Ikut Membangun Bangsa dari Pendidikan

Poster NFEC2014Jakarta, Kartunet – Target Pembangunan Milenium atau Millenium Development Goals (MDGs) tahun 2015 yang dicanangkan negara-negara anggota PBB sudah hampir berakhir dan akan digantikan dengan target pembangunan berkelanjutan 2015. Menjadi peran pemuda, sebagai generasi penerus, untuk turut serta memastikan pembangunan dunia ini berjalan ke arah yang berkelanjutan. Salah satu upaya itu dilakukan oleh sekelompok anak muda dalam Youth Educators Sharing Network (Youth ESN) yang menyelenggarakan konferensi pendidik muda.

National Future Educators Conference (NFEC) Adalah sebuah konferensi berskala nasional yang mempertemukan para pemuda terpilih di seluruh Indonesia untuk saling bertukar wawasan dan pendapat mengenai isu terkini yang tengah hangat dibicarakan. Di tahun ke-3 ini NFEC mengusung tema “Youth and Post 2015: Developing Indonesia’s Best Path for Sustainable Acceleration”. Dalam NFEC 2014 akan ada 4-5 orang perwakilan dari setiap provinsi seluruh Indonesia yang akan berdiskusi, berbagi pengalaman dan ide untuk membangun bangsa selama 2 hari 1 malam.

Lokasi & Tanggal

  • Pusat Pelatihan Kementrian Dalam Negeri, Kalibata, Jakarta Selatan.
  • 25-26 Oktober 2014
  • 09:00 s.d. selesai

Topik
Kegiatan yang dilakukan juga beragam, seperti seminar, workshop, study case, NFEC cafe, serta malam keakraban. Seluruh peserta terpilih akan terbagi ke dalam 4 topik diskusi, yaitu:

  1. Nature (Lingkungan)
    2. Well Being (Kesejahteraan)
    3. Economic (Ekonomi)
    4. Social (Sosial)

Konferensi ini ditujukan untuk pemuda/i, pelajar maupun mahasiswa yang berumur 16-25 tahun yang sudah melaksanakan ataupun memiliki ide proyek untuk membangun Indonesia, khususnya bidang Pendidikan.

Setelah konferensi, setiap perwakilan akan berkumpul sesuai provinsinya dan bersinergi untuk membentuk sebuah strategi pembangunan baru yang dapat diimplementasikan dalam sebuah projek. Tiga projek terbaik akan diberikan penghargaan berupa sertifikat dan dana untuk melaksanakan projek tersebut.

Pendaftaran Konferensi
gelombang 1 (sudah ditutup) sedangkan gelombang 2 pada 1 September – 30 September 2014. Untuk informasi lebih lanjut:

Website               : www.youth-esn.org/nfec-2014
Twitter                 : @Youth_esn.
Facebook            : Youth ESN

Mari ikut membangun bangsa dari pendidikan dengan berpartisipasi dalam NFEC 2014. Menjadi pembawa perubahan dari usia muda, akan lebih baik karena masa depan bangsa ada di atas bahu para pemudanya. Seperti moto dari NFEC 2014, “Muda, Mendidik, Membangun Bangsa”.(DPM)

Last Updated on 8 tahun by Redaksi

Oleh Dimas Prasetyo Muharam

Pemimpin redaksi Kartunet.com. Pria kelahiran Jakarta 30 tahun yang lalu ini hobi menulis dan betah berlama-lama di depan komputer. Lulus dari jurusan Sastra Inggris Universitas Indonesia 2012, dan pernah merasakan kuliah singkat 3 bulan di Flinders University, Australia pada musim semi 2013. Mengalami disabilitas penglihatan sejak usia 12 tahun, tapi tak merasa jadi tunanetra selama masih ada free wifi dan promo ojek online. Saat ini juga berstatus PNS Peneliti di Puspendik Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kunjungi blog pribadinya di www.dimasmuharam.com.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *