Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Metronom + Drum Aksesibel di HP Berbasis Symbian

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Makassar, Kartunet.com – Dunia semakin hari semakin maju. Dari waktu ke waktu bermunculan penemuan-penemuan baru, begitu pula dalam dunia musik. Dahulu manusia hanya dapat memainkan alat musik secara terpisah atau satu persatu. Namun seiring dengan kemajuan teknologi, muncullah satu instrument baru yang dapat mengemas hampir semua alat musik dalam satu instrument, yakni keyboard. Dengan keyboard kita mampu memainkan beberapa alat musik secara bersamaan, di antaranya drum, bass, guitar, dan piano. Hal ini juga pada akhirnya memunculkan genre baru dalam dunia musik yang disebut musik elektronik.

 

 

Tulisan kali ini akan membahas sebuah aplikasi bernama BeatEt Aplikasi ini menungkinkan penggunanya memainkan drum elektronik dalam sebuah ponsel. Tidak hanya itu, BeatEt juga bisa menjalankan metronom digital sesuai dengan kehendak pengguna. Dari pada harus membeli lagi metronom digital di toko, maka lebih baik menginstall aplikasi ini pada gadget Anda kemudian berlatih musik dengannya.

 

 

BeatEd merupakan sebuah aplikasi drum machine yang dapat dioperasikan pada ponsel ber-platform Symbian S60 v3. Dengan BeatEd Kartuneters dapat membuat pattern/pola, mengedit pola yang telah ada, dan salah satu fungsinya yang menarik adalah menjalankan metronom digital. Aplikasi ini bersifat freeware alias GRATIS dan dapat didownload di situs pembuatnya dalam format sis/sisx (file installer untuk OS symbian) dan sample kit-nya yang nantinya bisa kita dengarkan dengan terlebih dahulu meng-eksport nya ke format yang di support oleh ponsel.

 

 

Terdapat beberapa jenis sample kit yang dapat Kartuneters pilih di sana. Kartuneters juga dapat mendownload sample kit melalui opsi Download kits yang terintegrasi pada aplikasi BeatEd via browser default (browser bawaan ponsel). Setelah instalasi BeatEd dan kit-nya, Kartuneters sudah dapat memulai proses editting dengan melakukan pengaturan terlebih dahulu. Pada menu Settings, Kartuneters dapat menentukan author name (nama pengguna), mengatur ukuran tick, menentukan lokasi penyimpanan file, memilih format untuk eksport dan send file, mengatur bitrate (hanya untuk .aac), dan menentukan jumlah beat yang diloop saat mengeksport atau mengirim file.

 

 

Di bawah ini adalah deskripsi beberapa feature pada BeatEd, yaitu:

 

  • Play mode

 

Play mode digunakan untuk memutar pattern, baik yang sudah jadi mau pun yang masih dalam proses editting. Di sini Kartuneters dapat mengubah tempo dan volume selama pattern dalam posisi play.

 

  • Edit mode :

 

Edit mode ditujukan untuk melakukan pembuatan dan penyuntingan file pattern. Edit mode dapat juga digunakan untuk memutar pattern, tetapi tanpa opsi untuk mengatur tempo dan volume.

 

  • Kontrol (shortcut)

Terdiri dari beberapa pilihan beserta fungsinya, yaitu:

– Options: menu opsi.

– Play mode: berpindah ke play mode.

– Panggil (hijau): tombol edit/play/test mode.

– OK: tombol untuk tick (dengan volume tinggi).

– Atas/Bawah: merubah track.

– Kiri/Kanan: merubah posisi.

– */# (untuk qwerty + tombol Function): merubah posisi beat.

– 0 – 9 (untuk qwerty + tombol function): tombol tick dengan volume antara 0-90%.

– C: Mute track / Hapus track / Hapus pattern.

 

Ketika melakukan proses editting, jika kartuneters ingin tahu seperti apa bunyi dari setiap track (ada 16 track), pilih saja mode Test dengan menekan tombol hijau. Nama–nama track dapat dilihat pada kolom paling kiri atas. Men-tick menggunakan tombol angka maka volumenya akan berbeda dan ditandai dengan warna yang berbeda pula (paling rendah warna hijau dan paling tinggi berwarna merah).

 

  • Pattern prefs

 

Melalui opsi Pattern prefs kita bisa melihat dan merubah property dari pattern. Property tersebut tersimpan di dalam file pattern.

 

  • Kontrol :

– Title: judul/nama pattern.

– Length: panjang pattern berdasar jumlah beat (biasa disebut dengan bar).

– Hits: jumlah hits per beat.

– BPM: tempo dalam beat per menit.

– Author: nama pembuat pattern.

– Comment: komentar.

 

  • Membuat Ringtone

 

Pola–pola tadi bisa dikonversi ke format yang disupport oleh ponsel melalui fitur Export. Penentuan formatnya dapat Kartuneters atur pada menu Settings. Terdapat .wav (tanpa kompresi) dan .aac (terkompresi). Pada format .aac, Kartuneters juga dapat mengatur besar kecil bitrate nya. Semakin besar bitrate semakin bagus kualitas suaranya, tapi biasanya ukuran file  akan semakin membesar. Setelah melakukan pengaturan, klik opsi Export/import > Export audio clip dan pilih lokasi penyimpanan. Setelah melakukan step by step di atas, maka proses pembuatan ringtone telah selasai.

 

  • Menjalankan Metronom Digital :

 

Pertama-tama arahkan kursor pada track yang kita inginkan untuk dibunyikan dalam setiap ketukan. Kemudian tekan tombol hijau untuk menjalankan. Selanjutnya atur settingan dalam pattern prefs sesuai dengan kebutuhan. Contoh di sini yaitu Length: 4, Bpm: 120, dan Hits: 4. Langkah terakhir tinggal memasukkan bunyi setiap track ke dalam Hits dengan cara menekan tombol # untuk berpindah antar bit lalu tekan select untuk memasukkan track. Setelah semua step-step tersebut dilakukan, maka akan terciptalah metronom digitalsederhana dalam aplikasi BeatEt. Silahkan kartuneters berkreasi sendiri untuk mengubah ketukan, mengatur tempo, dan menentukan suara track yang diinginkan.

 

 

Untuk mendapatkan aplikasi BeatEd, kartuneters dapat mendownload pada link berikut.  http://www.byterapers.com/BeatEd/blog/static.php?page=Downloads.  Atau jika server sedang down, bisa download di http://firmangosal.mywapblog.com/files/beateds60v3v1-20-03signed.sisx dan download pula sample kit-nya di http://www.byterapers.com/BeatEd/blog/ atau http://firmangosal.mywapblog.com/files/beateds60v3defaultkitv1-2.sisx.(Firman)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *