Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Trans Jakarta Care Buat Difabel Lebih Mudah Bepergian

Trans Jakarta Care Buat Difabel Lebih Mudah Bepergian
Tangerang, Kartunet – Pemerintah provinsi DKI Jakarta terus membenahi kota agar lebih ramah untuk semua, tak terkecuali warga dengan disabilitas. Salah satu terobosan di sektor transportasi adalah kehadiran mobil Trans Jakarta Care.

Layanan yang diinisiasi oleh PT Transportasi Jakarta ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, pada Rabu (19/10/16) di Balaikota. Apabila sebelumnya sudah ada kebijakan gratis naik bus Trans Jakarta, layanan Trans Jakarta Care ini menjadi solusi sementara masih banyak halte bus way yang belum sepenuhnya akses untuk difabel.

Sebagai tahap awal, baru 5 unit mobil yang diresmikan. Mobil khusus ini diawaki oleh 1 orang pramudi dan 1 orang petugas yang sudah dilatih khusus melayani difabel.  Dalam waktu dekat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Transportasi Jakarta menargetkan untuk mengoperasikan 40 unit kendaraan.

Pada tahap awal Transjakarta Cares akan melayani dua zona yakni di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Dalam waktu dekat layanan ini akan mencakupi seluruh Jakarta. Beroperasi dari pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB setiap hari. Pelanggan difabel dapat memesan mobil Transjakarta Care dengan cara menghubungi call center 1500102 satu hari sebelumnya. Penjemputan akan dilakukan di lokasi asal pelanggan (rumah dan sebagainya) untuk diantar ke halte ramah difabel terdekat. Selanjutnya pelanggan dapat melanjutkan perjalanan dengan bus, dan setelah sampai di halte tujuan, akan diantar lagi dengan mobil Trans Care lainnya hingga sampai lokasi tujuan.

Setelah dua bulan diluncurkan, sudah banyak penyandang disabilitas yang menggunakan layanan ini. Berdasar dari pengalaman teman tunanetra yang sudah pernah merasakan Trans Care, mereka cukup puas dengan layanan tersebut. Di dalam mobil, biasanya minimal ada 2 orang petugas. Satu orang pengemudi dan satu lainnya yang siap membantu difabel untuk mendampingi mobilitas dari dan ke dalam mobil. Tiap kali naik mobil jatau sampai di lokasi tujuan, pelanggan akan difoto untuk laporan ke operator. Nilai plus juga karena mobil Trans Care juga selalu tiba tepat waktu, sehingga tidak perlu khawatir terlambat jika ingin pergike kantor.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Transportasi sudah memproyeksikan ada sekitar 75 halte yang dapat diubah menjadi halte ramah difabel. Sampai dengan saat ini sudah ada 10 halte yang memiliki JPO yang ramah kaum difabel,

Transjakarta Cares Untuk Difabel, diantaranya yaitu: 

10 Halte Ramah Difabel 

  1. Koridor 1 (Monas)
  2. Koridor 2 (Gambir, Balai Kota)
  3. Koridor 3 (Dispenda, Kalideres)
  4. Koridor 4 (Pemuda Rawamangun)
  5. Koridor 5 (Ancol)
  6. Koridor 6 (Ragunan)
  7. Koridor 8 (Permata Hijau)
  8. Koridor 9 (Pinang Ranti)

Sekali lagi apresiasi untuk DKI Jakarta dengan layanan Trans Care yang sudah dirasakan manfaatnya oleh para penyandang disabilitas. Bagaimana, apa kamu sudah menggunakan layanan tersebut? Silakan tinggalkan komentar ya jika ingin berbagi pengalaman atau masukan. (DPM)

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *