Pentingnya Peran Teknologi Informasi bagi Penyandang Disabilitas

Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin beragam dan sangat membantu aktivitas untuk kehidupan masyarakat sehari-hari termasuk mereka yang menyandang disabilitas. Masyarakat memiliki kebutuhan dalam hal interaksi sosial di dalam kehidupan berbudaya dengan berbagai wujud dan bentuk komunikasi, sehingga teknologi informasi memiliki peran penting dalam mewujudkan komunikasi dan interaksi sosial yang berlangsung tanpa adanya batasan ruang. Seiring dengan perkembangan era globalisasi saat ini, banyak sekali persaingan di dalam memperoleh kebutuhan informasi, tetapi minimnya dukungan pemerintah serta masyarakat terhadap penyandang disabilitas mengakibatkan berbagai hambatan bagi para penyandang disabilitas di dalam memperoleh kebutuhan tersebut.

Di Indonesia, negara telah menegaskan di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Pasal 24 tentang Penyandang Disabilitas yaitu “Hak Berekspresi, Berkomunikasi, dan Memperoleh Informasi”. Pasal tersebut menyatakan bahwa penyandang disabilitas memiliki hak untuk berekspresi dan berpendapat serta mendapatkan informasi dan berkomunikasi melalui media yang mudah diakses. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa hak tersebut belumlah terpenuhi secara maksimal dikarenakan belum adanya teknologi informasi yang dapat menunjang para penyandang disabilitas untuk memperoleh kebutuhan informasi tersebut.

Penyandang disabilitas merupakan “minoritas terbesar di dunia” yang memiliki suatu kondisi berkekurangan dibandingkan dengan nondisabilitas baik berupa fisik maupun psikis. Namun, mereka juga memiliki hak yang sama seperti masyarakat lainnya. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah teknologi informasi yang dapat memenuhi kebutuhan bagi penyandang disabilitas sehingga dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan informasi dengan mudah.

Referensi :
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas

========================================================

“Saya yakin bahwa Internet adalah masa depan untuk para difabel. Oleh karena itu saya ikut Lomba Menulis Esai #12KartunetBerkarya . Yuk ikut partisipasi untuk dapatkan hadiah Smartphone Android terbaru, dan nantikan Kursus Online Internet Marketing (I’M BRAVE) yang akan segera diadakan oleh kartunet bekerja sama dengan CSR Permatabank.

Last Updated on 6 tahun by Redaksi

Oleh Rachmalia Dewi

Aku memiliki karakter yang sangat pemalu dan tidak berani untuk berkomunikasi di depan orang banyak, namun aku tau ini adalah kelemahanku, tiada yang mungkin di dunia ini kecuali jika kita mau berusaha, sampai akhirnya saat ini saya memiliki profesi tambahan yaitu sebagai master of ceremony

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *