Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

JELAJAHI DUNIA DALAM GULITA

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Sebagai tunanetra, Anda tentu banyak mengalami kesulitan dalam berjalan di luar rumah. Tercebur ke got mungkin menjadi hal yang paling ditakuti. Saya sendiri pernah jatuh ke got sedalam sekitar dua setengah meter. Menabrak kendaraan parkir atau gerobak dagangan, mungkin sudah tak asing. Itu pun sering saya alami, bahkan beberapa kali menyebabkan luka. Atau yang paling ringan mungkin menginjak genangan air. Itulah penderitaan yang tunanetra rasakan bila berjalan di luar rumah. Meski banyak rintangan, mau tidak mau semua harus kita hadapi. Sudah tunanetra tentu kita tidak ingin jadi narapidana di rumah kita sendiri.

 

Namun kini, semua kesulitan itu bukan lagi menjadi masalah. Berawal dari kegalauan penderitaan dalam bermobilitas, Proposor Godel Wiliams, seorang tunanetra total sejak kecil telah menciptakan mobil stik. Mobil stik adalah sebuah alat berupa tongkat canggih. Tongkat ini akan menemani tunanetra dalam bermobilitas kemana saja. Mobiil stik akan menggantikan tongkat klasik yang sudah sejak lama kita pakai dalam berpergian.

 

Alat ini berbentuk tongkat biasa. Stik tongkat terbuat dari plat baja ringan berlapis karet. Ukuran panjang stik dapat diatur, sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna. Ujung bawah tongkat dilengkapi alat berbentuk mobil pandu dengan ukuran panjang 10 cm, lebar 5 cm dan tinggi 3 cm. Mobil pandu ini layaknya seperti mobil biasa, memiliki roda dan dapat berjalan. Oleh sebab itu alat ini diberi nama mobil stik karena terdiri dari dua bagian, yakni tongkat/stik dan mobil pandu. Stik berfungsi menghubungkan tangan tunanetra dengan mobil mini. Sedangkan mobil pandu berfungsi menuntun tunanetra dalam berjalan.

 

Pada bagian atas stik terdapat tombol-tombol, lampu dan roda-roda  penggulir. Lampu dipergunakan untuk menyebrang jalan dan membantu saat malam hari. Pengguna jalan yang lain dapat tahu kalau tunanetra hendak menyebrang. Selain itu tunanetra terlihat akan terkihat jika sedang berjalan di malam hari maupun di tempat gelap.  Roda-roda  penggulir berfungsi untuk mengatur kecepatan dan arah jalan mobil mini, apakah akan berbelok ke kiri atau ke kanan. Stik juga dilengkapi sensor getar yang akan bergetar jika terdapat hambatan atau bahaya disekitarnya.

 

Kerangka mobil pandu terbuat dari plat baja ringan, anti karat dan tahan benturan keras. Disekeliling mobil terdapat viberglass. Mobil pandu ini memiliki tiga buah roda yang terbuat dari karet mentah dengan diameter 7  cm. Bodi mobil pandu dibuat sangat rapat sehingga sulit dimasuki air maupun kotoran seperti pasir dan tanah. Didalam mobil pandu terdapat enam buah nano kamera (kamera yang berukuran sangat kecil), memori, sensor, speaker kecil, mesin dinamo  dan baterai.

 

Nano kamera berfungsi memantau kondisi di kiri, kanan, depan, belakang, bawah dan atas. Kamera akan mengidentifikasi adanya hambatan seperti lubang, batu, genangan air, dinding, tiang portal dan lainnya. Nano kamera dapat memantau hingga cakupan area 15 meter persegi, termasuk ruang diatas. Hasil pantauan kamera tersebut akan disampaikan ke alat sensor yang kemudian akan menggerakan mobil untuk menghindar dari hambatan. Informasi juga disampaikan dalam bentuk getaran pada stik dan suara bip pada speaker.

 

Memori berfungsi menyimpan data perjalanan. Jika hendak pergi ke tempat yang sama atau melalui tempat yang sama, kita tidak perlu repot lagi. Cukup membuka data yang sudah tersimpan, mobil stik akan menuntun kita ke tempat tujuan. Data ini pun dapat dipertukarkan dengan pengguna mobil stik yang lain. Data juga dapat disalin keperangkat lain, sehingga dapat disimpan. Baterai berfungsi sebagai sumber energi dari seluruh peralatan dalam mobil stik (meliputi: kamera, alat sensor dan mesin penggerak). Baterai ini dapat diisi ulang, dan mampu menyimpan energi hingga 12 jam. Mesin dinamo bertugas menggerakan roda hingga kecepatan 50 m/s.

 

Stik dan mobil mini dapat dilepas dan dipasang, sehingga mudah dibawa. Stik juga bisa digunakan secara klasik. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan papan ketik nirkabel yang bersuara. Papan ketik nirkabel berfungsi untuk mengatur mobil pandu, seperti menyimpan dan membuka file, mengecek baterai, jarak perjalanan dan lainnya.

 

Cara menggunakan alat ini ialah: pasangkan stik pada mobil pandu, putar roda penggulir kecepatan dan atur kecepatan sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Jika tidak, maka mobil stik dapat menyeret Anda. Lalu tekan tombol maju pada penampang atas stik. Mobil pandu akan bergerak perlahan hingga mencapai kecepatan yang sudah ditentukan. Tekan tombol maju untuk menghentikan dan menggerakan kembali mobil stik.

 

Jika di jalan Anda menemui lubang atau batu, maka mobil stik akan menghindar dan mencarikan jalan yang aman buat anda. Tetapi jika tidak ditemukan jalan karena tertutup seperti tembok atau parit yang melintang, maka mobil stik akan berhenti perlahan-lahan dan mengeluarkan suara bip yang cepat. Putar roda pengulir arah hingga menemukan jalan yang aman. Jika tidak juga berhasil, Anda harus memantau sendiri jalan di depan.

 

Jika Anda bertemu dengan belokan, baik pertigaan atau perempatan, maka mobil stik akan berhenti dan menginformasikan dalam bentuk suara bip dua kali secara terus menerus hingga Anda menentukan arah. Bila hendak menyebrang, tekan tombol lampu. Lampu akan menyala serta suara bip panjang hingga anda mematikan lampu dengan tombol yang sama.

 

Kalau hendak pergi kesuatu tempat yang sudah sering dikunjungi atau  dilewati, Anda dapat mengatur rencana perjalanan. Sebelum berangkat, aturlah arah. Gunakan papan ketik neirkabel, buka file data perjalanan yang sudah tersimpan (mulai dari berangkat, jalan yang hendak dilalui dan tujuannya) lalu simpan. Mobil stik langsung mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Dengan alat ini, tunanetra dapat berjalan dengan cepat dan tak perlu merayap-rayap lagi seperti cacing. Anda dapat bermobilitas dengan tenang tanpa khawatir akan menebrak atau tercebur.

 

Mobil stik ini saya jual dengan harga terjangkau. Karena saya sangat memahami tingkat ekonomi tunanetra di Indonesia.  Cukup dengan membongkar dompet dan mengeluarkan lima lembar uang ratusan ribu, Anda sudah dapat memiliki alat canggih ini dan langsung pergi ke rumah pacar atau orang-orang yang dicintai dan berkata, “Bersama mobil stik kujelajah dunia dalam gulita”.

 

Untuk pemesanan mobil stik, segera Anda dapat menghubungi saya. Untuk dapat menghubungi saya, Anda dapat menghubungi penulis artikel ini. Untuk dapat menghubungi penulis artikel ini, Anda dapat menghubungi redaksi kartunet. Untuk dapat menghubungi redaksi kartunet, Anda dapat menghubungi kartunet. Dan agar dapat menghubungi kartunet, silahkan Anda kunjungi www.kartunet.com

 

Buat Anda yang akan memesan alat mobil stik ini, harap bersabar. Karena alat tersebut masih berada di otak saya. Saya menunggu orang yang dapat merealisasikannya. Karena itu dibutuhkan orang-orang yang cerdas guna menjadikannya nyata.

 

Editor: Risma

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *