Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

MY TERRIBLE DAY! I WAS SUCH A STUPID GIRL!

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

This is my terrible day!

Tahu gak? Aku pengen nangis malam ini. Banyak pikiran yang akhirnya menggumpal dan puncaknya ya di malam ini. Mungkin karena kesibukan, alhasil aku yang belum kuat mental jadi tertekan. Oh bener-bener pusing!

Berawal dari beberapa waktu lalu. Selain tugas kuliah, ada tugas di luar kuliah kayak PKM, lomba nulis mewakili UKM Pers kampus, dan juga acara Pekan Ilmiah Kampus. Semua itu bikin aku bahagia sekaligus stres! Aku sadar aku bukan orang yang cekatan. Tiap melakukan sesuatu pasti lemot, apa lagi kalo udah berhubungan sama yang namanya mikir, pasti aku bakalan jadi orang terlemot sedunia. Ya tahu sendiri kan kalo kesemua tugas dan aktivitas yang kupunya itu memerlukan dan menguras otak. Ah, otakku yang pas-pasan ini jadi meledak deh dengan hal yang super bejibun itu. Ya sebenernya kalo dibandingin sama temen-temen lain, tugasku dan kesibukanku gak ada apa-apanya, tapi buatku it’s so ‘wow’!

Mulai dari PKM, yang sebenernya tugasku juga gak berat-berat banget, soalnya dosen pembimbing dan timku juga udah lumayan solid, tapi entah kenapa aku pusing banget. Kepala tuing-tuing googling nyari sumber, nyusun paper dan ah berkutat dengan tulisan ilmiah, rasanya bikin kepala pusing. Trus berlanjut tugas kuliah, ada presentasi, dan ah lagi-lagi aku pusing ngurusin paper begitu! Siang malam depan paper, alhasil stres sendiri deh, sampe-sampe telat 30 menit pas mau presentasi. Oh I was such a stupid girl! Sampe disitu aja udah lumayan bikin badan drop dan pikiran ruwet.

Trus lanjut lagi sama acara Pekan Ilmiah di kampus yang sebenernya aku seneng ikut acara itu. Tapi ternyata mental dan fisikku belum kuat deh kayaknya. Aku stres lho! Gak Cuma itu, aku juga drop! Dan ternyata paper timku yang aku ketuai gagal jadi pemenang. Hmm, rupanya Cuma cukup berbangga lolos 10 besar dari 104 paper se-kampus. Tapi gak cukup berenti sampai disitu. Paper itu rencananya bakalan diajuin ke Dikti akhir maret ini. Waduh, perjuangan belum selesai, dan semoga otakku masih kuat!

Kemrin, kemarin malam tepatnya, aku drop pulang presentasi paper sampe gak masuk kuliah. Untungnya dosen ngasih kebijakan buat mahasiswa yang ikut lomba. Alhasil aku dapet ijin, gak jadi absen deh. Tapi tahu gak sih apa yang terjadi pas aku buka Facebook? Oh no ada yang ngeremove Facebook-ku. Oh nambah-nambahin pikiran aja nih!

Ya aku tahu yang ngeremove tuh dia, seseorang yang sebetulnya paling dekat sama aku. Aneh deh tapi aku ngerasanya. Kenapa sih remove di waktu yang gak tepat? Aturan kalo mau remove tuh ntar aja pas pikiranku plong and gak stres. Kalo kemarin sih Cuma nambah air mata di pipiku aja jadinya. Ya ya ya aku gak habis pikir kenapa dia remove aku, padahal ya seharian itu dia support aku pas aku mau presentasiin paper aku. Hmmm he wore a mask! Hmm dia maen-maen lagi sama yang namanya remove-removan. Udah sering kami saling remove and block meskipun akhirnya nyambung lagi, kayak hati kami gitu LOYa trus aku lupain aja deh soal Facebook. Bukan sengaja dilupain sih, tapi karena emang keetiduran. Trus karena ketiduran itu, alhasil tugas Writing-ku tentang Exemplum Text jadi terbengkalai! Oh, no. How stupid I was! Trus bangun tidur mata jadi sepet, bengkak and kepala pusing. Tapi berusaha kuat, berusaha online, berusaha tetep buka Facebook ehheeh, dan sambil googling meskipun hasilnya nihil. Ya, nihil sampe jam 2.30. Akhirnya tidur sambil nyalain alarm jam 5.10, tapi ternyata bangunnya jam 5.55! Oh, how silly I was!

Trus bangun tidur kepikiran sama tugas Writing karena emang hari Kamis adalah jatah ngumpulin tugas yang sebenernya udah diumumin seminggu yang lalu. Karena bingung, akhirnya telpon seseorang yang remove Facebook aku, tapi tentu gak nyinggung-nyinggung soal Facebook. Tengsin dong kalo sampe bahas itu. Mending pura-pura gak ngeh soal Facebook itu LOL. Jam 5.55 pun akhirnya kami ngobrol di telepon. Dia mau angkat teleponku karena emang hari Kamis kita punya project bareng di kampus. Tapi tahu gak obrolan kita malah nambahin pikiranku?

“Ada tugas Pak Lombok lho!”

Gubrak! Pak Lombok yang notabene dosen Culture Research ternyata ngasih tugas. Bodohnya aku sampe gak ngeh ada tugas ckckck. Otak udah buntu, akhirnya penyakit kambuh; aku bilang dalam hati, “Ah entar aja ngerjainnya di tempat acara!”. Usut punya usut sampai acara berlangsung, sampai pulang ke kos lagi, itu tugas gak dikerjain!

Hari Kamis jam 14.00 akhirnya aku mutusin gak ngumpulin tugas Culture Research karena emang jam 16.20 nya harus dikumplulin sedangkan gak tahu mau ngeprint dimana LOL. Cuek sama tugas itu, karena emang didukung temen yang juga cuek sama tugas itu. Tapi tulalit tulalit tulalit Hape bunyi dan ternyata tmen ngabarin kalo dia gak jadi ngebatalin mangkir dari tugas Culture research. Ah, aku udah terlanjur gak ngerjain, walhasil tidur aja. Eits, gak tidur deng, ngerjain tugas Writing, ngublek-ngublek google, eh berujung di bantal alias tidur.

Tulalit tulalit tulalit jam 15.40 suara Bang Bruno Mars dengan lagu Treasure nya berdering di Hape-ku. Tandanya alarm bunyi dan aku harus buruan ke kamar mandi. Ah tapi dasar malas. Bukannya langsung bangkit malah Cuma tangan yang bangkit ttrus matiin hape dan tidur lagi. Dan ternyata gubrak, aku bangun jam 16.10, padahal kelas dimulai pukul 16.20. Tanpa pikir panjang, aku langsung buka pintu kamar and ngeloyor ke kamar mandi. Ah sampe di kamar mandi ternyata penuh! Ah aku harus nunggu nih! Untungnya gak terlalu nunggu lama. Masuk kamar mandi Cuma cuci muka and sikat gigi, gak mandi LOL.

Abis pake baju, mau bernagkat eh ternyata di luar ujan. Alhasil sambil pake tongkat plus bawa payung aku jalan di antara guyuran ujan deres plus jalan yang terggenang air. Gak tau deh gimana mukaku pas itu. Celana basah, sepatu basah, tas juga basah. Rada aneh sih, pake payung kok masih basah ya? LOL. Cuek aja deh. Dan sesampainya di depan gedung, aku ribet kayak emak-emak lagi ke pasar. Beresin payung, gak bisa cara nguncupinnya, dan oh damn payungnya basah! (ya iya lah basah, namanya juga abis diguyur ujan).

Cuek aja deh. Dari pada kelamaan dan makin telat, akhirnya aku masukin aja tuh payung basah ke tas. Gak peduli deh kertas dan laptop di dalam tas LOL. Tik tak tuk tik tak tuk, tongkat beradu sama tangga. Dengan suasana dingin, aku nanjak ke lantai tiga. Sesampainya di lantai tiga, oh no, sepi sunyi senyap! Dimana gerangan penghuni Fakultas Ilmu Budaya? Dari pada kelamaan mikir orang-orang Inggris and Jepang, mending langsung capcus cari kelas. Tuk tak tuk tak tuk, nyari kelas dan ternyata nyasar LOL.

Untung ada Ibu dosen yang ngelihat and nganterin aku kelas Pak Lombok. Sesampainya di kelas, dosen udah nerangin panjang lebar. Dan aku cuek gak dengerin, malah asyik ngublek-ngublek google demi dapet tugas Writing tentang Exemplum Text. Tapi gak nemu juga sampai kelas Culture Research berakhir. Oh penonton kecewa dan saya belum beruntung LOL. Selesai kuliah itu, ada temen nanyai tugas Writing, tapi aku jadi bingung kepikiran karena belum ngerjain. Trus aku mutusin pulang aja karena emang celanaku bsah kuyup. Pas pulang, ternyata ada setan merangsek ke mataku, ke tenggorokkanku and ke kepala juga badanku. Glaukoma kambuh, and badan meriang! Oh tanda-tanda gak masuk kelas Translation nih. Bener aja, 18.30 aku gak masuk kelas Translation.

Di kos pengen istirahat karena emang badan gak enak. Trus tetep gak bis aistirahat karena mikirin tugas. Alhasil buka laptop and ngerjain tugas Exemplum itu. Tapi nihil lagi hasilnya! Langka banget sih itu teks! Masih mending disuruh bikin teks exemplum ketimbang nyari di internet!

Tapi aku gak patah arang. Terus dan terus aku mencoba sampe otak butek banget. Dan akhirnya entah apa yang terjadi, jam 08.55 aku bru sadar.

“Aku pingsan ya?” tanyaku pada dinding kamar dengan muka polos menjijikan LOL.

“Pingsan dari Hongkong! Kamu tuh tidur tahu! Itu laptop dibiarin nyala tapi kamu entah kemana!”

Gubrak! Aku tidur lagi? Kebo banget sih. Eits, tapi jangan salah duga dulu. Kali ini tidurnya karena gak enak badan lho. Serius! LOL

Puas tidur, kepala makin pusing, batuk makin menjadi, dan mata makin tegang. Tapi Exemplum terus berdengung di kuping dan kepala. Iya iya, akhirnya kuputisin ngerjain tugas itu lagi. Tik tok tik tok, jam dinding terus bunyi (padahal di kamer gak ada jam dinding). Seiring dengan detak jam dinding, tingkat stresku pun udah nyampe tingkat dewa alias akut parah bingits. Tapi aku gak nyerah, aku terus semangat, aku jadi keinget masa-masa SMA dulu pas ikut pramuka and disuruh merangkak di lumpur, dan aku bisa LOL. Terus berkaca dari pengalaman itu, aku pun berharap aku bakalan meraih sukses yang sama, meskipun ternyata over 12! Ya, jam dua belas udah lewat tapi tugasku belom selesai. Hiks hiks hiks udah pertanda gak dapet nilai joss nih kalo gini ceritanya. Lha deadline pengumpulan tugasnya aja udah kelar. Hiks hiks tapi aku terus ngerjain sampe akhirnya berhasil kirim ke email sang dosen.

Selesai dan beres sama tugas. Sekarang aku malah berlinang air mata. Aku sedih, ngerasa bodoh, ngerasa jadi makhluk silly billy, ngerasa jadi orang gak disiplin, ngerasa punya beban moral sama IP yang lumayan itu. Backsound di kamar jadi melow abis, dan air mata pun meleleh di antara batuk dan pusing. Wah, gayaku udah kayak artis sinetron Cinta Fitri LOL.

Sedih. Aku tuh ceritanya lagi sedih. Di otak tuh kayaknya ruwet banget, malah lebih ruwet dari mukanya Si Udin Se-Dunia. Masih inget gak ya cerlu punyaku yang menang Gebyar Sastra Kartunet tahun 2012 silam yang judulnya “Udin Galau Se-Dunia” LOL. Aku pengen curhat, tapi si emak udah tidur, gak bisa bangun karena emang pagi-pagi buta dia harus ke pasar dan belanja buat jualan nasi demi menyekolahkan anak gadisnya yang cantik tapi norak ini LOL. Mau nelpon someone, hape-nya dinonaktivin gara-gara tadi sore kutelpon. Takut diganggu kali ya. Ya memang ganggu sih, namanya juga udah malem LOL. Trus mau curhat dimana? Mau curhat sama nyamuk juga gak bisa soalnya lagi pada cari mangsa. Terus? Curhat di status Facebook? Ah bisa-bisa ditimpukin orang karena menuh-menuhin home mereka. Ya udah deh, kurasa Kartunet adalah tempat yang tepat.

Agak sedikit plong bisanya kalo udah curhat. Ya semoga kartuneters bisa nanggepin. Dan semoga aku bisa fit karena memang jam 11 ada kelas Semantics dan ada evaluasi paperku yang gagal kemarin. Ah harus kuat! Oia, kepada para pembaca dan kartuneters sekalian, mohon jangan ditiru ya bad habitku di atas! LOL. Hmm tapi overall, aku bahagia bisa bikin PKM sama temen-temen, udah gitu dibimbing sama dosen pembimbing yang care bingits. Aku juga bahagia bisa presentasi depan reviewer dan bisa ikut lomba wakilin Pers kampus plus ikut Pekan Ilmiah dan Seni di kampu.
Sekian dan salam akselerasi!

25 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *