Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Ini fitur Aksesibilitas pada Gadget yang Tak Anda Sadari

Jakarta, Kartunet – Mungkin selama Anda menggunakan gadget tak menyadari bahwa ada fitur-fitur aksesibilitas yang dapat membantu orang-orang berkebutuhan khusus. Anda juga mungkin tak menyangka, dengan fitur tersebut seseorang dengan keterbatasan penglihatan (tunanetra) jadi dapat menggunakan gadget yang sama dengan yang Anda gunakan saat ini.

Pernahkah Anda bertanya untuk apa tonjolan di atas huruf F dan J pada keyboard PC atau laptop Anda? Tonjolan pada kedua huruf tersebut adalah patokan untuk para tunanetra dalam mengetik.

Karena tak dapat melihat simbol huruf pada tiap tombol, mereka harus menghafal posisi tiap tombol yang ada. Untuk itu digunakan teknik mengetik sepuluh jari dengan menempatkan jari telunjuk kiri pada huruf dan jari telunjuk kanan pada huruf J. Selanjutnya, mengetik dapat dilakukan dengan lancar menggunakan sepuluh jari yang ada.

Lalu, apakah Anda menyadari bahwa pada numpad telepon, handphone, atau di mesin ATM, ada juga tonjolan pada angka 5? Yap, itu pun salah satu fitur aksesibilitas yang dapat membantu para tunanetra. Dengan berpatokan pada angka 5, maka akan mudah diketahui dimana posisi angka 1 yang ada di kiri atas, 6 yang ada di persis sebelah kanan, 7 di kiri bawah, dan seterusnya.

Akan tetapi fitur di atas bukan hanya bermanfaat untuk penyandang disabilitas netra. Untuk Anda yang tidak berkebutuhan khusus pun akan terbantu dengan adanya tonjolan di atas keyboard atau numpad. Misal di numpad telepon atau mesin ATM. Dengan membiasakan diri meraba tonjolan pada angka 5, Anda tak perlu harus mengintip ke atas numpad untuk memastikan angka apa yang Anda tekan. Setelah pasti bahwa patokan Anda adalah tonjolan di atas angka 5, maka proses menekan tombol demi tombol dapat lebih cepat.

Lebih jauh, apakah Anda juga tahu bahwa smartphone Android dan iOs Anda dapat digunakan oleh tunanetra? Jika belum, bersiaplah terkejut karena Anda akan menui smartphone itu benar-benar bisa bicara. Ini bukan fitur Siri pada iOs atau Robin di Android, tapi memang benar-benar bicara menyebutkan apapun yang Anda sentuh dan perintahkan.

Pada perangkat dengan operating system iOs seperti iPhone atau iPad, ada fitur yang dinamakan Voice Over. Anda dapat langsung mengaktifkannya dengan masuk ke Setting >> General >> Accessibility >> Voice Over on. Selanjutnya, smartphone Anda akan berbicara dan menyebutkan apapun yang Anda sentuh dengan gestur-gestur jari tertentu. Voice Over akan membacakan SMS, mengetik pesan, membaca Tweet, Facebook, BBM, Whatsapp, dan aplikasi serta fitur lainnya di smartphone Anda. Begitu pula pada Android fitur ini terdapat pada aplikasi Talkback.

Voice Over dan Talkback ini sejatinya tidak hanya bermanfaat untuk para tunanetra. Untuk Anda yang bukan tunanetra pun dapat menggunakannya apabila sedang malas membaca E-book atau SMS, dan ingin agar Voice Over yang membacakannya untuk Anda. Pilihan bahasa yang digunakan pun dapat disesuaikan dengan bahasa teks yang dibaca. Secara default ada Bahasa Inggris, tapi Anda juga dapat pilih Bahasa Indoensia, Perancis, Jepang, dan banyak lainnya.

Apakah Anda sudah menyadari bahwa smartphone Anda ternyata lebih dari sekedar ‘smartphone’? Jika belum mencoba, cobalah sekarang dan rasakan pengalaman baru dengan Smartphone Anda.(DPM)

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *