu punya jejaring teman masing-masing di social media. Dari lingkungan kecil itulah apabila kita melakukannya bersama-sama, maka akan berlipat-lipat jumlah pembacanya. Apalagi dengan sharing tulisan informatif dari Kartunet.com via account social media kamu, maka teman, sahabat, kenalan, orang tua, akan tahu pula mengenai isu disabilitas yang kita perjuangkan. Sebab mereka itulah sasaran utama darik ampanye yang kita lakukan. Tanpa dukungan orang-orang terdekat, langkah kita tak akan lebihc epat.

Berbeda untuk Google+, bukan hanya berbagi pada teman yang sudah bergabung di Google+, melainkan juga untuk meningkatkan ratting di search Google. Semakin banyak +1 pada sebuah tulisan, makin besar peluangnya untuk tampil di halaman pertama Google. Hal itu akanm embantu orang-orang yang sedang mencari informasi dengan keyword seputar isu disabilitas agar segera menuju ke situs Kartunet.com

Semoga semua kontribusi kita di Kartunet.com ini, menjadi berkah bagi kita semua. Tulisan bagus tanpa pembaca bagai bunga cantik di dalam plastik hitam. Mari semuanya bersama gerilya untuk berbagi dan menyebar-luaskan informasi mengenai disabilitas ke publik.(DPM)

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *