Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Navigasi dan Menyunting Teks di Word 2016

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Navigasi dan Menyunting Teks di Word 2016
Tangerang, Kartunet – Ada perbedaan mendasar untuk teknik editing pada lembar kerja Microsoft Word untuk pengguna yang tunanetra. Seluruh perintah yang menggunakan keyboard dan screen reader, membutuhkan teknik khusus agar fungsi yang diperoleh sama dengan yang menggunakan Mouse.

Navigasi Menggunakan Screen Reader

Membaca Dokumen

  • Membaca dan bergerak satu baris ke bawah, tekan panah bawah.
  • Membaca dan bergerak satu baris ke atas, tekan panah atas.
  • Membaca dan bergerak satu karakter ke kanan, tekan panah kanan.
  • Membaca dan bergerak satu karakter ke kiri, tekan panah kiri.
  • Membaca dan bergerak satu kata ke kanan, tekan Ctrl+panah kanan.
  • Membaca dan bergerak satu kata ke kiri, tekan Ctrl+panah kiri.
  • Berpindah ke paragraf berikutnya, tekan Ctrl+panah bawah.
  • Berpindah ke paragraf sebelumnya, tekan Ctrl+panah atas.
  • Membaca dokumen hingga akhir dari mulai posisi kursor, tekan insert atau NVDA key + A.

Menggerakkan kursor secara langsung

  • Menggerakkan kursor langsung ke awal dokumen, tekan Ctrl+Home
  • Menggerakkan kursor langsung ke akhir dokumen, tekan Ctrl+End
  • Menggerakkan kursor ke akhir baris, tekan End
  • Menggerakkan kursor ke awal baris, tekan Home
  • Berpindah ke awal halaman berikutnya, tekan Ctrl+Page Down (pg dn)
  • Berpindah ke awal halaman pada halaman sebelumnya, tekan Ctrl+Page Up

Berpindah antar Halaman

  • Berpindah ke halaman berikutnya disaat mengetik.
    Kasus ini mungkin akan ditemui ketika kita mengetik sebuah surat dan telah selesai, sedang surat itu tidak penuh satu halaman tapi kita harus pindah ke halaman berikutnya. Untuk berpindah ke halaman berikutnya sebelum halaman yang sedang kita edit belum habis adalah dengan menekan Ctrl+Enter
  • Berpindah antar halaman pada dokumen yang telah terisi
    Kita dapat berpindah antar halaman dengan menekan Ctrl+Page Down untuk berpindah ke halaman berikutnya atau menekan Ctrl+Page Up untuk berpindah ke halaman sebelumnya. Kedua perintah ini juga akan menempatkan kursor pada awal halaman.

Menyunting Dokumen (editing)

Setelah kita membaca dokumen yang sudah kita ketik, mungkin kita menemukan beberapa kesalahan baik kurang huruf, kelebihan huruf, ada kata yang terulang dan sebagainya. Karena itu kita harus memperbaikinya.

Menghapus Teks (Delete)

Menghapus satu huruf ke arah kiri kursor

Pada saat kita mengetik sebuah karakter, namun secara sadar kita melakukan kesalahan, maka cara termudah yang dapat kita lakukan adalah langsung menghapusnya dengan menekan tombol Back Space.
Sebagai contoh: Ketika kita ingin mengetik huruf “R” namun ternyata salah menjadi huruf “T”, maka untuk menghapus huruf “T” tersebut, kita dapat menekan Back Space, huruf “T” dihapus dan Screen Reader membacakan huruf yang dihapus tersebut. Setelah huruf T terhapus kita dapat langsung menggantinya dengan huruf yang benar yaitu R.

Menghapus satu kata ke arah kiri kursor.

Cara ini sering kita lakukan ketika kita sedang menulis sebuah naskah, tiba-tiba sadar kalau kita mengetik kata yang salah. Agar lebih jelas coba ketik kalimat “ Saya sedang bermain “.
Ketika baru selesai mengetik kata (bermain), tiba-tiba kita sadar bahwa kata yang seharusnya ditulis bukan kata “bermain” melainkan (mengetik). Untuk itu langsung tekan Ctrl+Back Space. Kata (bermain) akan dihapus dan Screen Reader akan menyebutkan kata yang dihapus. Selanjutnya tinggal ketik kata pengganti yaitu (mengetik).

Menghapus satu huruf pada posisi kursor

Cara ini sering kita lakukan pada saat mengedit ulang dokumen yang telah diketik. Untuk lebih jelasnya coba ketik kalimat “ Harga sembako sekarang sangat mahal “.

Tekan Ctrl+Home untuk menempatkan kursor di awal dokumen, baca kalimat  tersebut dengan menekan Ctrl+panah kanan. Setelah kita baca ternyata terdapat kesalahan ketik pada kata (sekarang) menjadi sekatang, karena itu tempatkan kursor pada kata (sekatang). Ketika kita menekan Ctrl+panah kanan/kiri dan menemukan kata (sekatang), kursor berada di awal kata dari yang kita temukan yaitu huruf “ S “ dari kata (sekatang) karena itu setelah Screen Reader menyebutkan kata sekatang, berhentilah menekan Ctrl+panah kanan dan lanjutkan dengan menekan Panah Kanan saja hingga dibacakan huruf “ T “.

Tekan tombol Delete untuk menghapus huruf “ T “ tersebut. Ketika kita menekan tombol delete, huruf T akan terhapus dan Screen Reader akan menyebutklan huruf “ A “ yaitu huruf yang berada di sebelah kanan huruf “ T “. Ketik huruf pengganti yaitu huruf “ R “.

Menghapus satu kata pada posisi kursor.

Cara ini sering dilakukan ketika kita mengedit kembali dokumen yang sudah kita ketik, namun menemukan kata yang salah. Untuk lebih jelasnya coba ketik kalimat berikut “ Saya lebih suka pergi dengan dia “.

Setelah kalimat diatas kita baca kembali, ternyata kata (dengan) ingin kita ganti dengan kata (bersama), karena itu tempatkan kursor pada kata (dengan). Setelah ketemu tekan Ctrl+delete untuk menghapus kata tersebut. Ketik kata pengganti yaitu (bersama) dan akhiri dengan Spasi.

Memilih (blok) teks.

Untuk menghapus banyak kata, kita bisa melakukannya dengan cara  blok dahulu kata-kata yang ingin dihapus. Adapun perintah untuk blok adalah tekan Shift+menggerakkan kursor. Semua kata atau kelompok kata yang telah diblok bila diakhiri dengan menekan delete, maka kata-kata yang telah diblok tersebut akan terhapus semua. Untuk lebih jelasnya ikuti contoh sebagai berikut:

  • Menghapus satu karakter ke sebelah kiri kursor. Tekan Shift+panah kiri untuk mem blok karakter tersebut dan diakhiri dengan delete.
  • Menghapus satu karakter ke sebelah kanan dengan menekan Shift+Panah kanan dan diakhiri dengan delete.
  • Menghapus satu kata pada posisi kursor atau di sebelah kanan kursor, tekan Shift+Ctrl+panah kanan untuk mem blok kata tersebut dan diakhiri dengan delete.
  • Menghapus satu kata pada posisi sebelah kiri kursor, tekan Shift+Ctrl+panah kiri dan diakhiri dengan delete.
  • Menghapus satu baris dengan posisi kursor diawal baris, tekan Shift+panah bawah dan diakhiri dengan delete.
  • Menghapus satu paragraf dengan kursor berada di awal paragraf, tekan Shift+Ctrl+panah bawah dan diakhiri dengan delete.
  • Menghapus satu paragraf dengan posisi kursor di akhir paragraf, tekan Shift+Ctrl panah atas dan diakhiri dengan delete.
  • Menghapus dari posisi kursor sampai akhir dokumen, tekan Shift+Ctrl+End dan diakhiri dengan delete.
  • Menghapus seluruh dokumen, tekan Ctrl+A dan diakhiri dengan delete.

Menyisipkan huruf dan kata

Bila dalam sebuah kata yang diketik terdapat huruf yang kurang, misalnya kita ingin mengetik kata (mereka) akan tetapi kurang huruf “e” sehingga menjadi (Merkk), maka cara menambahkan huruf “e” adalah gerakkan panah hingga kursor berada pada huruf “k” dari kata (mereka), lalu ketik huruf “e”.

Menambahkan kata yang kurang

Dengan cara yang hampir sama kita dapat menambahkan kata yang kurang pada sebuah kalimat. Sebagai contoh coba ketik tulisan berikut: “Aku pengemis cinta“.

Setelah kita periksa kalimat diatas adalah salah. Yang seharusnya adalah: “Aku bukan pengemis cinta“.

Cara menyisipkan kata (bukan) adalah tempatkan kursor pada huruf “P” dari kata (pengemis), kemudian ketik kata “bukan“ dan akhiri dengan spasi.

Menyambungkan penulisan yang terpisah dan memisahkan penulisan yang tersambung.

Ada kalanya kita menuliskan kata yang seharusnya ditulis satu kata namun ditulis terpisah. Seperti saat mengetik kata (Pancasila), namun ditulis (Panca Sila).

Kadang pula penulisan kata yang seharusnya ditulis secara terpisah namun disambung. Seperti pada penulisan kata (sepak bola) namun ditulis secara sambung menjadi (sepakbola).

Pada penulisan (Panca Sila) tempatkan kursor pada kolom kosong diantara huruf “a” dari kata (Panca) dengan huruf “S“ dari kata (Sila). Disini lalu tekan tombol delete sekali, maka huruf “S” dari kata sila akan bergeser ke kiri.

Sedang pada penulisan (sepak bola) untuk memisahkannya dengan cara tempatkan kursor pada huruf “b” dari bagian kata “bola” lalu tekan spasi satu kali.

Sekian cara navigasi di lembar kerja Microsoft Word 2016 dan teknik penyuntingan atau editing sederhana. Silakan berlatih dengan contoh-contoh kasus lainnya agar kamu semakin mahir mengetik dan memperbaiki sendiri hasil tulisanmu.(DPM)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *