Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

GWSkype, Skype Client Aksesibel

Jakarta, Kartunet.com – Bagi para tunanetra, menggunakan skype tidaklah semudah orang-orang lain. Mereka harus menggunakan program pembaca layar (screen reader) untuk dapat mengakses skype. Untuk dapat mengakses skype dan fitur-fiturnya, sebuah screen reader dilengkapi dengan rangkaian instruksi atau yang disebut script. Sementara itu, skype terus melakukan pembaharuan fitur dan antar muka program sehingga script yang bekerja untuk menjadi perantara antar screen reader dan skype tidak bisa berfungsi dengan baik ketika telah ada pembaharuan semacam itu. Untuk mengatasi masalah ini, para pembuat script terus berusaha mengikuti perkembangan program skype. Mereka harus melakukan pembaharuan script dari waktu ke waktu.


 


 Sejak program skype (sebuah perangkat lunak komunikasi dengan teknologi peer to peer) pertama kali diluncurkan pada pertengahan tahun 2003, banyak orang di seluruh dunia menggunakan program ini untuk berkomunikasi. Qualitas suara yang tinggi, fasilitas chatting online, kemudahan bertukar file dan segudang fitur handal membuat program skype menjadi sedemikian terkenal. Sejak versi awal skype, para tunanetra dari berbagai Negara juga tak ketinggalan menggunakan layanan yang diberikan oleh skype untuk saling berkomunikasi baik antar perseorangan ataupun dalam komunitas.


 


 


Pada pertengahan tahun 2011, pengembang skype mempublikasikan SkypeKit developer program yang memungkinkan para pengembang program untuk dapat secara langsung mengakses hamper semua layanan skype tanpa harus menggunakan program skype. Dengan demikian, pengembang program dapat membuat program antar muka mereka sendiri dan mengintegrasikan layanan skype ke dalam produk mereka. Kabar baik ini segera ditanggapi oleh perusahaan GW Micro (salah satu perusahaan yang memproduksi screen reader) untuk membuat program aksesibel yang dapat mengakses layanan skype bagi siapapun, khususnya tunanetra.


 


Tidak seperti program skype, program GWSkype yang dikembangkan oleh GW Micro ini mudah dioperasikan. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah mempelajari fitur-fitur yang ada. Ketika pengguna mempelajari GWSkype saat ini, itu berarti, pengguna dapat menggunakan pengetahuannya pada versi-versi baru dari GWSkype nanti.


 


Kendatipun GWSkype dirancang untuk program windows-Eyes (sebuah program pembaca layar yang diproduksi oleh Gw Micro), pengguna yang tidak menggunakan windows-Eyes juga dapat menggunakannya. Selain itu, GWSkype bebas diunduh dan gratis. Semua tunanetra baik tunanetra total ataupun lowvision dapat menggunakan GWSkype sebagai program skype yang aksesibel.


 


Bagi Anda yang ingin menggunakan GWSkype, bisa mendownload programnya melalui tautan berikut:


 


Ukuran Berkas: 14 MB


Release Date: 19/12/2011.


OS: windows


URL:


Https://www.gwmicro.com/files/support/scripts/script_1353/1.0/gwskype_Setup.exe

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *